Strategi dan Rancangan Organisasi
Oleh : Ami Fitri Utami, SE., MSM
Sumber : Organization Theory & Design, Daft 12th ed
Pilihan strategi dapat mempengaruhi karakteristik internal organisasi. Dalam hal ini, rancangan karakteristik organisasi harus bisa mendukung tujuan serta pendekatan bersaing perusahaan. Misalnya, untuk perusahaan yang menginginkan pertumbuhan, maka akan berbeda dengan perusahaan yang fokus untuk memelihara besarnya pangsa pasar.
Melalui strategi harga rendah, manaer biasanya mengutamakan untuk mengambil pendekatan efisiensi yang cenderung mekanistik untuk rancangan organisasinya. Disisi lain, rancangan organisasi yang lebih organik biasanya untuk perusahaan yang mengedepankan strategi diferensiasi serta pembelaaran dan inovasi didalamnya.
Pada strategi harga rendah, efisiensi biasanya dihubungka dengan otoritas yang terpusat dan kontrol yang sangat kuat diikuti dengan SOP yang kaku. Disisi lain, strategi diferensiasi mengharuskan karyawan untuk secara konstan bereksperimen, belaar dan berbagi pengetahuan. Dalam hal ini, struktur lebih terasa fleksibel dan cair dengan koordinasi horizontal yang kental. Adapun tidak ada yang lebih baik diantara satu dengan lainnya, dalam hal ini yang terbaik adalah setiap organisasi merancang mekanismenya agar sesuai dengan strategi yang telah ditetapkan.