Tuntut Orang Bertanggung Jawab atas Pekerjaan Mereka

Compiled by: Nugroho J. Setiadi, PhD

Orcid-ID: http://orcid.org/0000-0002-1864-0116

 

Kita semua ingin bekerja di lingkungan di mana orang memberikan komitmen mereka. Lantas apa yang bisa dilakukan manajer untuk menumbuhkan akuntabilitas dengan karyawan? Langkah pertama adalah bersikap jernih tentang apa yang Anda harapkan – hasil yang Anda cari, bagaimana Anda akan mengukur keberhasilan, dan bagaimana orang harus mencapai tujuan. Pastikan orang yang Anda pertanggung jawabkan benar-benar memiliki keterampilan dan sumber daya yang mereka butuhkan; Jika tidak, Anda hanya mengaturnya karena kegagalan. Kemudian sepakati tonggak mingguan dengan sasaran yang jelas, terukur, dan obyektif. Jika salah satu target ini tergelincir, langsung loncat ke masalah ini. Lakukan brainstorming solusi, identifikasi perbaikan, desain ulang jadwal, atau tanggapi dengan cara lain yang membuat orang kembali ke jalur semula. Berikan umpan balik setiap minggu, dan ingat bahwa lebih penting untuk membantu daripada menyenangkan.

 
Diadaptasi dari
  “The Right Way to Hold People Accountable,” by Peter Bregman 

 

Sumber: Bregman, P. (2016). The Right Way to Hold People Accountable. Harvard Business Review.  From: https://hbr.org/2016/01/the-right-way-to-hold-people-accountable?cm_mmc=email-_-newsletter-_-management_tip-_-tip_date&referral=00203&utm_source=newsletter_management_tip&utm_medium=email&utm_campaign=tip_date&spMailingID=13962985&spUserID=Mzc5MDI3ODgzS0&spJobID=741055368&spReportId=NzQxMDU1MzY4S0.  Retrieved on March 14, 2016.

Nugroho J. Setiadi
  1. Sebagai manajer ,kita tentu harus memberi contoh yg baik kepada karyawan kita ,apalagi dalam hal bertanggung jawab . Perusahaan yg dapat berjalan dengan baik tentu dikarenakan oleh semua pihak yg bertanggung jawab atas tugas tugas nya . Berikan kata kata pembangkit untuk mereka ,maka mereka akan bekerja dengan baik juga . Ingatkan tugas mereka dan ingatkan mereka untuk bekerja secara profesional didalam perusahaan .

  2. LA21 saya dapat mengetahui untuk menumbuhkan akuntabilitas dengan karyawan sebagai manager harus memikirkan keberhasilan atau mencapai tujuan perusahaan. dengan memberikan komitmen yang diberikan perusahaan akan membuat karyawan loyal terhadap perusahaan tersebut

  3. Menurut saya, memang langkah seperti itu yang harus dilakukan oleh seorang manager agar dapat menumbuhkan sikap tanggung jawab,komitmen karyawannya. Dalam proses tersebut seorang manager tentu akan memperlihatkan kepada perusahaan bahwa ia dapat dipercaya dan memberikan hasil yang terbaik dan pekerjaan yang professional.

  4. sebagai atasan dalam sebuah perusahaan haruslah kita juga turun tangan jika terjadi maslaah yang disebabkan oleh bawahan. bisa menajdi panutan orang-orang yang ada didalam perusahaan, jika si karyawan tidak bisa bertanggung jawab atas apa masalah yang ia timbulkan, berikan pengarahan agar ia bisa bertanggung jawab atastugas yang telah diberikan kepadanya jangan langsung memcatnya.

  5. Nama : Christine Abraham NIM : 2001543944 Kelas : LC21 Jangan hanya menuntut orang lain bekerja lebih baik , tapi kita juga harus turut ambil bagian didalamnya. KIta juga harus ikut membagikan ilmu yang kita miliki agar orang tersebut juga dpat mengeri apa yang harus dilakukan. Sebelum memberikan tanggung jawab kepada orang lain pastikan juga orang tersebut dapat dipercaya dan mampu mengerjakan tugasnya.

  6. dalam menjalani pekerjaan, sebelum itu seseorang harus menaruh komitmen dalam menjalani pekerjaan tersebut. yang mana komitment tersebut harus dipenuhi oleh orang tersebut dalam kondisi apapun. yang merupakan dari awal pembuatan komitment tersebut sudah disetujui kedua belah pihak

  7. Rasa tanggung jawab itu dibutuhkan dalam pekerjaan bahkan dalam segala hal,maka pemimpin harus mampu melihatkan contoh tanggung jawab kepada bawahannya bukan untuk membuat diri kita jadi terkesan tapi untuk dipanuti.

