CRITICAL CAPABILITY of SUPPLY CHAIN MANAGEMENT (SALES & OPERATION PLANNING) Part 3
Fungsi Supply Chain yang berbeda yang beroperasi secara terpisah dapat mengarah kepada hasil yang tidak optimal seperti yang dijelaskan pada gambar di bawah ini dimana antara pihak sales/marketing yang kurang koordinasi dengan pihak pabrik yang mengakibatkan perubahan jadwal produksi yang sudah direncanakan sebelumnya menjadi tidak terkontrol dan penempatan stok barang yang salah juga mengakibatkan distribusi barang ke konsumen menjadi tertunda atau pun tidak konsisten dan tidak sesuai dengan kebutuhan penjualan yang sudah dilakukan oleh pihak sales/marketing berdasarkan promo yang sudah diberikan kepada konsumen.
Sales & Operations Planning adalah sebuah proses di mana fungsi supply chain terintegrasi untuk memenuhi tujuan bisnis.
- Tujuan Sales and Operations Planning adalah :
- Memastikan kegiatan harian untuk mendukung tujuan bisnis jangka
- Mengembangkan rencana untuk menghindari rintangan dan memastikan kelancaran
- Memberikan perencanaan ulang ketika ada hambatan yang tidak
- Proses ini menyediakan kolaborasi pada seluruh rangkaian bisnis untuk memenuhi strategi bisnis jangka panjang dan memaksimalkan keuntungan
- Menyeimbangkan kebutuhan dan biaya pasokan serta permintaan di seluruh unit bisnis.
- Mengintegrasikan proses rantai pasok di seluruh lintas
- Mengkoordinasikan masalah di seluruh lintas fungsi perusahaan (strategi bisnis, penetapan harga, pengenalan produk baru).
Sales & Operations Planning digunakan untuk mengembangkan jawaban atas semua pertanyaan-pertanyaan penting, yaitu :
- Bagaimana cara memperkirakan atau memahami kebutuhan pelanggan dengan baik?
- Berapa banyak safety stock yang harus ditetapkan?
- Bagaimana produk tersebut disimpan dan dilakukan replesnishment pada jaringan distribusi?
- Apakah yang dimaksud dengan Optimal Economic Replenishment atau jumlah produksi yang optimal?
- Apakah cara terbaik dalam menyusun jadwal produksi?
- Bagaimanakah menentukan kebutuhan raw material? Apakah dari besaran volume atau berdasarkan kisaran waktu ?
Ada beberapa pertimbangan desain untuk mengembangkan proses Sales & Operations Planning, yaitu :
- Apakah struktur tim tersebut?
- Berapa banyak tim yang akan dibentuk?
- Siapakah pemain kuncinya?
- Siapakah yang akan memimpin tim?
- Bagaimanakah cara menyusun proses Sales & Operations Planning?
- Apakah agenda pertemuan Sales & Operations Planning?
- Analisa apa yang harus dipersiapkan sebelum melakukan pertemuan?
- Perencanaan apa yang akan digunakan di dalam input proses?
- Mekanisme apa yang akan digunakan untuk menindak lanjuti permasalahan?
- Kemampuan sistem yang bagaimana yang diperlukan untuk mendukung proses perencanaan?
- Panduan apa yang tersedia untuk memastikan serta mendukung tujuan strategis jangka panjang?
- Hal apakah yang dibutuhkan dalam layanan pelanggan?
- Bagaimanakah mengalokasikan sumber daya ketika menghadapi situasi kekurangan stock?
- Bagaimanakah cara mengukur kinerja Sales & Operations Planning?
- Apakah yang menjadi tolak ukur Sales & Operations Planning?
- Siapakah yang bertanggung jawab atas pengukuran tersebut?
- Mekanisme apa yang akan digunakan untuk memastikan akuntabilitas tersebut?
Sumber: Training & Knowledge Sharing Indonesia Procurement Supply Chain Logistics, 14 Desember 2019