“I have a dream that one day little black boys and girls will be holding hands with little white boys and girls” – Martin Luther King Jr.

by: Ainun Nissa (2001565913); I Made Agung Dermawan (2001621385); Marco Panari (2001607720).

I have a dream that one day little black boys and girls will be holding hands with little white boys and girls”Martin Luther King Jr.

Kata mutiara diatas diambil dari pidato pemimpin gerakan hak sipil, Martin Luther King, pada tahun 1963, di Washington D.C dalam perjuangannya memberantas hukum segregasi antara orang kulit hitam dan kulit putih untuk mencapai kesetaraan ras, yang pada zaman itu hal yang sangat beresiko tinggi untuk dianjurkan kepada pemerintah yang menjabat pada masanya.

Amerika Serikat memiliki sejarah yang panjang dengan rasisme dikarenakan pada abad ke-17 orang orang dibawa dari Afrika oleh orang kulit putih untuk dijadikan budak. Walaupun hukum perbudakan dimusnahkan pada tahun 1865, namun hingga tahun 1964, orang kulit hitam di Amerika Serikat tidak mendapat hak yang setara dengan orang kulit putih. Hal ini membuat Martin Luther King Jr. rela memperjuangkan hak kesetaraan.

Dalam pidatonya yang ikonis, Martin Luther King Jr. bercerita tentang mimpinya dimana dia ingin suatu hari melihat seorang anak kulit hitam bisa bergandengan tangan bersama anak kulit putih yang artinya hidup berdampingan tanpa adanya perbedaan. Pidato yang dibacakan segera diakui sebagai puncak kesuksesan sebuah protes, dan telah bertahan sebagai salah satu gerakan yang khas dari gerakan hak-hak sipil.

Pentingnya pemberantasan hukum segregasi pada masa itu hingga masa kedepan adalah kesetaraan ras dimana orang kulit putih maupun hitam mendapat hak yang setara. Karena sebelum 1964, Amerika Serikat mempunyai hukum “Separate but Equal” yang berarti terpisah tapi setara, namun kenyataannya tidak begitu. Contohnya adalah orang kulit hitam hanya boleh secara legal jalan, berbicara, minum, istirahat, makan di tempat yang terdapat tulisan “Colored Only” (Hanya Kulit Hitam). Sehingga jika mereka melakukan hal hal tersebut yang tidak terdapat tulisannya, mereka bisa secara legal ditindas oleh orang kulit putih.

Karena itu, pidato yang disampaikan oleh Martin Luther King Jr. masih diapresiasikan setiap hari oleh seluruh masyarakat Amerika Serikat baik kulit hitam maupun putih untuk melupakan sejarah rasisme yang panjang dan untuk membuka lembaran baru.

Ainun Nissa (2001565913); I Made Agung Dermawan (2001621385); Marco Panari (2001607720).
  1. Segregasi antara orang kulit hitam dan kulit putih memang dapat membuat suatu konflik yang tiada akhirnya. Masyarakat di dunia khususnya di Amerika patut menghormati Martin Luther King karna atas perbuatannya rasisme di negara Amerika mulai pudar dan membuka lembaran baru.

  2. Menurut saya, saya setuju dimana tidak adanya perbedaan ras,agama,dan lainnya. Karena jika kita ingin adanya kemajuan maka kita harus menghargai adanya perbedaan. Dengan banyak perbedaan maka banyaknya pemikiran brilian yang dapat dihasilkan.

  3. saya sependapat dengan artikel diatas, dimana dikatakan untuk tidak adanya perbedaanras,sukumaupun agama. sehingga kita harus saling menghargai akan banyaknya perbedaan yangada.

  4. Melalui artikel diatas, bukan hanya tidak boleh membedakan warna kulit namun juga ras, agama, budaya, dan lainnya. Bukan berasal dari daerah mana namun apa negara kita, jika kita berada di suatu negara maka semua orang adalah satu tanpa memandang perbedaan.

  5. saya setuju dengan artikel diatas, rasisme itu tidak boleh, karena kita semua manusia itu sama dihadapan tuhannya, tidak boleh membedakan orang menurut agama, ras dll yang sejenisnya.

  6. menurut saya kita harus bisa menghargai setiap perbedaan agar tidak memunculkan konflik yang akan terjadi . kita harus bisa menerima setiap perbedaan seperti warna kulit, agama , ras dan yang lainnya agar setiap masyarakat bisa hidup dengan rukun

  7. saya setuju dengan “I have a dream that one day little black boys and girls will be holding hands with little white boys and girls” – Martin Luther King Jr. karena dapat menjadi motivasi

  8. Jadikan lah perbedaan itu sebagai suatu senjata yang menarik untuk maju dan berkembang . Hargailah perbedaan itu sendiri ,karena dengan adanya perbedaan ,akan muncul berbagai ide-ide dari latar belakang yang berbeda . Tugas pemimpin adalah menyatukan perbedaan itu dengan cara yang baik agar tidak menimbulkan perpecahan .

  9. semua manusia itu sama, hanya saja ras, budaya, warna kulit, agama yang berbeda. namun bukan berarti beda merupakan hal yang buruk, bayangkan jika satu dunia semua orang itu mempunyai ras, suku,agama yang sama.