PREFERENSI PROUK DAN JASA WEDDING ORGANIZER DI KOTA BLITAR
By: Wilyan Adiasari, SE (Student of nternational Marketing)
Berdasarkan hasil penelitian yang telah di lakukan. Pasar Wedding Organizer terbagi atas 3 segmentasi. Adapaun segmentasi tersebut adalah Wedding dream couple, No Idea at All Couple, dan Smart Couple seperti yang telah di ulas dalam artikel sebelumnya. Segmentasi terbentuk akbibat perbedaan karakteristik yang di lihat dari segi demographic dan behavioral.
Setelah di teliti lebih lanjut, ternyata masing-masing segmentasi tersebut memiliki perberdaan dalam hal pilihan produk dan jasa dari Wedding Organizer. Pada dasarnya Wedding Organizer merupakan sebuah bisnis yang menyediakan jasa untuk membantu menyelenggarakan pesta pernikahan mulai dari perencanaan hingga pelaksanaan pesta pernikahan tersebut. Akan tetapi pada kenyataannya, pasar Wedding Organizer di Kota Blitar memiliki anggapan bahwa Wedding Organinzer tidak hanya menyediakan jasa tapi juga produk seperti souvenir pernikahan, catering, make up & wadrobe, dll. Hal tersebut dimungkinkan karena, para pemain industry Wedding Organizer di Kota Blitar dengan mudah menyebut bahwa mereka adalah sebuah Wedding Organizer padahal sebenarnya mereka hanya menyediakan salah satu atau beberapa produk seperti catering, dekorasi, ataupun make up & wadrobe saja.
Untuk masing-masing segmentasi di Kota Blitar memiliki kebutuhannya sendiri terkait produk dan jasa tersebut. Preferensi Wedding Dream Couple terkait produk antara lain: portofolio produk, make up & wadrobe, dan catering. Terkait jasa antara lain: kualitas pelayanan, waktu konsultasi, dan portofolio pelayanan. Preferensi No Idea at All Couple terkait produk antara lain: portofolio produk, dokumentasi, dan catering. Dalam hal jasa preferensi mereka adalah kualitas pelayanan, kontrak pelayanan dan portofolio pelayanan. Untuk segmen Smart Couple, terkait preferensi produk mereka cenderung memilih: standarisasi produk, make up & wadrobe, dan catering. Terkati preferensi jasa, mereka memilih kualitas pelayanan, waktu konsultasi dan portofolio peleyanan. Nah, kita-kira apakah anda memiliki preferensi produk dan saja Wedding Organizer yang sama dengan warga di Kota Blitar?
#marketingisntallaboutselling #imarkethink