Membangun Karakter Kreatif: Simulasi Permainan Ilmiah (Serie 1)

Oleh: Nugroho J. Setiadi, PhD
Orcid-ID: http://orcid.org/0000-0002-1864-0116

Keberhasilan membentuk karakter orang-orang yang sangat kreatif untuk melakukan hal-hal dengan cara mereka sendiri, dengan mengabaikan konvensi, dengan memiliki keberanian untuk percaya bahwa mereka tahu lebih baik dari konvensi dapat dilatih dengan cara yang santai, menyenangkan dan sekaligus berkarakter. Tulisan ini menyajikan contoh simulasi permainan ilmiah untuk membangun karakter seseorang agar memiliki karakteristik orang-orang yang tinggi daya kreativitasnya. Beberapa contoh simulasi permainan ilmiah diadopsi dari bukunya Setiadi et al (2015) yang berjudul “Membangun KARAKTER orang-orang yang sangat KREATIF”. Pada buku tersebut menyajikan koleksi aktivitas yang sistematis dan tidak rumit yang menggabungkan pembentukan karakter dan pengembangan keterampilan kepemimpinan dengan menggunakan matematika dan konsep ilmu pengetahuan dasar. Buku tersebut kompak namun tak terlalu berat muatannya, dan sangat dibutuhkan pembaca untuk pengembangan soft skill. Permainan yang disajikan dalam buku tersebut, juga merupakan metode pembelajaran yang bernilai untuk pengembangan tim di laboratorium eksperimental luar ruangan. Ini membantu untuk menciptakan gaya kepemimpinan yang baik, kerja sama tim dan keterampilan interpersonal, yang dicari oleh banyak perusahaan bisnis saat ini.

Tujuan dari diterbitkannya buku tersebut adalah mengkaji keterampilan–keterampilan soft skills yang perlu dimiliki oleh seorang pekerja yang kreatif, yang dapat dikembangkan melalui proses pelatihan. Hal ini penting untuk mengasah keterampilan dan investasi masa depan karena soft skills sangat dibutuhkan dalam dunia kerja ataupun dunia industri. Selain itu soft skills juga merupakan pendukung etika dan moral sehingga dapat membuat hidup dan kehidupan ini sukses. Ada berbagai macam soft skills yang dapat dikembangkan melalui pendekatan permainan dalam rangka membangun pekerja yang sangat kreatif, antara lain keterampilan memecahkan masalah, kecekatan/ketangkasan, luwes/supel, keterampilan berinovasi, intuisi, daya ingat, kecerdasan emosional, motivasi, mudah dimengerti (keterampilan menyampaikan gagasan), bekerja sama, teliti dan cermat, percaya diri, dan spontanitas. Membangun pekerja yang sangat kreatif dengan menggunakan pendekatan pembelajaran life skills melalui metode permainan ilmiah sangat cocok untuk mengembangkan soft skills, yang mana para pelaku di industri kreatif dapat lebih partisipatif dan dapat menggunakan sumber belajar multi dimensi. Peran manajer dalam hal ini berperan membangun proses dialog, menangani dinamika kelompok, terlibat dalam motivasi pekerja, mengintroduksikan berfikir kritis, dan bertindak sebagai fasilitator.
Jangan mengurangi pentingnya arti skill interpersonal di tempat kerja. Bagaimanapun setiap pekerja akan sangat berarti di mata manajer dan rekan kerja karena mampu memainkan peranan besar dalam hal-hal yang sama kecilnya dengan kesenangan sehari-hari di kantor dan sama besarnya dengan masa depan karir seseorang. Tidak peduli seberapa kerasnya anda bekerja atau berapa banyak ide brilian yang anda punya, jika anda tidak bisa berhubungan dengan orang-orang yang bekerja sama dengan anda, kehidupan professional anda akan menderita. Kabar baiknya adalah ada beberapa hal konkret yang bisa anda lakukan untuk meningkatkan keahlian social anda dan menjadi lebih dekat dengan kolega-kolega anda. Semua ‘alat-alat’ yang ada dalam buku tersebut akan membantu anda sukses di dunia kerja sekarang ini. Beberapa permainan akan dimuat dalam beberapa serie tulisan yang layak dicoba untuk meningkatkan kemampuan interpersonal para pekerja kreatif. Salah satunya adalah membangun mental aritmateka.

Permainan 1: Mental Aritmatika
Ilustrasi gambar:

1. Setiap anggota kelompok mempunyai nomor urut tertentu. Pemain bernomor 1 (satu) memegang bola.

2. Fasilitator menyebutkan sederetan angka, dan bola dilemparkan ke arah peserta sebagaimana angka-angka yang disebutkan oleeh fasilitator

Sikap mental yang akan dikembangkan:
• Kecerdasan emosional: Koordinasi; Pencapaian Tujuan; Daya Ingat; Spontanitas
• Kepekaan Sosial: Kerjasama kelompok.
Aplikasi konsep ilmu pengetahuan yang dikembangkan:
Matematika: Mental penjumlahan
Peralatan yang dibutuhkan: Bola
Waktu yang diperlukan: 15 menit
Tujuan Permainan:
Menjadi kelompok tercepat untuk melempar bola (dalam urutan tertentu) tanpa menjatuhkan bola.
Ukuran kelompok: 4 – 10 orang
Prosedur:
1. Kelompok pertama akan membentuk lingkaran
2. Salah satu pemain akan diberi sebuah bola
3. Pemain yang memegang bola akan disebut sebagai pemain nomor 1, kemudian orang-orang di sebelah kirinya disebut sebagai Nomor 2, 3, 4 dan seterusnya sampai semua pemain memiliki nomor masing-masing.
4. fasilitator kemudian akan menyebutkan urutan angka secara acak yang akan diberikan kepada kelompok tersebut, misalnya 6, 3, 4, 8
5. pemain diharuskan melemparkan bola ke pemain lainnya sesuai urutan nomor yang disebutkan oleh fasilitator.
6. setelah 2 putaran, fasilitator kemudian akan mengubah nomor pemain dengan menggunakan formula tertentu (seperti misalnya meminta semua pemain untuk mengalikan nomor mereka saat ini dengan bilangan 2) atau mengacak ulang kedudukan pemain dalam bentuk lingkaran baru.
7. Kelompok yang akan menjadi pemenang adalah kelompok yang mampu menyelesaikan paling banyak urutan dalam kurun waktu tertentu.

Kemungkinan variasi permainan:
• Di samping pelabelan semua pemain dengan nomor urut meningkat sesuai dengan arah jarum jam, setiap pemain secara acak dapat diberi label angka dengan satu set angka yang sama.
• Istilah lain juga dapat digunakan untuk mengganti nomor, seperti unsur-unsur kimia atau nama-nama binatang dalam satu kelompok hewan (untuk penerapan konsep Ilmu Biologi/Kimia)

Aplikasi penerapannya:
• tantangan apa yang dihadapi saat fasilitator merubah aspek tertentu dari permainan ini?
• bagaimana Anda beradaptasi dengan perubahan yaang mendadak selama pertandingan berlangsung?
• dalam hal apa rekan anggota kelompok Anda membantu Anda?

Silahkan mencoba

Sumber:
Setiadi, N.J., Boediprasetya, A., Nurani, N &Amaliawiati, L (2015). “Membangun KARAKTER orang-orang yang sangat KREATIF” Yogyakarta: Gosyen Publishing. ISBN: 978-602-1107-57-7

Nugroho J. Setiadi