Manajer Baru, Jadilah Konsisten untuk Menunjukkan Anda Terpercaya

Compiled by: Nugroho J. Setiadi, PhD

Orcid-ID: http://orcid.org/0000-0002-1864-0116

 

Bila Anda seorang manajer baru, karyawan dengan cepat membentuk opini Anda berdasarkan apa yang Anda katakan dan apa yang Anda lakukan. Mereka ingin tahu bahwa Anda peduli dengan mereka dan pekerjaan mereka. Anda dapat menunjukkan bahwa Anda dapat dipercaya dengan bersikap konsisten. Sejajarkan tindakan Anda dengan nilai yang Anda anut. Misalnya, jika Anda menekankan ketelitian dan ketepatan pada tim Anda, Anda harus memeriksakan informasi Anda sendiri dengan hati-hati dan mengundang mereka untuk mempertanyakan kesimpulan Anda. Jaga janji dan model perilaku etis Anda dari hari pertama, bahkan jika itu berarti membuat keputusan yang tidak populer, seperti menugaskan kembali seorang karyawan yang sangat disukai yang memiliki konflik kepentingan. Dengan bersikap konsisten, Anda mengajari orang bahwa mereka dapat menafsirkan tindakan Anda secara langsung, tanpa mengkhawatirkan niat Anda.

 
Diadaptasi dari
 The Harvard Business Review Manager’s Handbook

 Sumber: Harvard Business Review (2017). The Harvard Business Review Manager’s Handbook.  USA: HBR Ebook.

Nugroho J. Setiadi
  1. Membangun kepercayaan dengan tim Anda merupakan suatu hal yang wajib dilakukan ketika Anda menjadi pimpinan baru pada suatu tim. Dengan adanya kepercayaan, pekerjaan dapat dilakukan dengan optimal dan hubungan antara leader dengan karyawan dapat mudah terjalin. Sehingga, Anda dapat memberikan arahan kepada mereka dengan baik tanpa adanya hambatan.

  2. Menurut Saya, artikel diatas sangat bagus Yang dimana ketika kita baru menjadi seorang manager mau pun sudah menjadi seorang manager. Kita harus memberikan contoh atau role model yang baik dengan bawahan kita, Dan juga harus menjalin hubungan Dan komunikasi yang baik pula. Karena dengan adanya komunikasi yang baik akan memudahkan bawahan dalam bekerja dan juga mereka akan lebih terbuka jika ada sesuatu yang terjadi. Sehingga bisa membuat mereka loyal dalam bekerja.

  3. Menunjukkan konsistensi akan suatu hal tidak hanya harus dilakukan oleh setiap manajer saja, pun juga berlaku untuk semua orang. Konsisten akan apa yang telah dipilih selain memberikan kesan professional juga dapat memfokuskan anda. Tetap pada pilihan yang telah anda pilih akan membuat anda akan melakukan yang terbaik untuk itu tanpa terusik oleh pilihan kemungkinan lainnya.

  4. Ini artikel yang bagus, membuat pembaca mendapatkan banyak sekali ilmu bermanfaat, apalagi saya sebagai mahasiswa jurusan management, membaca artikel ini membuat saya mendapat wawasan baru dalam ilmu management, artikel yang bagus telah memberikan pelajaran yang hebat kepada saya & pasti nya para pembaca:)

  5. Menjadi seorang pemimpin memang tidak mudah, seorang pemimpin dituntut untuk selalu selalu dapat mengambil keputusan yang tepat. Saya setuju dengan artikel diatas, karena pemimpin yang baik adalah seseorang yang konsisten, mengapa? karena orang yang konsisten tidak akan terpengaruh oleh opini orang lain terhadap keputusan yang sudah atau akan dia ambil.

  6. Saya setuju, sebagai pemimpin yang baru kita harus konsisten dalam berpikir dan bertindak. Kita juga harus mencotohkan hal yang kita tetapkan kepada karyawan kita. Contohnya saat kita meminta karyawan kita selalu tepat waktu maka kita pun harus selalu tepat waktu. Hal ini juga dapat membuat rasa saling menghormati antar kita dan karyawan kita.

  7. Kepercayaan terhadap mitra atau kelompok harus ada agar mampu menciptakan kinerja perusahaan yang optimal agar perusahaan bisa mencanangkan strategi bersama-sama dengan rasa saling percaya agar mampu mencapai goals dengan maksimal.

  8. menjadi seorang manajer selain konsisten dengan nilai yang dianut, tapi juga harus komitmen terhadap diri sendiri sebagai seorang manajer sudah seharusnya dapat dipercaya, dapat menjadi seorang yang menjadi panutan bagi bawahannya, serta dapat mempengaruhi bawahannya dengan budaya yang anda terapkan sebagai manajer pada suatu organisasi. seorang manajer juga harus pandai menciptakan suasana kinerja tetap kondusif dan nyaman, dengan cara membangun hubungan baik dengan bawahannya

  9. Saya setuju dengan sebagai manajer kita harus menjadi konsisten untuk memberikan gambaran kepada karyawan bahwa kita terpercaya dan mampu memberikan dampak positif. Dengan kita memperlihatkan konsistensi kita, maka karyawan pun akan segan dengan kita.

