TUJUAN PERSEDIAAN

Oleh: Shelvy Kurniawan*, Kevin Kurniawan, Billy Dwianto Prasodjo, Suwandi

*)Faculty Member Management Binus Business School Undergraduate Program

 

Menurut Jacobs dan Chase (2018:518), seluruh perusahaan memiliki penyimpanan persediaan dengan alasan berikut:

1. Untuk menjaga independensi operasional.

Pasokan material di dalam pusat kerja memungkinkan untuk memusatkan fleksibilitas pada kegiatan operasional. Misalnya, karena ada biaya untuk membuat setiap pengaturan produksi baru, persediaan ini memungkinkan manajemen untuk mengurangi jumlah pengaturan.

2. Untuk mencapai variasi dalam permintaan produk.

Jika suatu permintaan akan produk diketahui dengan pasti, ada kemungkinan untuk memproduksi produk untuk memenuhi permintaan. Biasanya, bagaimanapun, permintaan tidak diketahui secara pasti, dan safety stock atau buffer stock (persediaan pengaman) harus dijaga untuk menahan variasi tersebut.

3. Untuk memungkinkan fleksibilitas dalam pernjadwalan produksi.

Persediaan yang tersedia mengurangi tekanan pada sistem produksi untuk memproduksi barang. Hal ini menyebabkan waktu tunggu yang lebih lama, yang memungkinkan perencanaan produksi untuk aliran yang lebih lancar dan biaya operasi yang lebih rendah melalui produksi ukuran lot yang lebih besar. Biaya pemasangan yang tinggi, misalnya, mendukung produksi unit yang lebih besar setelah pengaturan dilakukan.

4. Menyediakan perlindungan terjadinya variasi pada waktu pengiriman bahan baku.

Ketika material dipesan melalui vendor, keterlambatan dapat terjadi dengan berbagai alasan; variasi waktu pengiriman, kekurangan persediaan pada vendor yang mengakibatkan tumpukan pengerjaan, kerusakan yang tidak terprediksi pada vendor atau perusahaan pengiriman lainnya, pesanan yang hilang, atau kesalahan pengiriman atau material yang cacat.

5. Mengambil keuntungan dari ukuran pesanan ekonomis.

Terdapat biaya yang harus dikeluarkan ketika melakukan pesanan; tenaga kerja, penggilan telepon, pengetikan, pengiriman, dan lainnya. Jadi, semakin besar pesanan, semakin sedikit pesanan yang perlu ditulis. Selain itu, semakin banyak jumlah pesanan, biaya pengiriman per unit akan semakin rendah.

6. Alasan domain lain yang bersifat spesifik.

Tergantung pada situasi, persediaan perlu dibawa. Sebagai contoh, persediaan yang sedang transit adalah material yang sedang bergerak dari pemasok ke pelanggan dan tergantung pada jumlah pesanan dan lead time transitnya.

Sumber:

Jacobs, F. R., & Chase, R. B. (2018). Operations And Supply Chain Management, Fifteenth Editioin. New York: McGraw-Hill Education.

Shelvy Kurniawan, S.E., M.M.