Diversification Strategies
Dua jenis umum strategi diversifikasi terkait dengan diversifikasi dan diversifikasi yang tidak terkait. Bisnis dikatakan terkait ketika rantai nilai mereka memiliki kecocokan strategis lintas-bisnis yang bernilai kompetitif; bisnis dikatakan tidak terkait ketika rantai nilai mereka sangat berbeda sehingga tidak ada hubungan lintas-bisnis yang bernilai kompetitif. Sebagian besar perusahaan menyukai strategi diversifikasi terkait untuk memanfaatkan sinergi sebagai berikut:
- Mentransfer keahlian bernilai kompetitif, pengetahuan teknologi, atau kemampuan lainnya dari satu bisnis ke bisnis lainnya
- Menggabungkan kegiatan terkait dari bisnis yang terpisah menjadi satu operasi untuk mencapai biaya lebih rendah
- Memanfaatkan penggunaan umum dari nama merek terkenal
- Kolaborasi lintas bisnis untuk menciptakan kekuatan sumber daya yang bernilai kompetitif dan kemampuan.
Strategi diversifikasi menjadi kurang populer karena organisasi merasa lebih sulit untuk mengelola beragam kegiatan bisnis
Dikutip dari
David, F. R., & David, F. R. (2017). Strategic management: Concepts and cases: A Competitive Advantage Approach, Pearson Education Limited