  10. Mungkin menjadi karyawan baru tidaklah mudah, banyak yang akan menjudge kita secara kasat mata tanpa mengenal terlebih dahulu. Namun kita harus menanggapinya dengan baik dan tetap bersikap sopan serta baik. Konsisten adalah kunci utama kita membuktikan bahwa kita dapat diandalkan. Misalnya kita karyawan baru dalam perusahaan dan kinerja kita konsisten serta bagus maka atasan dan karyawan lainnya juga akan segan terhadap kita.

  11. Saya setuju dengan artikel yang si atas, sebagai pemimpin yang baru harus konsisten dalam berpikir dan bertindak. Juga harus mencotohkan hal yang kita tetapkan kepada karyawan kita. Contohnya saat kita meminta karyawan kita selalu tepat waktu maka kita pun harus selalu tepat waktu. Hal ini juga dapat membuat rasa saling menghormati antar kita dan karyawan kita.

  12. Penting memang untuk menjadi pribadi yang konsisten. Karena apabila kita berubah-rubah pemikiran dan menjadi tidak pasti, orang tentu akan ragu untuk bekerjasama dengan kita.

  13. “Image” tentu penting untuk seseorang yang berkepentingan seperti pemimpin . Pemimpin yang memiliki pengaruh baik dan menyenangkan akan membuat anggota nya menyukainya . Mereka akan menjadi percaya bahwa Anda adalah pemimpin yang benar . Mereka juga akan menghormati keputusan keputusan yang Anda buat .

  14. Sebagai manajer yang baru kita memang harus memiliki sikap yang konsisten. Karena menjadi manajer yang baru kita harus bisa menjadikan diri sebagai panutan bagi karyawan lain. Baik dari segi ucapan maupun tingkah laku dan kesopanan dalam keseharian dalam bekerja. Seorang pemimpin sering dianggap sebagai simbol dari kesempurnaan. Seseorang diangkat menjadi manajer karena dinilai punya kemampuan lebih dari yang lain. Maka dari itu, sebagai manajer kita harus menjaga sikap dan tindak tanduk kita selama bekerja maupun dalam hubungan sosial, sehingga membuktikan bahwa kita memang pantas menjadi seorang manajer.

  15. saya setuju tengan artikerl ini, karna apapun tindakan kita semuanya menjadi contoh dari para karyawan kita. sebaiknya, kita sebagai atasan memberikan contoh yang baik kupada karyawannya. dan lebin bak lagi kita memberikan apa yang diinginkan olles para karyawan kita . Contohnya bila kita meminta karyawan kita menggunakan pakaian yang baik yang pantas dalam bekerja dan taat dalam maktu para karyawan akan menikutinyab dengen baik. hal ini damat meningkatkan hormat karyawan kapada kita dan menamkan rasa keterkaitannya kepada kita.

  16. konsistensi memang sangat penting dalam keadaan apapun terlebih saat menjadi manager baru. Seluruh perilaku kita sangat diperhatikan oleh bawahan kita. kita harus konsisten dengan perilaku baik kita agar bawahan dapat menilai kita dengan baik. untuk manager baru sebaiknya dapat menyesuaikan budaya perusahaan dengan cepat

  17. membangun kepercayaan kepada orang baru memang sulit. tetapi dengan berjalannya waktu pasti akan terlihat orang tersebut pantas untuk di percaya atau tidak. apalagi untuk manajer, sulit membangun kepercayaan untuk manager yang akan melihat perkembangan dan mempertahankan perusahaan. maka dari itu, buatlah koneksi yang baik dengan rekan kerja atau karyawan perusahaan.

  18. Konsistensi dalam manajer menurut saya juga dapat membentuk karakteristik manajer yang baik, para bawahan akan merasa terpacu karena manajer menunjukan konsistensi pekerjaan dan omongannya.

  19. Sebagai soerang manajer baru kita juga harus meninggalkan kesan yang baik untuk para rekan kita, karena dengan itu kita sudah membangun relasi dengan mereka. Jika suatu hubungan sudah dibentuk, maka kita bisa mengerti pekerjaan dan karakter dari tiap rekan kita. Mereka juga pasti akan merasa senang memiliki manajer yang perhatian dan mengerti mereka.

  20. Saya setuju bahwa sebagai pemimpin atau manajer baru, bersikap konsisten dapat menumbuhkan rasa kepercayaan anggota. Dengan bersikap konsisten, kecenderungan untuk dihormati dan dihargai oleh anggota sangatlah tinggi.

  21. saya setuju dengan artikel ini, jika kita dapat konsisten dengan pekerjaan yang kita hadapi maka suatu saat kiat akan dapat dipercaya dari bawahan maupun atasan.

  22. menurut saya Konsisten adalah kemampuan untuk terus menerus berusaha sampai suatu pencapaian berhasil diraih. bila anda seorang menejer baru, cobalah untuk berbuat konsisten agar anda dapat dipercaya oleh bawahan anda. saya setuju dengan artikel di atas karena menurut saya sebuah konsistensi sgt penting untuk menejer.

