Innovation and market vision

Kita semua merespons berbagai jenis inovasi. Karena inilah peran pemasaran sangat berharga bagi perusahaan yang mengembangkan produk dan layanan baru. Sebagai contoh, dalam konteks inovasi yang mengganggu, yang memerlukan perubahan lebih besar dalam pola perilaku dan pemikiran yang ada, konsumen akan merasakan tingkat risiko dan ketidakpastian yang lebih tinggi dalam keputusan adopsi mereka relatif terhadap inovasi berkelanjutan yang bergantung pada pola perilaku dan persepsi yang sudah mapan. Ambil internet banking sebagai contoh: ini adalah jenis layanan yang mengharuskan perubahan dalam persepsi dan pola perilaku yang telah ditetapkan.
membutuhkan pembentukan praktik konsumsi baru. Memang, teknologi internet yang mendasarinya sendiri adalah inovasi yang mengganggu.

Namun, di sinilah masalahnya: produk yang sangat inovatif memiliki tingkat ketidakpastian yang tinggi tentang bagaimana tepatnya teknologi yang muncul dapat diformulasikan menjadi produk yang dapat digunakan dan seperti apa aplikasi produk akhir itu. Visi pasar, atau kemampuan untuk melihat masa depan dan menggambarkan produk dan layanan yang akan berhasil, merupakan persyaratan mendasar bagi perusahaan-perusahaan yang ingin terlibat dalam inovasi. Ini melibatkan penilaian kemampuan teknologi sendiri dan kebutuhan pasar saat ini atau masa depan dan visi pasar yang ingin dibeli orang.

Walaupun ini mungkin terdengar sederhana, itu terletak di jantung proses inovasi dan memfokuskan perhatian kita pada kebutuhan untuk memeriksa tidak hanya pasar tetapi cara penawaran produk baru digunakan atau dikonsumsi.

Dikutip dari

Paul Trott (2017)- Innovation Management and New Product Development-Pearson

 

Dicky Hida Syahchari,ST,MM,PhD