  8. Manajer ataupun atasan harus bisa memotivasi bawahannya agar bisa berkomitmen dalam pekerjaannya. Selain itu, tugas seorang manajer bukan hanya memberi perintah namun juga bisa mengayomi bawahannya serta saling menghargai. Seorang manajer harus memantau bawahannya secara objektif sehingga mereka tetap berkomitmen terhadap pekerjaan yang telah diberikan.

  9. saya sependapat dengan artikel di atas. jika kita akan merekrut seseorang untuk bekerja di perusahaan kita pastikan bahwa orang tersebut adalah orang yang bertanggung jawab. Rasa tanggung jawab dapat dipupuk sejak dini agar kelak saat ia dewasa dapat menjadi orang yang bertanggung jawab. saat kita mempunyai bawahan hendaknya kita selalu mengawasi dengan ketat agar bawahan tersebut bertanggung jawab atas apa yang ia kerjakan

  10. Menurut saya, sudah seharusnya seorang manajer lini memiliki kompetensi yang memadai di dalam pengelolaan sumber daya manusia. Dalam mengantisipasi perkembangan organisasi saat ini, sudah banyak peran statis dari bagian SDM yang di automatisasi dalam sistem HRIS (Human Resource Information System). Peran bagian SDM atau HR kedepan sudah tidak lagi menyentuh secara langsung setiap karyawan yang ada didalam organisasi, akan tetapi lebih berperan sebagai fasilitator dan partner bagi para manajer. peran manajer kedepan tidak lagi hanya memfokuskan diri hanya pada kegiatan operasional, akan tetapi juga fokus dan terlibat dalam pengelolaan sumber daya manusia. Oleh karena itu peran manajer kedepan adalah mampu menjadi “HR Champion” untuk unitnya masing-masing.

  11. Saya sangat setuju dengan pendapat "Jika salah satu target ini tergelincir, langsung loncat ke masalah ini. Lakukan brainstorming solusi,.......". Dengan melakukan hal yang seperti ditulis diatas, karena dengan hal seperti itu kita dapat menjadi seorang leader yang baik serta dengan melakukan hal tersebut juga kita bisa memberikan feedback/ umpan balik rasa tanggung jawab kita ke bawahan dan juga rasa tanggung jawab mereka ke atasan.

  12. Bertanggung jawablah jika kita diberikan pekerjaan. Itu berarti kita diberikan kepercayaan untuk melengkapi pekerjaan tersebut. Artikel diatas memberikan kita ilustrasi kita harus mempertanggung jawabkan apa yang kita perbuat

  13. Sebagai seorang manajer, memantau karyawan agar dapat berkomitmen dengan pekerjaannya merupakan hal yang memang seharusnya. Namun manajer juga harus melatih karyawan agar akuntabel, dan memberikan konsekuensi apabila karyawan tidak memenuhi komitmennya. Hal ini bertujuan agar karyawan dapat memegang tanggung jawab yang diberikan kepadanya dan dapat berdedikasi juga loyal terhadap perusahaan.

  14. Seorang manajer pasti punya tujuan yang jelas. Tujuan ini dicapai dibantu melalui kinerja karyawannya. Oleh karena itu dipastikan bahwa karyawannya dapat dengan serius&sesuai dengan skill competence agar tidak gagal. Disini peran manager untuk terus mengontrol&support karyawan mereka juga memberikan contoh yang baik bagi bawahannYa Seorang manager juga harus cepat tanggap dalam situasi apapun&dalam mengambil keputusan yang terbaik

  15. kita pertama melihat diri kita sendiri, apakah kita pantas untuk menuneut orang tersebut atas pekerjaan mereja tau tidak. kalau kita sendiri lalay akan pekerjaan kita, kita tidak pantas uituk menuntuk orang lain.

  16. Sebagai manajer yang baik juga harus bertindak sebagai fasilitator saat berada di lingkungannya. Dengan menyesuaikan hal - hal kecil di sana sini untuk meningkatkan kinerja bawahannya agar dapat lebih efektif dan efisien. Menjadi manajer yang baik berarti memimpin dengan kepala dingin dan memberikan contoh yang baik dan positif kepada bawahan. Oleh karena itu, dalam menjadi seorang manajer harus memiliki rasa tanggung jawab dan komunikasi yang efektif dengan bawahan agar dapat membawa keuntungan bersama dalam mencapai suatu tujuan organisasi.

