Tunjukkan Empati untuk Tim Anda

Compiled by: Nugroho J. Setiadi, PhD

Orcid-ID: http://orcid.org/0000-0002-1864-0116

 

Tidak ada keraguan bahwa orang ingin merasa dihargai dan didengarkan di tempat kerja. Sebagai seorang pemimpin, tugas Anda adalah menciptakan lingkungan empati di mana semua orang merasa dihargai. Berikut adalah beberapa hal sederhana yang dapat Anda lakukan untuk menunjukkan empati bagi tim Anda:

  • Amati, dengarkan, dan ajukan pertanyaan. Berhentilah berasumsi bahwa Anda tahu apa yang dipikirkan dan dirasakan orang – Anda mungkin tidak melakukannya. Selalu ada lagi yang harus dipelajari jika Anda diam dan penasaran.
  • Berhenti multitasking. Jika Anda menulis email ke satu orang saat berbicara dengan yang lain, tidak ada yang mendapatkan yang terbaik dari Anda. Letakkan telepon Anda dan beri perhatian penuh Anda pada orang di depan Anda.
  • Jangan menyerah pada gangguan. Selalu ada tenggat waktu yang menjulang, krisis untuk diatasi, atau jengkel untuk diistirahatkan. Penting untuk memperlambat dan mengambil langkah mundur dari semua stres ini. Latihlah perhatian, dan dorong karyawan Anda untuk melakukan hal yang sama. Biarkan mereka tahu tidak apa-apa untuk meluangkan waktu untuk diri mereka sendiri.

 
Diadaptasi dari
“If You Can’t Empathize with Your Employees, You’d Better Learn To,” by Annie McKee 

 

Sumber:

McKee, A. (2016). If You Can’t Empathize with Your Employees, You’d Better Learn To. Harvard Business Review.  From: https://hbr.org/2016/11/if-you-cant-empathize-with-your-employees-youd-better-learn-to?referral=00203&utm_source=newsletter_management_tip&utm_medium=email&utm_campaign=tip_date&spMailingID=16572178&spUserID=Mzc5MDI3ODgzS0&spJobID=961246433&spReportId=OTYxMjQ2NDMzS0. Retrieved on February 16, 2017.

 

Nugroho J. Setiadi
  1. Saya hanya ingin menambahkan, untuk menunjukan rasa empati dilingkungan kerja kita terlebih dahulu harus bisa memberikan rasa hormat kepada setiap divisi diperusahaan kita, mau dari Office boy sampai Direktur perusahaan. Dan, kita tidak boleh memandang sebelah mata kepada siapapun anggota staff di perusahaan, karena kita membutuhkan mereka dan mereka membutuhkan kita.

  2. Empati adalah sebuah sikap di mana kita merasa respect atau iba pada seseorang namun kita juga ingin membantunya jika dalam masalah. Sikap ini sangat penting untuk dilakukan untuk seorang pemimpin agar bawahanya merasa lebih dihargai dan betah bekerja dengan kita

  3. selain sikap simpati, sikap empati harus dimiliki oleh atasan. empati merupakan rasa atau sikap bagaimana jika kita dapat merasakan apa yang orang itu rasakan. seorang pemimpin yang memiliki sikap ini akan dihormati dan dihargai oleh bawahannya serta mereka senang bekerja dengan kita dan juga dapat meningkatkan pendapatan perusahaan.

  4. orang akan menghargai kita jika kita sendiri menghargai mereka. menciptakan lingkungan kerja yang baik dalam tim dapat membantu kita melakukan pekerjaan yang ada karna saling bantu antar anggota yang ada didalam tim. berikanlah pendapat anda, jika diberi waktu untuk memberikan pendapat, jangan mendominasi diskusi adalah poin penting karna supaya para anggota dalam tim akan ikut serta berpendapat dalam sebuah diskusi

  5. menurut saya artikel di atas sangatnlah membantu. kita sebagai pemimpin ataupun hanya seorang karyawan, kita harus tetap memiliki rasa empati terhadap rekan sekerja kita dan sesama. karena " apa yang kita tanam, itulah yang kita tuai ".

