Analisis SWOT Pada PT. Putri Arum Trans
Strength (S) | Weakness (W) | ||
|
|
||
Opportunity (O) | Threat (T) | ||
|
1. Permasalahan dalam perjalanan
2. Infrastruktur yang masih kurang memadai di Daerah 3. Kompetitor Baru 4. Kenaikan Bahan Bakar 5. Peraturan Pemerintah 6. Pergeseran Selera Konsumen 7. Penggunaan Transportasi Lain 8. Pihak ketiga |
||
S1 S2 O1 O5
Dengan adanya destinasi baru akan membuka peluang kerjasama baru dilengkapi dengan fasilitas yang lengkap serta harga yang kompetitif. (market development)
S7 S10 O8 Paket wisata yang telah disediakan mencakup berbagai wisata yang beragam di wilayah Indonesia faktor tersebut di dukung oleh armada bus yang mampu menempuh perjalanannya. (market development)
S7 T3 Menyediakan bus yang berfariasi ukurannya guna dapat melalui perjalanan yang akses jalannya sulit. (product development)
S4 S5 T5 T6 Dengan adanya dukungan pemerintah serta didukung dengan kestabilan bahan bakar akan berdampak baik pada jumlah konsumen yang menyewa dikarenakan harga yang relatif murah. (forward integration) |
W3 W7 O2
Dengan promosi yang tepat maka akan menarik para calon konsumen datang langsung ke pool bus guna meninjau kondisi bus yang akan di gunakan dalam perjalanan, hal ini dapat berlangsung karena adanya kesadaran pemerintah untuk mengelolahnya. (market development) W4 O3 O6 Dengan para tour leader yang sudah terlatih maka akan dengan baik memperkenalakan destinasi baru bagi para konsumen yang ini akan membuat konsumen menjadi loyal perusahaan . (product development) W1 W8 T3 Dengan memperbaharui website lebih informatif serta meningkatkan jumlah armada maka dapat bersaing dengan para kompetitor baru . (market development) W5 T7 Mengatur struktur organisasi dengan baik guna mempermudahkan proses oprasional dan mempercepat proses pelayanan. (backward integration) |
- Pengembangan pasar
- Strategi SO
- S1 S2 O1 O5
Dapat terus meningkat segala pelayanan guna mempertahankan selera dan keinginan konsumen sehingga perusahaan mendapatkan loyalitas dari para konsumen.
- S7 S10 O8
Untuk meningkatkan kepuasan pelanggan, maka perlu diadakannya evaluasi pelayanan secara berkala.
- Strategi WT
- W1 W8 T3
Dengan memperbaharui website lebih informatif dan meningkatkan jumlah armada Membangun kerjasama dengan pemasuk bahan bakar guna mendapatkan informasi keungan dengan lebih jelas.
- Strategi WO
- W3 W7 02
Dengan promosi yang tepat maka akan menarik para calon konsumen datang langsung ke pool bus guna meninjau kondisi bus yang akan digunakan dalam perjalanan, hal ini dapat berlangsung karena adanya kesadaran pemerintah untuk mengelolahnya.
- Pengembangan produk
-
Strategi WO
- W4 O3 O6
Menambah jumlah armada guna dapat memenuhi permintaan yang ada ketika musim libur tiba.
- Strategi ST
- S7 T3
Menyediakan bus yang berfasiasi ukurannya guna dapat melalui perjalanan yang akses jalannya sulit.
- Integrasi ke depan
- Strategi ST
- S4 S5 T5 T6
Dengan adanya dukungan pemerintah serta didukung dengan kestabilan bahan bakar akan berdampak baik pada jumlah konsumen yang menyewa di karenakan harga yang relatif murah.
- Integrasi ke belakang
- Strategi WT
a. W5 T7
Mengatur struktur organisasi dengan baik guna mempermudahkan proses oprasional dan mempercepat proses pelayanan.