Divestiture Strategy

Menjual divisi atau bagian dari organisasi disebut divestasi. Ini sering digunakan untuk mengumpulkan modal untuk akuisisi strategis lebih lanjut atau investasi. Divestasi dapat menjadi bagian dari strategi penghematan secara keseluruhan untuk menghilangkan organisasi bisnis yang tidak menguntungkan, yang membutuhkan modal terlalu banyak, atau yang tidak cocok dengan kegiatan perusahaan lainnya. Divestasi juga telah menjadi strategi populer bagi perusahaan untuk fokus pada bisnis inti mereka dan menjadi kurang terdiversifikasi

Berikut adalah beberapa pedoman untuk kapan divestasi dapat menjadi strategi yang sangat efektif untuk dikejar:

  1. Suatu organisasi telah mengejar strategi penghematan dan gagal memenuhi kebutuhan perbaikan.
  2. Agar kompetitif, divisi membutuhkan lebih banyak sumber daya daripada yang dapat disediakan perusahaan.
  3. Divisi bertanggung jawab atas keseluruhan kinerja organisasi yang buruk.
  4. Divisi adalah ketidakcocokan dengan sisa organisasi; ini dapat dihasilkan dari pasar, pelanggan, manajer, karyawan, nilai, atau kebutuhan yang sangat berbeda.
  5. Sejumlah besar uang tunai dibutuhkan dengan cepat dan tidak dapat diperoleh secara wajar dari sumber lain.
  6. Tindakan antimonopoli pemerintah mengancam organisasi

Dikutip dari

David, F. R., & David, F. R. (2017). Strategic management: Concepts and cases: A Competitive Advantage Approach, Pearson Education Limited

Dicky Hida Syahchari,ST,MM,PhD