  6. Seorang pemimpin tentunya harus mengerti apa yg sedang terjadi di sekitar lingkungan kerja . Hal tersebut akan membuat kita ,sebagai pemimpin ,menjadi contoh bagi orang lain di lingkungan kerja untuk menunjukkan sikap yg baik . Empati merupakan salah satu sikap yg sangat penting . Dengan mendengarkan masalah dan memberikan tanggapan yg baik ,orang yg sedang bermasalah akan merasa lebih baik . Berikan mereka semangat dalam menghadapi masalah nya .

  7. Nama : Christine Abraham NIM : 2001543944 Kelas : LC21 Empati merupakan sikap yang kita tunjukkan saat kita tergerak untuk membantu orang lain untuk keluar dari kesusahannya. oleh karena itu, alangkah baiknya jika saat kita ingi menunjukkan rasa tersebut kita hanya berfokus pada satu pekerjaan dan tidak mencoba untuk menjadi "multitasking" seperti yang dijelaskan dalam artikel tersebut. Karena saat kita berfokus hanya pada satu tujuan, maka orang yang akan dapat merasakan kesungguhan kita atas masalah yang diderita orang tersebut.

  8. Saya setuju pada artikel diatas. Pada dasarnya kita harus menghormati orang lain terlebih dahulu jika kita ingin dihormati. Rasa respect dan empati terhadap sesama karyawan akan berpengaruh dalam berbisnis. Jadikanlah karyawan sebagai rekan kerja bukan sebagai bawahan, karena tanpa mereka bisnis juga tidak dapat berjalan maupun berkembang.

  9. Empati adalah suatu sikap yang harus ditanam dalam setiap diri masing masing. entah sebagai pemimpin atau tidak. dalam menghadapi suatu masalah, atau menyelesaikan masalah. sangat baik jika kita dapat memposisikan diri kita terhadap yang menghadapi masalah tersebut. agar dapat mengerti masalah tersebut, dan dapat merasakan bagaimana masalah tersebut. sehingga dapat menyimpulkan dan menyelesaikan masalah tersebut

  10. Pemimpin adalah gambaran untuk bawahannya. Jika seorang pemimpin mampu menciptakan empati di lingkungannya maka tidak menutup kemungkinan bawahan mencontoh dan melakukan hal yang sama. Semua berasal dari atasan,atasan harus mampu membentuk empati agar meningkatkan kinerja semuanya. Dan akan membentuk diri sebagai atasan yang bijak.

  11. Salah satu aset dari perusahaan adalah sumber daya manusia yang baik dan berkompeten. Jangan sampai aset yang ada pada perusahaan hilang. Saya setuju dengan artikel diatas bahwa mendengarkan keluhan dan masalah dari karyawan adalah salah satu cara untuk memberikan solusi dan motivasi.

  12. Sikap empati dalam berkomunikasi itu penting. Terlebih didalam tim. Didalam tim pastinya banyak sekali ide,pendapat, tujuan yang berbeda-beda. Disinilah peran empati dilakukan, mendengarkan dan menghargai orang berbicara. Apabila kita membiasakan sifat empati ini didalam tim maka akan tercipta budaya&komunikasi tim yang baik. Bersikaplah menghargai&menghormati orang lain apabila kita juga ingin diperlakukan seperti itu.

  13. Setiap orang pasti ingin dihargai, tapi sebelum itu bila ingin dihargai kita harus menghargai orang lain. Perlu nya sikap empati dalam bekerja, menunjukan bahwa kita peduli satu sama lain dengan rekan kerja kita.

  14. dengan menunjukkan rasa empati kita kesesama tim dalam pekerjaan, itu dapat menambahkan semangat kerja semua orang yang ada berada dalam tim itu, agar bisa mencapai target dan kinerja setiap individu meningkat karena tidak ada tekanan dalam tim tersebut.

