Perbedaan SCOR Model Versi 10.0 vs 11.0

SCOR Model Versi 10.0

Menurut Paul, 2014:137, dalam SCOR Model versi 10.0 proses dalam SCOR yaitu Plan (perencanaan), Source (pengadaan), Make (produksi), Deliver (pengiriman), dan Return (pengembalian). Adapun praktik yang digunakan dalam SCOR Model versi 10.0 terbatas dan tidak menghubungkan dengan metrik dalam atribut kinerja karena tidak ada informasi metrik mana yang dapat digunakan untuk melihat perbaikan.

SCOR Model Versi 11.0

Menurut Paul, 2014:46, proses Enable dalam SCOR versi 11.0 telah ditetapkan sebagai proses tingkat 1, dan tingkat selanjutnya dan setara dengan proses Plan (perencanaan), Source (pengadaan), Make (produksi), Deliver (pengiriman), dan Return (pengembalian). Enable adalah proses yang diasosiasikan dengan pembuatan, pemeliharaan dan pemantauan informasi, hubungan, sumberdaya, aset, aturan bisnis, kepatuhan terhadap regulasi dan kontrak komersial untuk mengoperasikan rantai suplai. Adapun praktik-praktik terbaik yang dikelompokkan menurut kategori dalam tabel di bawah ini :

 

Tabel Praktik-praktik Versi 11.0

Kategori praktik praktik versi 11.0
Analisis/Perbaikan proses bisnis Perkenalan produk baru Pelaksanaan produksi Pergudangan
Dukungan Pelanggan Rekayasa pesanan Pembelian/Pengadaan
Manajemen Distribusi Manajemen Pesanan Logistik Terbalik
Manajemen informasi/Data Manajemen Orang (Pelatihan) Manajemen Risiko/Keamanan
Manajemen Inventori Perencanaan dan Peramalan Manajemen Rantai Suplai yang berkesinambungan
Penanganan material Manajemen Daur Hidup Produk Manajemen Transportasi

Sumber: John Paul (2014 : 134)

Daftar Pustaka

 

Georgise, F. B., Thoben, K. D., & Seifert, M. (2013). Implementing the SCOR Model Best Practices for Supply Chain Improvement in Developing Countries. International Journal of Service, Science and Technology vol 6, no. 4, 1.

Moazzam, M., Garnevska, E., & Marr, N. E. (2012). Benchmarking Agri-food Supply Chain Networks: A Conceptual Framework. Benchmarking Agri-food Supply Chain Networks: A Conceptual Framework, 1.

Paul , J. (2014). Transformasi Rantai Suplai dengan model SCOR. In J. Paul, Transformasi Rantai Suplai dengan Model SCOR. Jakarta: PPM. Manajemen.

Pratiwi, A., & Sarjono, H. (2014). Proposed Improvement of Performance Calculation of Supply Chain Management. Applied Mathematical Sciences, Vol. 8.

Salazar, F., Caro, M., & Cavazos, J. (2012). Final Review of the Application of the SCOR Model for Biodiesel Castor-Colombia Case. Final Review of the Application of the SCOR Model for Biodiesel Castor-Colombia Case, 1.