  17. saya setuju dengan artikel diatas, seorang manajer harus menunjukkan sikap yg baik dan bertanggung jawab atas keptusan yg di ambil

  18. Sifat tanggung jawab dan berkomitmen sangat penting dalam segala aspek kehidupan. Terutama dalam pekerjaan , ketika menajer sudah memperjelas patokan tugas untuk karyawannya. Karyawan harus mempertanggung jawabkan tugas dan segala kepercayaan yang sudah diberi oleh sang manajer. Dan strategi atas suatu pekerjaan harus di jabarkan agar tujuan atau visi misi perusahaan tercapai.

  19. Perusahaan yg dapat berjalan dengan baik tentu dikarenakan oleh semua pihak yg bertanggung jawab atas tugas tugas nya . sebagai manajer dengan rekan kerja lainnya harus saling memberikan support agar para karyawannya bisa menyelesaikan perkejaan nya dengan baik .

  20. LA21 Perusahaan yg dapat berjalan dengan baik tentu dikarenakan oleh semua pihak yg bertanggung jawab atas tugas tugas nya . sebagai manajer dengan rekan kerja lainnya harus saling memberikan support agar para karyawannya bisa menyelesaikan perkejaan nya dengan baik .

  21. yang bertanggungjawab dalam pekerjaan yang kita jalankan itu kita sendiri, namun atasan/manager harus bisa menuntun karyawannya dan menjadi panutan bagi bawahan, memastikan karyawannya berkomitmen dalam pekerjaannya.

  22. Sebagai seorang manager ataupun pemimpin kita perlu tau apa kemampuan yg dimiliki karyawan dan apa umpan balik yg akan karyawan berikan kepada perusahaan kita. Sebagai seorang pemimpin kita harus mampu membuat karyawan menjadi loyal dengan cara2 yg terbaik dan dengan menjadikan diri kita sebagai contoh adalah hal yang terpenting.

  23. dalam melakukan pekerjaan tentunya kita tidak bisa melakukan semua nya sendiri karena pada umumnya manusial merupakan makhluk sosial yaitu tidak bisa hidup sendiri oleh karena itu kita sebagai manajer juga harus bisa mengkomando bawahan nya untuk memenuhi tanggung jawab nya dan manajer juga harus memberikan hubungan timbal balik yang sepadan dengan apa yg sudah dikerjakannya

  24. Tnggung jawab dibutuhkan di semua pekerjaan, pemimpin yang baik harus mempunyai skill memberikan contoh tanggung jawab kepada bawahannya bukan untuk membuat diri kita jadi terkesan tapi untuk dipanuti.

  25. Menurut saya menjadi seorang manager yang baik akan menjadi contoh bagi semua bawahannya , seharusnya sebagai manager hal yang terpenting adalah bisa memimpin orang lain ,jujur,bekerja dengan profesional ,dan disiplin

  26. Komitmen adalah hal yang paling mendasar untuk statu profesionalitas kerja. Dengan ditanamkannya komitmen yang tinggi akan menimbulkan rasa tanggung jawab atas pekerjaan yang telah dipilih dan dijalankan. Sebagai manajer harus dapat mencontohkan sifat tersebut terlebih dahulu agar dijadikan panutan yang baik bagi karyawan

  27. menjadi seorang manajer sangatlah penting untuk memiliki visi dan misi. karena itu adalah hasil akhir yang akan kita tuju.

  28. Menjadi manajer atau pemimpin yang baik berarti harus mampu menilai kinerja para karyawan dan melakukan solusi dari setiap permasalahan akan kinerja tersebut. Oleh karena itu, artikel di atas membantu manajer untuk menerapkan standar kinerja yang sesuai agar visi misi perusahaan tercapai.

  29. Menurut saya langkah tersebut benar karena jika seorang manager tidak melakukan hal demikian bawahan tidak tercapai rasa tanggung jawab dengan perkerjaanya

  30. Dalam hal ini sebagai seorang pemimpin harus berani berkonsisten dalam pekerjaan. Jangan terlambat, jangan memberikan groubnya menjadi musuh yang abadi. Harus ada di tengah tengahnya. Dan sebagai pemimpin harus punya visi dan misi, setelah punya visi dan misi terapkan dengan baik....

  31. Tanggung jawab merupakan hal yang paling penting dibutuhkan salam pekerjaan, tetapi dalam hidup juga. Sebagai seorang manager akan lebih profesional jika memperlihatkan, mengajarkan dan memberikan contoh cara bertanggung jawab kepada bawahan. Agar setiap karyawan dapat melihat secara langsung apa itu tanggung jawab yang semestinya dijalankan.

