CRITICAL CAPABILITY of SUPPLY CHAIN MANAGEMENT (SALES & OPERATION PLANNING) Part 1
Oleh : Danang Prihandoko, ST, MM
*)Faculty Member Management Binus Business School Undergraduate Program
Sales & Operations Planning (S&OP) adalah suatu proses teknis dalam mengembangkan kemampuan manajemen untuk mengarahkan bisnisnya secara strategis untuk mencapai keunggulan secara kompetitif yang dilakukan secara terus-menerus dengan mengintegrasikan rencana pemasaran yang berfokus pada pelanggan dan produk dalam suatu manajemen Supply Chain. Proses ini melibatkan semua rencana bisnis seperti Sales, Marketing, Development, Manufacturing, Sourcing dan Finansial dan disetting ke dalam satu perencanaan.
A. S&OP MEETING
Proses S&OP melibatkan serangkaian pertemuan untuk mencapai kesepakatan permintaan dan rencana produksi.
Hal-hal yang dipertemukan di dalam S&OP ini adalah sebagai berikut :
- Data Gathering
- Demand Planning
- Supply Planning
- Pre-Meeting
- Executive Meeting
Ada 2 hal tambahan yang terjadi di dalam pertemuan S&OP :
- Product Review setelah Data Gathering
- Financial Review setelah Supply Planning
B. S&OP PROCESS
Pertemuan-pertemuan ini berfungsi untuk memetakan proses S&OP secara keseluruhan. Langkah-langkah di dalam proses ini adalah sebagai berikut :
- Reviewing Performances
- Evaluating Demand Levels
- Evaluating Supply Capabilities
- Reconciling Demand, Supply, and Financial
Berikut adalah urutan meeting dan proses S&OP.
Sumber: Training & Knowledge Sharing Indonesia Procurement Supply Chain Logistics, 14 Desember 2019