  15. Dengan adanya empati, akan menjalankan hubungan lebih baik lagi bersama tim. apabila hubungan main baik maka dalam pekerjaan juga akan lebih baik lagi, karena itu haruslah berempati yang baik. selain itu menjadi pendengar yang atau berempati yang baik secara tidak sadar akan membantu kehidupan seseorang itu dan memperat hubungan itu sendiri

  16. saya setuju dengan artikel tersebut , dengan cara tersebut kita dapat menumbuhkan rasa empati di dalam diri kita dan kita juga harus belajar menghargai orang lain apabila kita juga ingin dihargai orang lain

  17. jika kita menunjukan rasa empati kita terhadap sesama , maka orang lain juga akan menunjukan rasa empati nya kepada kita , sama saja dengan hal kita menghargai orang maka orang tersebut juga akan menghargai kita .

  18. Sebagai seorang manager, tentu kita harus tegas. Tetapi tidak menutup kemungkinan untuk menjadi pemimpin yang dapat mengerti atau menghargai seseorang. Pemimpin yang baik adalah pemimpin yang mampu menghargai dan menyemangati bawahannya dan mensupport untuk menjadi seseorang yang lebih baik lagi. Menunjukkan empati kita kepada bawahan kita akan membuat bawahan kita juga lebih menghormati dan menghargai keberadaan kita.

  19. sebagai seorang pemimpin, harus dapat menunjukka sikap peduli dan dapat membimbing karyawannya, pemimpin juga harus bisa bersosialisasi dengan karyawan/bawahannya, karena sikap empati dari pemimpin akan membuat karyawan menghormati anda, dan nyaman dengan pekerjaan yang mereka jalani.

  20. Kepedulian adalah suatu kunci untuk menghargai orang lain. Jika kita ingin dihargai orang lain maka hargailah orang lain. Apalagi sebagai pemimpin kita harus memberi contoh yang baik terhadap yang lain. Sikap tersebut merupakan sikap positif yang harus dan wajib di terapkan dalam suatu tim .

  21. “Try not to become a man of success, rather than becoming a man of value.” -unknown. Menurut Saya, kalimat tersebut sangat berhubungan dengan artikel tersebut karena maksud petikan ini adalah cobalah untuk tidak selalu mementingkan diri sendiri, tetapi sukses dalam hal mempunyai nilai untuk oranglain. Orang yang mempunyai nilai, akan menjadi pemberi manfaat bagi orang-orang sekitarnya. Hidup orang lain membaik karena adanya presensi dari orang ini. Fokusnya adalah tentang oranglain dan menomorduakan ego dalam dirinya. Orang-orang ini yang dinamakan “orang sukses.” Seorang pemimpin yang baik tentunya harus memiliki nilai untuk memberikan dampak yang positif bagi sekitarnya.

  22. Rendi Reynaldi LA21 2001578790 Sebaiknya jika kita menjadi seorang pemimpin dalam suatu tim kita terlebih dahulu memperhatikan orang yang paling bawah dulu karena dengan begitu semua bawahan akan menghargai kita sebagai pemimpin dan merek mempunyai rasa empati juga dengan kita

  23. Empati adalah kemampuan sebuah sikap untuk menunjukan rasa empati kepada seseorang jika terjadi masalah. Untuk menunjukan rasa empati di lingkungan kerja kita harus peduli kepada seseorang pemimpin agar bawahannya merasa lebih dipedulikan dan senang bekerjasama dengan kita.

  24. Jika kita menjadi pemimpin dalam suatu tim, kita harus memperhatikan dan menghargai bawahan kita terlebih dahulu karena dengan cara itu semua bawahan akan menghargai kita sebagai pemimpin yang peduli kepada bawahan.

