TOTAL QUALITY MANAGEMENT
Kualitas mungkin merupakan faktor kunci kesuksesan (key success factor) bagi perusahaan. Mengelola kualitas membantu membangun keberhasilan strategi diferensiasi, biaya rendah, dan respons cepat. Peningkatan kualitas memungkinkan penurunan biaya karena perusahaan meningkatkan produktivitas dan menurunkan biaya pengerjaan ulang, memo, dan biaya garansi. Satu penelitian menemukan bahwa perusahaan dengan kualitas tertinggi lima kali lebih produktif (yang diukur dengan unit yang diproduksi per jam kerja) dibandingkan perusahaan dengan kualitas paling rendah. Memang, ketika implikasi dari biaya jangka panjang sebuah organisasi dan potensi peningkatan penjualan dipertimbangkan, total biaya mungkin minimal bila 100% barang atau layanan sempurna dan bebas dari cacat.
Strategi kualitas yang berhasil diawali dengan budaya organisasi yang memupuk kualitas, diikuti dengan pemahaman tentang prinsip-prinsip kualitas, dan kemudian melibatkan karyawan dalam kegiatan yang diperlukan untuk menerapkan kualitas. Ketika hal-hal ini dilakukan dengan baik, organisasi biasanya memuaskan pelanggannya dan memperoleh keunggulan kompetitif. Bila hal ini telah tercapai berarti sebuah organisasi telah mencapai manajemen kualitas total (Total Quality Management).
Pengertian Total Quality Management (TQM)
Pengertian TQM menurut Oakland (2014) adalah sebuah satu kesatuan aktivitas yang sistematis yang dilakukan oleh seluruh organisasi untuk secara efektif dan efisien mencapai tujuan dari organisasi untuk memberikan produk dan jasa dengan tingkat kualitas yang memenuhi kemauan konsumen.
Menurut Heizer, Render dan Munson (2017) manajemen kualitas total adalah pengelolaan dari keseluruhan organisasi sehingga unggul di segala aspek barang dan jasa yang penting bagi pelanggan. Selanjutnya menurut Heizer, Render dan Munson (2017) terdapat tujuh kosep program TQM yang efektif yakni perbaikan berkesinambungan, six sigma, pemberdayaan pekerja, benchmarking, just in time (JIT), konsep Taguchi, dan pengetahuan perangkat (tools) TQM.
Sumber Bacaan
Heizer, J., Render, B., Munson, C. (2017). Operations Management: Sustainability and Supply Chain Management. 12th Edition. Essex : Pearson.
Oakland, J. S. (2014). Total Quality Management And Operational Excellence: Text With Cases. Oxon : Routledge.