Perceived Organizational Support (part 2)

Indicators of POS

Oleh: Okta P. Bayu Putra*, Ariobimo, Arya Wiratama, Dita Erisa Putri

Menurut Eisenberger, (1986), terdapat beberapa dimensi Perceived Organizational Support yaitu:

  1. Kinerja Karyawan
  2. Apresiasi kerja keras karyawan
  3. Pertimbangan atas tujuan dan pendapat karyawan
  4. Kesejahteraan karyawan

Dalam dimensi tersebut di dalamnya ada beberapa indikator seperti:

  1. Organisasi menghargai kontribusi yang diberikan karyawan
  2. walaupun organisasi mendapatkan karyawan baru dengan gaji lebih rendah, organisasi akan mempertahankan karyawan lamanya.
  3. Organisasi menghargai usaha ekstra yang diberikan karyawan
  4. Organisasi memperhatikan tujuan yang dimiliki karyawan
  5. Organisasi memperhatikan keluhan yang dimiliki karyawan
  6. Organisasi memperhatikan kepentingan karyawan dalam pengambilan keputusan yang menyangkut karyawan
  7. Organisasi akan siap membantu karyawan saat karyawan membutuhan bantuan
  8. Organisasi memperdulikan tentang kesejahteraan karyawan
  9. Organisasi menyadari kerja karyawan saat karyawan mengerjakan pekerjaan sebaik mungkin
  10. Organisasi memperdulikan kepuasan karyawannya secara umum di tempat kerja
  11. Organisasi menunjukan perhatian yang besar terhadap karyawan
  12. Organisasi memdengarkan pendapat yang diberikan karyawan
  13. Organisasi merasa bangga atas keberhasilan karyawan dalam pekerjaan
  14. Organisasi mencoba untuk membuat pekerjaan karyawan semenarik mungkin

*)Faculty member BINUS Business School Undergraduate Program

Referensi:

Eisenberger, R. and Huntington, R. (1986). Perceived Organizational Support. Journal of Applied Psychology. https://doi.org/10.1037/0021-9010.75.1.51

Okta P. Bayu Putra