E-Commerce Membuka Peluang Perkembangan Ekonomi Digital Indonesia

Oleh : Willy Natan, Raymond Putra Edfran, Indah Syah Pratiwi, Gerry Anggrahito & Chrizeraldi Moniaga

Ekonomi Digital merupakan suatu hal yang menandakan perkembangan dan pertumbuhan ekonomi pada masa yang akan datang, ditandai dengan semakin pesatnya perkembangan bisnis atau transaksi perdagangan yang menggunakan internet sebagai medianya dalam berkomunikasi, kolaborasi, dan bekerjasama antar perusahaan atau individu.

Survei yang dilakukan oleh Asosiasi Penyelenggara Jaringan Internet Indonesia (APJII) mengungkap bahwa lebih dari setengah penduduk Indonesia kini telah terhubung ke internet.. Survei yang dilakukan sepanjang 2016 itu menemukan bahwa 132,7 juta orang Indonesia telah terhubung ke internet. Adapun total penduduk Indonesia sendiri sebanyak 256,2 juta orang. Hal ini mengindikasikan kenaikan 51,8 persen dibandingkan jumlah pengguna internet pada 2014 lalu. Survei yang dilakukan APJII pada 2015 hanya ada 88 juta pengguna internet.

Urutan aktivitas penggunaan internet di Indonesia yaitu search engine, entertainment, situs berita online, media sosial,situs belanja online, dst. Situs-situs berita online kini juga menjadi sarana periklanan oleh situs online lainnya sehinngga pada dasarnya kepopuleran dari sebuah situs akan dijadkan media iklan untuk meningkatkan penjualan.

Angka penggunaan situs belanja online di tanah air disebut – sebut pada tahun 2016 telah mencapai 24,47 juta orang, dan selama setahun terakhir para pengguna tersebut telah menghabiskan uang sebesar Rp 74,6 Triliun untuk berbelanja di e-commerce atau dengan kata lain sekitar Rp 3 juta pertahun dan transaksi pembayaran ini terjadi melalui e-banking.

Menurut managing director dari Google Indonesia, Tony Keusgen, Indonesia akan menjadi ekonomi digital terbesar di kawasan Asia Tenggara. Hal ini dilandasi oleh besarnya jumlah transaksi e-commerce. Sementara itu, peluang e-commerce Indonesia diperkirakan mencapai 52 persen dari peluang e-commerce di wilayah Asia Tenggara menjelang 2025, hal ini didorong oleh populasi kelas menengah yang besar serta peningkatan akses ke internet.

Kemunculan E-commerce memberi dampak besar bagi perekonomian Indonesia. E-commerce memberi peluang yang sama kepada semua orang untuk memulai bisnis tanpa ada halangan. Sektor Ekonomi baru ini di harapkan akan meningkatkan perekonomian Indonesia di karenakan E- Commerce tidak memandang ruang dan waktu untuk melakukan transaksi. Semua orang bisa melakukan transaksi pada pagi hari, siang hari, serta malam hari dan bisa melakukan transaksi di manapun tempatnya.

Dikutip dari BPS(Badan Pusat Statistik) jumlah usaha e-commerce sampai tahun 2016 ada 26,2 juta usaha, jumlah tersebut diperkirakan akan terus meningkat setiap tahunnya. Aliran uang akan menjadi lebih banyak, entrepreneur semakin kuat, dan meningkatkan kemakmuran masyarakat seiring dengan berkembangnya E-Commerce.

Sumber:

http://tekno.kompas.com/read/2016/10/24/15064727/2016.pengguna.internet.di.indonesia.capai.132.juta.

Alexa.com/topsites/countries/id

https://id.techinasia.com/pertumbuhan-pengguna-internet-di-indonesia-tahun-2016

http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2016/08/26/053134926/google.indonesia.akan.kuasai.asia.tenggara.dengan.ekonomi.digital