Perceived Organizational Support (part 2)
Indicators of POS
Oleh: Okta P. Bayu Putra*, Ariobimo, Arya Wiratama, Dita Erisa Putri
Menurut Eisenberger, (1986), terdapat beberapa dimensi Perceived Organizational Support yaitu:
- Kinerja Karyawan
- Apresiasi kerja keras karyawan
- Pertimbangan atas tujuan dan pendapat karyawan
- Kesejahteraan karyawan
Dalam dimensi tersebut di dalamnya ada beberapa indikator seperti:
- Organisasi menghargai kontribusi yang diberikan karyawan
- walaupun organisasi mendapatkan karyawan baru dengan gaji lebih rendah, organisasi akan mempertahankan karyawan lamanya.
- Organisasi menghargai usaha ekstra yang diberikan karyawan
- Organisasi memperhatikan tujuan yang dimiliki karyawan
- Organisasi memperhatikan keluhan yang dimiliki karyawan
- Organisasi memperhatikan kepentingan karyawan dalam pengambilan keputusan yang menyangkut karyawan
- Organisasi akan siap membantu karyawan saat karyawan membutuhan bantuan
- Organisasi memperdulikan tentang kesejahteraan karyawan
- Organisasi menyadari kerja karyawan saat karyawan mengerjakan pekerjaan sebaik mungkin
- Organisasi memperdulikan kepuasan karyawannya secara umum di tempat kerja
- Organisasi menunjukan perhatian yang besar terhadap karyawan
- Organisasi memdengarkan pendapat yang diberikan karyawan
- Organisasi merasa bangga atas keberhasilan karyawan dalam pekerjaan
- Organisasi mencoba untuk membuat pekerjaan karyawan semenarik mungkin
*)Faculty member BINUS Business School Undergraduate Program
Referensi:
Eisenberger, R. and Huntington, R. (1986). Perceived Organizational Support. Journal of Applied Psychology. https://doi.org/10.1037/0021-9010.75.1.51