Employee Retention (Part1)

Introduction of Employee Retention

Oleh: Okta P. Bayu Putra*, Ariobimo, Arya Wiratama, Dita Erisa Putri

Mathis dan Jackson (2010) menjelaskan bahwa retensi merupakan upaya untuk mempertahankan karyawan agar tetap berada dalam organisasi guna mencapai tujuan bersama. Employee Retention adalah masalah penting yang dihadapi para pemimpin perusahaan dikarenakan kekurangan tenaga kerja terampil, pertumbuhan ekonomi dan perputaran karyawan (Nkomo & Thwala, 2016). Employee Retention berkaitan dengan menjaga atau mendorong karyawan untuk tetap dalam suatu organisasi dalam kurun waktu maksimal (Kossivi, Xu, & Kalgora, 2016). Employee Retention didefinisikan sebagai teknik yang diadopsi oleh perusahaan untuk mempertahankan tenaga kerja yang efektif dan pada saat yang sama memenuhi persyaratan operasional (Mehta, Kurbetti, & Dhankhar, 2014)

*)Faculty member BINUS Business School Undergraduate Program

Referensi:

Kossivi, B., Xu, M., & Kalgora, B. (2016). Study on Determining Factors of Employee Retention. Open Journal of Social Sciences, 4, 261–268.

Mathis, R. L., & Jackson, J. H. (2010). Human Resource Management (13th ed.). United States of America: Cengage Learning.

Mehta, M., Kurbetti, A., & Dhankhar, R. (2014). Study on Employee Retention and Commitment. International Journal of Advance Research in Computer Science and Management Studies.

Nkomo, M. W., & Thwala, W. D. (2016). Mentoring on Retention of Employees in the Construction Sector : A Literature Review. In Creative Construction Conference, 305–310.