  23. Sebagai manager baru sangat penting untuk membuat first impression yang baik terhadap karyawan. Karyawan berekspetasi terhadap perilaku manager sejajar dengan kebijakan yang diharapkan terhadap karyawan. Salah satunya disebutkan diartikel diatas perlunya sifat konsisten, diharapkan karyawan dapat menilai sifat manager secara transparan

  24. sebagai pemimpin ataupun manager baru, salah satunya menjadi konsisten dalam setiap kata ataupun perbuatan yang lakukannya selain untuk dipandang oranglain/bawahan sebagai orang yang bisa dipercaya, bisa juga menjadi contoh/teladan bagi yang lain juga

  25. Manajer yang baru haruslah menunjukkan sikap yang konsisten dan adil sekaligus menunjukkan sikap yang dapat dicontoh oleh bawahanya, itu sangat penting dalam menjalankan usahanya. Sikap yang dapat dipercaya oleh bawahan kita menunjukkan bahwa kita adalah manajer yang sangat baik dalam menjalankan perusahaan

  26. Saya sangat setuju dengan artikel diatas,karena dengan menunjukkan sikap yaang bagus dihadapan karyawan tentu sikap itu akan dicontoh oleh karyawan

  27. menurut saya jika menjadi seorang manager baru disuatu perusahaan , hal pertama yang kita kerjakan ataupun lakukan akan sangat diperhatikan oleh para karyawan dan atasan karena hal yang kita lakukan pertama kali akan menadi penilaian bagi para karyawan yang lain untuk menilai kinerja dan menilai diri kita , oleh karena itu jika kita masih baru kita harus berusaha melakukan yang terbaik agar kita dinilai dengan baik juga .

  28. menjadi pemimpin/manajer baru berarti kita harus siap dengan opini yang dimiliki oleh karyawan lain, first impression sangat penting jika kita ingin dinilai dengan baik oleh karyawan lain, jaga sikap anda dan perilaku anda mulai dari hari pertama anda bekerja, selain itu sebagai pemimpin yang dicontohi oleh bawahan anda harus memberikan contoh yang baik bagi karyawan serta bersikap konsisten sehingga anda disegani dan dipercaya oleh karyawan. contoh : jika anda ingin menerapkan displin waktu maka anda tidak bisa berharap karyawan akan datang tepat waktu jika anda sebagai pemimpin saja masih sering terlambat datang ke perusahaan

  29. saya setuju menjadi seorang manajer harus lah tegas dan berpendirian agar tidak dapat di tindas dengan bawahannya selain itu juga menjadikan karyawan sebagai panutan agar ada yang dapat memberikan contoh yang baik kepada mereka

  30. Seorang pemimin memang harus memiliki konsistensi. Karena pemimpin memiliki wewenang untuk memutuskan suatu keputusan. Situasi tertentu harus membuat pemimpin bergerak cepat & konsisten. Gaya kepmimpinan konsisten ini secara tidak langsung mempengaruhi dan mendorong orang yang dibawahnya untuk konsisten juga

  31. sebagai manager kita harus bersikap konsisten agar karyawan dapat memercayai kita dapat memimpin mereka dengan baik, karena posisi manager itu baru, jadi kita harus perlihatkan karyawan kecocokan kita dalam memimpin, agar dapat menjadi panutan yang baik bagi karyawan.

  32. Saya sangat setuju dengan artikel diatas, seperti yang disebutkan diatas "Mereka ingin tahu bahwa Anda peduli dengan mereka dan pekerjaan mereka", nah memang sebagai seorang manajer kita harus bersikap konsisten supaya dapat menunjukan kepada mereka kalau anda sebagai manajer juga pedulu dengan mereka dan pekerjaan mereka.

  33. saya setuju dengan artikel diatas, untuk menjadi seorang manajer baru bukanlah hal yang mudah untuk membentuk ataupun membangun sebuah "image" kepada para karyawan dan konsistensi adalah kunci dari kesuksesan sebuah "image" seorang manajer maka dari itu kedua hal tersebut perlu diseimbangkan dengan baik.

  34. Saya setuju engan artikel diatas,apabila sebagai manajer baru bawahan kita pasti akan berfikir apa mereka dapat percaya kepada manajer baru tersebut maka dari itu sebagai manajer baru kita harus bersikap konsisten sehingga mereka dapat percaya.Manajer baru juga harus terbuka terhadap masukan bawahan - bawahanya seperti keluhan - keluhan karyawan dan dapat mengatasi keluhan tersebut.

  35. artikel ini sangat bagus,karna akan menjadi panutan bagi bawahan. sebagai yang baru,maka harus membuat kepercayaan dan mendengarkan karyawan untuk mengembangkan perusahaan

  36. kepercayaan terhadap karyawan atau pun karyawan terhadap pemimpin sangat penting karena hal tersebut dapat menjadi organisasi lebih maju