  32. Seperti yang kita ketahui bersama kualitas lebih baik daripada kuantitas. Maka dari itu sangat penting bagi setiap orang dalam suatu kelompok untuk bekerja secara optimal. Sehingga dengan performa terbaik yang diberikan setiap anggota kelompok maka goalss dari kelompok tersebut akan cepat tercapai.

  33. Ya seorang manager wajib mempertanyakan tanggung jawab atas hasil kerja karyawan. Karena sangat berpengaruh pada proses kinerja perusahaan

  34. Kawai satria 2001591060 Setiap ornag memiliki tanggung jawab namun tidak setiap orang melaksanakan tanggung jawabnya dengan amanah.oleh karena itu sbg manajer kita ahrus memberikan motivasi sehingga karyawan bertanggung jawab akan kerjaannya dan sesuai dengan kemauan manajer.begitu juga dengan rekan yg tak bertanggung jawab ,berikan motivasi menbangun sehingga menciptakan kinerja yg terbaik

  35. Menurut saya, tekanan dan motivasi yang tepat kepada pihak lain akan dapat menyadarkan akan kewajibannya terhadap tugas yang dia emban. Maka hal ini harus di pupuk dari kesadaran individu masing-masing untuk kemudian menjadi disiplin dalam tugas maupun hal yang ingin kita capai.

  36. Alangkah baiknya pekerjaan yg menjadi kewajiban kita atau orang lain dpt dilakukan dgt optimal

  37. Komitmen merupakan hal yang sangat penting dalam suatu pekerjaan. pengakuan seutuhnya, sebagai sikap yang sebenarnya yang berasal dari watak yang keluar dari dalam diri seseorang

  38. Dalam memberikan suatu pekerjaan kepada karyawan, kita juga harsu memastikan apakah karyawan tersebut mampu mengerjakan pekerjaan yang kita berikan dan apakah ia bisa bertanggung jawab apabila terdapat masalah. Dan kita juga harus melakukan pengamatan dan mengevaluasi ketika pekerjaan itu sudah selesai.

  39. Dengan melakukan langkah - langkah yang dilakukan oleh seorang manajer tersebut akan menjadi efektif, efisien, dan lebih berkomitmen lagi pada suatu pekerjaan adanya hasil tersebut juga karena turun tangannya seorang manajer

  40. Sebagai orang yang di beri tanggung jawab untuk menjadi pemimpin, tidaklah saja hanya memerintah dan menunggu hasil dengan harapan sebaik mungkin, dalam berproses pemimpin juga harus mau untuk memberi arahan, dan membantu menyelesaikan masalah apabila terjadi jesalahan sehingga bawahan akan merasa bahwa pekerjaan nya sangat di hargai dan di anggap penting untuk dilaksanakan dengan kesungguhan.

  41. Saya setuju dengan artikel diatas, sebagai seorang manajer yang baik pertama-tama harus bisa bertanggung jawab pada diri sendiri, pekerjaan sendiri supaya dapat menjadi contoh untuk karyawannya . supaya karyawan mampu bertanggung jawab atas kewajibannya.

  42. Seorang pemimpin atau manager harus bisa memotivasi para bawahannya, agar para bawahannya dapat berkomitmen dalam pekerjaan yang mereka lakukan. Selain itu, seorang manager yang baik bukan hanya memberi perintah saja, namun mereka dapat mengayomi bawahannya serta menghargainya. Seorang manager dituntut untuk dapat memantau serta mengawasi bawahannya secara objektif sehingga mereka tetap berkomitmen terhadap pekerjaan mereka.

  43. Komitmen adalah salah satu hal yang penting dalam pekerjaan. Pastinya semua orang ingin bekerja di lingkungan di mana orang-orang dapat memberikan komitmen mereka terhadap sesuatu. Oleh karena itu, manajer harus dapat menumbuhkan akuntabilitas dengan karyawan. Hal ini dapat dilakukan dengan: 1) Bersikap jelas tentang harapan Anda dan tujuan Anda, 2) Pastikan orang yang Anda pertanggung jawabkan benar-benar memiliki kemampuan dan sumber daya yang mereka butuhkan untuk mencegah kegagalan, 3) Lakukan brainstorming - mengumpulkan ide-ide, mencari solusi, mencari cara untuk mewujudkan harapan dan tujuan bersama yang telah ditetapkan, dan 4) Berikan feedback setiap minggu sebagai evaluasi tim ataupun anggota individu.

  44. Selalu bertanggung jawab dalam pekerjaan adalah sesuatu yang tentunya harus dilakukan oleh semua orang. Terlebih lagi sebagai atasan, pastinya selalu menginginkan kolega maupun bawahannya selalu bertanggung jawab dengan pekerjaannya. Artikel ini memberikan langkah-langkah yang jelas tentang bagaimana seseorang dapat menuntut seseorang untuk bertanggungjawab dengan cara yang baik.