  25. Sebagai seorang pemimpin dalam seatu perusahaan atau tim kita perlu memperhatikan anggota - anggota atau karyawan dalam perusahaan seperti saling menghargai antara pemimpin dan karyawan atau mencari tahu apa keluhan karyawan yang dialami dala perusahaan,dengan mencipatakan sikap tersebut akan menciptakan keefetifan atan meningkatkan kinerja dalam perusahaan

  26. saya setuju dengan artikel diatas namun hanya sekedar ingin menambahkan bahwa tidak hanya empati dan diperlukan dalam sebuan kepemimpinan anda namun hubungan yang baik dengan bawahan juga perlu diperhatikan demi kekompakkan kerja team dalam mencapai tujuan perusahaan.

  27. sebagai seorang pemimpin kita harus bersikap tegas . seorang pemimpin yang baik adalah pemimpin yang mampu memimpin pengikutnya mencapai suatu tujuan tertentu.

  28. Saya setuju tengan artikel diatas. Selain rekan anda adalah relasi kerja mereka adalah teman anda juga. Rasa empati harus anda tunjukan untuk saling menghargai antar manusia. Apabila anda ingin dihargai hendaklah mengahargai orang lain terlebih dahulu.

  29. Sebagai seorang pemimpin, maka sudah berkewajiban untuk menciptakan lingkungan kerja yang penuh empati di mana semua orang merasa dihargai. Hal sederhana seperti mengamati, mendengarkan, dan mengajukan pertanyaan bisa dilakukan untuk mengetahui pribadi lain sehingga mereka merasa dihargai.

  30. jika ingin menerima empati orang kita harus memberikan empati kita, jika ingin di hargai orang maka kita harus menghargaio orang hidup itu seperti timbangan yang di mana harus seimbang jangan berat sebelah yang arti nya harus ada rasa timbal balik jangan merugikan satu sisi saja

  31. Menghargai setiap orang adalah bagian dari kepedulian, setiap orang perlu merasakan di hargai setelah segala usaha yang mereka buat, baik buruknya yang kita nilai itu semua harus di apresiasi.

  32. memiliki sifat empati terhadap orang lain sangat lah penting,agar kita dapat dihargai orang lain juga. Apalagi seorang pemimpin wajib memiliki sifat empati kepada bawahannya

  33. Saya rasa bukan hanya berbisnis dalam semua hal kehidupan kita juga harus berempati terhadap semua elemen dalam organisasi. Karena dengan adanya hal ini kita juga akan mendapatkan benefit pertemanan yang banyak, dimana ketika kita sudah mendapatkan pertemanan yang banyak maka channel bisnis juga akan kita dapati dengan sangat mudah. Untuk sosial empati juga baik untuk hal kekeluargaan terhadap tetangga agar terciptanya kerukunan.

  34. SIKAp empati dengan rekan sesama dalam perkerjaan itu perlu karena manusia saling membutuhkan satu sama lain

  35. Pemimpin yang baik tidak hanya mau untuk didengarkan dan dimengerti, mereka harus memberika perhatian kepada bawahan dan rekannya dengan cara mendengarkan ataupun memberikan saran dan motivasi yang positif terhadap masalah yang mereka hadapi.

  36. Benar adanya bahwa semua orang pasti ingin dihargai. Dengan menghargai orang lain tentu akan membuat diri anda di hargai juga. Dengan terciptanya lingkungan yang saling menghargai maka kerjasama dan lingkungan yang lebih baik pun akan di dapatkan ditempat kerja.

  37. Kawai satria 2001591060 Empati merupakan lanjutan dari sikap simpati yg mana berarti melakukan action terhadap situasi atau masalah. Menerapkan sikap empati bagi tim anda merupakan hal yang positif untuk dilakukan afar dapat menciptakan komunikasi yg rukun dan terjaga dengan baik. Adanya empati merupakan sikap apresiasi selrang manager kepada karyawan sehingga karyawan akan merasa di hargai

  38. Ya, saya sangat setuju dengan artikel diatas. Sebagai seorang pemimpin yang baik harus dapat mempengaruhi orang lain terutama bawahan dan dapat memotivasi pekerjaan mereka. dengan cara seperti itu para pekerja dapat memberikan kinerja yang baik kepada perusahaan, betah dengan pekerjaan mereka, dan tentunya dapat memuaskan perusahaan dan pelanggan. Sehingga dapat memenuhi tujuan perusahaan.

