Pearson’s uncertainty map
Peta ketidakpastian Pearson menyediakan kerangka kerja untuk menganalisis dan memahami ketidakpastian dan proses inovasi. Peta ini dikembangkan setelah analisis ekstensif studi kasus dari inovasi teknologi utama, termasuk proses kaca rata Pilkington, 3M Post-It Notes dan Sony Walkman. Dalam studi kasus ini dan lainnya, banyak ketidakpastian mengelilingi proyek. Jika melibatkan teknologi yang baru dikembangkan, ini mungkin ketidakpastian tentang jenis produk dipertimbangkan. Sebagai contoh, perekat Spencer Silver yang tidak biasa tetap tidak dieksploitasi dalam 3M selama lima tahun sebelum aplikasi ditemukan.
Demikian pula, jika peluang pasar telah diidentifikasi, ide produk akhir mungkin cukup mapan, tetapi masih banyak ketidakpastian tentang bagaimana, tepatnya, perusahaan mengembangkan produk tersebut.
Jadi, kerangka kerja Pearson membagi ketidakpastian menjadi dua dimensi yang terpisah:
1. ketidakpastian tentang tujuan (apa target akhirnya dari kegiatan atau proyek);
2. ketidakpastian tentang cara (bagaimana mencapai target ini).
Dikutip dari
Paul Trott (2017)- Innovation Management and New Product Development-Pearson