CRITICAL CAPABILITY of SUPPLY CHAIN MANAGEMENT (SALES & OPERATION PLANNING) Part 2
C. IMPLEMENTING S&OP
Ada 3 aspek di dalam Implementasi S&OP, yaitu :
- Getting buy-in on S&OP’s coordination function
Adapun S&OP ini memberikan manfaat pada fungsi area di dalam suatu koordinasi adalah sebagai berikut:
-
- Link between bussines planning and tactics (sebagai penghubung)
- Opportunities to be proactive rather than reactive (tantangan untuk lebih proaktif)
- Definitive short-to medium-term plan (memastikan rencana jangka pendek hingga menengah)
- Unified, cross-functional plan and process (proses antar fungsi yang terpadu)
- Bridge between customer value and supply chain efficiency (jembatan antara pelanggan dan efisiensi supply chain)
- Incentive to-engage in continuous improvement (perbaikan yang berkelanjutan)
- Emphasizing each party’s contributions to S&OP
Hal ini lebih kepada penekanan terhadap masing-masing pihak yang berhubungan dengan S&OP, seperti :
a) Product Brand Management, Marketing, Sales Contribution.
Kontribusi berikut masuk kepada proses perencanaan dan permintaan yang akan ditinjau secara lengkap seperti :
-
-
- Demand Forecast
- Demand Plan Commitments
- Demand Plan Number and Assumtions
- Market Analyst
-
b) Operations Contributions
Hal ini lebih kepada Production Plan, seperti :
-
-
- Product Families
- Output Resources (manufacturing output, inventory level, backlog)
- Operations Contraints (adaptif terhadap supply demand)
- Operations Strategies (level prod. Strategies, chase prod. Method, hybrid strategies)
- Supply-Demand Strategies (make-to-stock, make-to-order, Assemble-to- order)
- Actual result and other data for performance metrics
-
c) Finance Contribution
Finance akan melakukan review terhadap demand plan dan production plan untuk Financial Feasibility dan sesuai dengan tujuan business plan dan mungkin akan memberikan rekomendasi ataupun alternatif secara finansial.
Sumber: Training & Knowledge Sharing Indonesia Procurement Supply Chain Logistics, 14 Desember 2019