  39. Empati yg kita dapatkan adalah buah dari apa yg sudah kita lakukan kpd orang lain. Maka dr itu kita harus empati terlebih dahulu kepada siapapun/jabatan apapun tidak terkecuali. Itu jg menunjukan rasa hormat kita kpd orang tersebut

  40. Respect adalah kunci utama nya. Pertahankan sikap sopan santun dan mengetahui mana yang prioritas. Perhatikan lingkungan kerja, karena anda tidak bekerja sendirian. Artikel yang sangat bagus. Saya sangat menyukainya

  41. Empati yang kita tunjukkan dapat dibuktikan dengan memberi bantuan sebisa kita dan berkontribusi dengan maksimal agar kita dapat menyelamatkan tim kita.

  42. sikap empati merupakan sikap bagaimana kita dapat merasakan apa yang orang lain rasakan. seorang pemimpin yang mengaplikasikan sikap ini akan dihormati dan dihargai oleh anggotanya dalam jangka panjang. Mereka akan puas bekerja dengan kita dan juga dapat meningkatkan kinerja serta kontribusi bagi perusahaan.

  43. Sebagai seorang pemimpin kita harus mempunyai rasa empati. Terlebih lagi terhadap karyawan kita, rasa empati tersebut bisa dilakukan dengan cara menghargai pekerjaan mereka, mendengarkan aspirasi mereka . Dengan kita menghargai mereka, mereka juga akan menghormati kita sebagai pemimpin

  44. Pada era globalisasi saat ini, orang-orang dituntut untuk cerdas terhubung dan berkomunikasi di alam lintas budaya, lintas pemikiran, lintas keyakinan, dan lintas persepsi. Maka itu dibutuhkan empati. Empati adalah emosi yang terang akal, yang membuat hubungan dan komunikasi berjalan lancar. Empati memiliki kekuatan untuk menjadikan semua persoalan ada solusinya sehingga menurut saya empati afalah aset untuk kesuksesan dalam bisnis

  45. Memang menjadi seorang pemimpin haruslah seperti yang dijelaskan dalam artikel diatas, seorang pemimpin harus menunjukan rasa empatinya, harus mau mendengarkan keluh kesah timnya supaya mereka merasa dihargai dan merasa nyaman mempunyai pemimpin seperti itu, harus mau dan mendengarkan aspirasi atau kritikan dan saran dari tim kita.

  46. Usahakan untuk memuji atau menghargai rekan kerja anda sendiri dalam tim anda karena jika kita menghargai usaha yang telah mereka lakukan walaupun belum sesuai dengan ekspektasi kita maka bisa membuat mereka percaya diri kemudian jika sedang berkumpul bersama rekan kerja anda usahakan untuk fokus dengan mereka yang ada di sekitar anda.

  47. Selain sikap simpati, sikap empati harus dimiliki oleh atasan . Seorang pemimpin harus menunjukan rasa empatinya, harus mau mendengarkan keluh kesah timnya supaya mereka merasa dihargai

  48. Saya setuju tengan artikel diatas, karena selain sebagai rekan kerja dan relasi anda, tim anda adalah teman anda yang harus anda jaga hubungannya. Karena itu, menunjukan rasa empati adalah sesuatu hal yang perlu yang bertujuan untuk saling menghargai antar sesama manusia. Ada suatu pepatah yang mengatakan, "apabila anda ingin dihargai maka hargailah orang lain terlebih dahulu".

