Blue Ocean Strategy
Untuk mengetahui strategi alternatif bisnis bagi perusahaan dengan meninjau kembali faktor internal dan faktor eksternal perusahaan, maka dibutuhkan kerangka kerja atau alat analisis Blue Ocean yaitu kerangka kerja empat langkah. Faktor-faktor tersebut adalah (1) Hilangkan, menghilangkan biaya yang tidak berhubungan dengan produksi, (2) Kurangi, mengurangi akses masuk ke kebun, (3) Tingkatkan, meningkatkan pengawasan mutu, meningkatkan hubungan baik dengan semua konsumn yang sudah dimiliki perusahaan, (4) Ciptakan, ciptakan pangsa pasar baru di Internasional dan ciptakan produk lain atau komoditi lain. Untuk mengetahui bahwa strategi alternatif bisnis telah memenuhi syarat tiga ciri strategi yang baik dalam Blue Ocean Strategy, maka dilakukan pengukuran tiga standar kualitas strategi samudra biru atau Blue Ocean Strategy yang baik. Ketiga standar yang harus dipenuhi adalah : (1) Fokus, menghilangkan biaya yang tidak berhubungan dengan operasional perusahaan, mengurangi akses masuk ke kebun, meningkatkan pengawasan mutu dll, (2) divergensi/gerak menjauh, meningkatkan pengawasan mutu, ciptakan produk baru atau komoditi baru, (3) Moto yang memikat, “Quality Makes Perfections”