  45. Tanggung jawab haruslah timbul dari kesadaran pribadi. Namun, menurut saya, sebagai seorang manajer yang baik seorang pemimpin harus mempu bertanggung jawab pada diri sendiri, begitupula pada pekerjaan mereka agar menjadi penutan yang nyata untuk karyawannya, tak hanya menuntut tanggung jawab dari karyawan. Dengan melihat contoh di depan mata, karyawan akan tergerak untuk lebih berkomitmen serta bertanggung jawab.

  46. Ketika telah memutuskan untuk berada di pekerjaan tertentu, sudah seharusnya kita memiliki tanggung jawab atas pilihan yang telah diambil. Komitmen akan pekerjaan tentunya sangat dibutuhkan. Maka dari itu, seorang manager juga memiliki peran yang penting dalam mencapai dan mempertahankan komitmen para karyawannya dengan terus memberikan motivasi kepada karyawannya.

  47. Saya setuju dengan artikel ini, untuk mendapatkan karyawan yang bisa dia andalkan adalah dengan mencari orang yang dirasa memiliki skill dan dirasa mampu untuk menempati suatu posisi. Tak hanya itu penentuan target dalam bekerja juga diperlukan untuk mentrigger karyawan agar mengeluarkan performa yang baik untuk menyelesaikan tugas tugasnya.

  48. Komitmen dapat dijalankan ketika hal yang dilakukan sesuai dengan passion/ keterampilan/ kapasitas/ kapabilitas kita. Sehingga sebagai atasan, harus memiliki kemampuan mengidentifikasi setiap karyawanya sesuai kemampuannya sehingga dalam pemberian tugas, mereka dapat mempertanggung jawabkan dengan maksimal pula. Artikel diatas telah membantu saya untuk mengetahui bagaimana saya harus melakukan sesuai dengan passion saya dan bagaimana cara dapat menuntut seseorang untuk bertanggung jawab.

  49. Sekiranya tanggung jawab atas pekerjaan sudahlah hal yang umum dan menjadi salah satu hal yang harus dijalani. Tetapi, masih banyak yang memiliki rasa tanggung jawab yang kurang. Membangunkan rasa tanggung jawab memerlukan cara yang benar. Apabila dilakukan dengan salah, maka hal yang tidak diinginkan bisa saja terjadi

  50. Tanggung jawab merupakan hal yang paling penting dibutuhkan salam pekerjaan, tetapi dalam hidup juga. Menjadi manajer pasti punya tujuan yang jelas. Tujuan ini dicapai dibantu melalui kinerja karyawan. Oleh karena itu dipastikan bahwa karyawan dapat dengan serius dab sesuai dengan skill kerja mereka agar tidak gagal. Disini peran manager untuk terus mengontrol dan mensupport karyawan mereka.

  51. Seperti yang kita ketahui bersama kualitas lebih baik daripada kuantitas. Maka dari itu sangat penting bagi setiap orang dalam suatu kelompok untuk bekerja secara optimal. Sehingga dengan performa terbaik yang diberikan setiap anggota kelompok maka goalss dari kelompok tersebut akan cepat tercapai.

  52. Kualitas tidak akan dipandang dua mata, jika mereka atau kita membuat suatu kualitas yang baik maka hal itu dapat menjadi motivasi bagi tim kita sendiri, tujuan yang paling jelas adalah bagaimana kita untuk bertanggung jawab atas prestasi yang diraih oleh tim kita.

  53. sebagai manajer tidak cukup hanya dengan mengatur dan memberikan tugas kepada karyawan untuk menumbuhkan komitmen karyawan, salah satu tugas manajer adalah mangarahkan dan mendukung karyawan seta memonitor karyawan, selain itu utnuk menumbuhkan komitmen karyawan berikanlah feedback positif, semangat & motivasi serta reward ketika karyawan mencapai targetnya

  54. Didalam perusahaan kita tidak hanya mengerjakan tugas kita tetapi kita juga harus mampu bertanggung jawab juga dalam perusahaan apalagi sebagai seorang manajer atau pemimpin dalam perusahaan tersebut karena itu akan menjadi contoh kepada bawahanya atau anggota - anggotanya agar dapat bertanggung jawab juga

  55. manajer harus memotivasi karyawan dan membimbing karyawan untuk menjadi lebih baik,manager bukan hanya memerintah bawahan tp bekerjasama untuk mencapai tujuan