  49. Bersikap seperti bagaimana anda ingin di sikapi oleh invididu lain. Sehingga dalam suatu tim, kita harus peka dan menghargai satu sama lain, terlepas dari segala project yang ada tetapi suatu tim yang baik harus didasari oleh sikap saling menghargai.

  50. Cara yang disampaikan penulis pada artikel di atas merupakan cara yang baik untuk berempati kepada karyawan. Sebagai seorang atasan (dan tentunya sebagai seorang manusia), berempati adalah penting karena manusia sejatinya adalah mahluk sosial. Saya setuju dengan pendapat penulis akan tips-tips yang dapat dilakukan untuk memulai berempati terhdap karyawan (dan tentunya orang lain).

  51. Sebagai seorang manajer, tentunya lebih ditekankan lagi untuk memiliki rasa empati yang tinggi terhadap karyawannya. Dengan memiliki rasa empati yang tinggi, tentunya akan membuat manajer lebih mengerti mengenai perasaan para karyawannya. Jangan pernah berasumsi bahwa ketika karyawan dari luar terlihat tidak ada masalah maka ia benar adanya tidak memiliki masalah, karena manusia cenderung tidak menunjukkan seluruh perasaannya ke semua orang. Maka dari itu seorang manajer hendaknya memiliki empati yang tinggi sehingga mengerti keadaan karyawannya dengan baik dan dapat memotivasinya dengan cara yang tepat sehingga menaikkan produktivitas karyawan juga pada akhirnya.

  52. Posisikan diri Anda sejajar dengan posisi dia, serta rasakan apa yang dia rasakan. Itulah Empati, mau mengetahui sebenarnya dan merasakan apa yang dialaminya. Dengan mengetahui apa yang dialaminya, dapat menjalin hubungan untuk membahas segalanya sehingga tim Anda menjadi terbuka kepada Anda -Good Leader Way-

  53. Setiap orang pasti ingin merasa dihargai dan didengarkan di tempat kerja. Karenanya, sudah menjadi salah satu tugas seorang Pemimpin untuk menciptakan lingkungan kerja yang empati di mana semua orang merasa dihargai. Dengan mengikuti saran-saran pada artikel diatas, hal ini dapat membuat Anda lebih aware terhadap bawahan Anda ataupun antar anggota tim, meningkatkan rasa saling menghargai, dan membuat mereka merasa sebagai bagian dari tim guna meningkatkan kerjasama dan produktivitas perusahaan.

  54. Setiap orang membutuhkan pengakuan, ingin dimengerti, dan dihargai. Emapai adalah sikap dimana kita harus merasakan yang dirasakan orang lain sehingga kita mengerti bagaimana merka telah berjuang, berusaha. Langkah diatas telah membantu kita unutk lebih perduli, menghargai orang lain. Ketika kita ingin dihargai orang lain, kita perlu terlebih dahulu untuk menghargai orang lain. (tabur, tuai). Sehingga sebagai atasan, jangan jebatan atau kekuasaan tersebut menghalangi kita untuk empati ke bawahan kita. sebagai pribadi yang baik, dan memiliki tanggungjwab yang penuh terhdap tim, kita perlu untk mengetahui, mendengarkan, menghargai juga lewat sikap, perkataan, prilaku kita terhdap tim kita. sehinga dalam pelaksanaan tugas, ada kenyamanan, teamwork, kesinergian dalam melakukanya.

  55. Pemimpin adalah gambaran untuk bawahannya. Jika seorang pemimpin mampu menciptakan empati di lingkungannya maka tidak menutup kemungkinan bawahan mencontoh dan melakukan hal yang sama. Semua berasal dari atasan,atasan harus mampu membentuk empati agar meningkatkan kinerja semuanya. Dan akan membentuk diri sebagai atasan yang bijak.

  56. Empati sangatlah penting baik didalam tim sendiri maupun didalam kehidupan nyata, pribadi yang memiliki empati yang tinggi menurut saya dapat menjadi salah satu kunci besar untuk menjadi pribadi yang sukses.