Hal – hal penting dalam sebuah Website

Oleh : Angtyasti Jiwasiddi, SE., S.Kom, MSM

Website sering kali dikatakan sebagai ujung tombak dari e-Business, apapun bisnis dan model bisnis dari perusahaan baik B2B maupun B2C, karena sebuah website menjadi sebuah media dimana website bukan hanya difungsikan sebagai bentuk komunikasi dari perusahaan ke para pelanggan atau calon pelanggan, namun juga mampu memfasilitasi feedback dari pelanggan.

Lebih jauh lagi website juga memiliki fungsi yang lebih mendalam, baik sebagai bagian dari branding bagi organisasi atau perusahaan, juga sebagai sarana untuk lebih mendekatkan / engage dengan penggunanya.

Dengan demikian kualitas suatu website menjadi hal yang sangat penting, Banyak metode dan pendekatan yang digunakan untuk memahami seperti apakah web dengan kualitas yang baik, topik ini terus menjadi berkembang baik dari sisi akademis maupun praktis (Tan & Wei, 2006)

Telah terdapat beberapa kajian yang membahas mengenai hal ini, bahwasannya banyak aspek yang membentuk, dan mempengaruhi bagaimana konsumen atau user menilai kualitas sebuah situs web. Website yang tidak layak dan buruk bukan hanya dapat merusak image perusahaan, tetapi juga dapat menghilangkan faktor trust/ rasa percaya atas perusahaan yang direpresentasikan oleh situs web itu sendiri.

Aladwani & Palvia (2001) Mengemukakan bahwa terdapat beberapa hal yang mempengaruhi bagaimana seseorang menilai kualitas website, diantaranya adalah adalah technical adequacy / kelayakan teknis, konten spesifik, kualitas konten dan tampilan.

Yang dimaksud technical adequacy / kelayakan teknis adalah bagaimana secara teknis suatu web dapat men-support proses yang harus dilaksanakan oleh user pada web tersebut, misalnya unsur keamanan yang terjaga, kemudahan navigasi, kemampuan search yang baik. Aspek konten spesifik dari suatu website adalah bagaimana konten dari sebuah situs web, sesuai dengan kebutuhan spesifik dari user. Kualitas konten sedikit berbeda dibandingkan dari konten spesifik, dimana pada saat konten spesifik banyak mendalami mengenai relevansi antara kebutuhan user / konsumen terhadap situs web, maka kualitas konten lebih membahas mengenai bagaimana mutu dari konten situs web itu sendiri.

Aspek terakhir namun yang tidak kalah pentingnya, yang membuat seseorang menilai apakah suatu web berkualitas atau tidak adalah tampilan dari web itu sendiri, banyak aspek dari tampilan yang membuat suatu web berkesan profesional dan terpercaya atau tidak. Diantaranya layout, warna, ukuran font dan sebagainya.

Hal – hal tersebut sangat penting untuk disadari baik oleh perusahaan maupun perorangan yang menggunakan web sebagai salah satu media pendukung kegiatan bisnis.

Refererensi :

  • Adel M. Aladwani & Prashant C. Palvia, Adel M., (2002) Developing and validating an instrument for measuring user-perceived web quality, Information & Management, 39, p. 467-476.
  • Gek Woo Tan & Kwok Kee Wei (2006) An empirical study of Web browsing behaviour: Towards an effective Website design, Electronic Commerce Research and Applications, 5; 261–271
  1. wah sangat informatif artikel nya kak, senang membacanya, jadi tambah pengetahuan sebuah website penting untuk dapat menilai aspek bisnis yang di pasarkan ^_^