APAKAH ACE HARDWARE SIAP MEMASUKI OMNICHANNEL ENVIRONMENT?

By: Sharon Laurensia Gunawan (Student of Global Business Marketing)

Ace hardware merupakan perusahaan yang bergerak dalam ritel perabot rumah tangga dan perkakas Amerika serikat. Sehingga kita bisa tau bahwa Ace hardware corporation ini pertama kali beroperasi dan berasal dari Oak Brook, Illinois, Amerika serikat. Perusahaan Ace hardware ini pertama kali didirikan tahun 1924 dengan nama “Ace stores” yang kemudian berubah menjadi “Ace hardware corporation” pada tahun 1931. Dalam perjalanannya sendiri, Ace hardware semakin berkembang dalam dunia ritel sehingga per 2016, Ace hardware berhasil mengoperasikan 17 pusat distribusi di Amerika serikat dan tambahan fasilitas distribusi di Tiongkok, Panama, dan Uni emirat arab. Selain daripada memperbanyak pusat distribusi di Amerika serikat saja, Ace hardware mulai berkembang sampai ke pelosok dunia dan hadir di berbagai negara termasuk di Indonesia.

Di Indonesia sendiri Ace hardware (PT Ace hardware Indonesia tbk) dimiliki Grup kawan lama sejahtera dan didirikan pertama kali pada tahun 1995 sebagai entitas anak dari PT kawan lama sejahtera. Ace hardware atau juga dikenal dengan sebutan AHI sukses mendirikan gerai pertama mereka di tahun 1996 yang berbasis di karawaci, Tangerang, banten. AHI atau Ace hardware corporation mengoperasikan jaringan gerai modern dengan menyediakan produk-produk berkualitas selama lebih dari dua dekade ini. karena meningkatnya efisiensi perusahaan dalam pemasaran dan pendistribusian dalam bidang ritel, Ace hardware atau AHI dikenal sebagai one-stop shopping untuk produk-produk home improvement dan lifestyle berkualitas. Hal ini mengantar Ace hardware dalam pengembangannya perihal perluasan cabang-cabang diberbagai daerah sehingga tahun 2017, Ace hardware sudah memiliki 144 gerai Ace hardware dengan luas total mencapai lebih dari 317.600 meter persegi dan sudah tersebar di 36 kota di Indonesia.

Dalam komitmennya sendiri, Ace hardware ingin menjadi brand ritel yang mampu menawarkan produk terbaik bagi konsumen mereka dengan menyediakan layanan serta produk yang berkualitas. Ace hardware sendiri memiliki visi dan misi dalam keberlangsungan perusahaan mereka kedepannya yaitu untuk menjadi peritel terdepan di Indonesia untuk produk home improvement dan lifestyle (visi) serta menawarkan beragam produk berkualitas tinggi dengan harga bersaing dan didukung oleh layanan terpadu dari tim professional (misi).

Beberapa jenis-jenis produk berkualitas yang ditawarkan Ace hardware hadir memberikan solusi bagi anda terkhususnya dalam bidang perabot rumah tangga dan perkakas. Seperti Krisbow, Proclean, Delicia, Eglare, Hurom, Maximus, Nilfisk, Rubbermaid, Tatay, Smart Wax, Coido, Tactix, Carfit, Stefanplast, Passport, dan Soleil. Masing-masing daripada brand Ace hardware ini menyediakan berbagai macam solusi dan manfaat bagi konsumen perihal perabot rumah tangga dan perkakas dengan kualitas yang bisa dijamin.

Dalam perkembangan perusahaan Ace hardware sendiri, beberapa aktivitas dilakukan untuk membantu perusahaan dalam pengembangannya di dunia ritel. Perihal ini, saya menganalisa beberapa aktivitas yang dilakukan Ace hardware dilihat dari prinsip-prinsip ritel yang sudah ada sebelumnya yaitu Merchandise plans, Pricing strategy, Promotional strategy.

Sumber: https://www.idnfinancials.com/news/36865/ace-hardware-outlet-aeon-mall-sentul

Penerapan Merchandise Plans Ace Hardware

Pengertian merchandise plans sendiri merupakan keputusan atau perencanaan yang dirumuskan untuk mengusahakan agar produk atau jasa ada dan tersedia untuk konsumen, merupakan salah satu aktivitas jual beli juga, dan berhubungan juga dengan bagaimana cara mengatur dan menyusun layout, rak didalam toko, promosi, dan sebagainya dengan memperhatikan tiga pondasi dasar yang paling penting yaitu target market, institutional type, dan positioning.
Berkaitan dengan ini, Ace hardware melakukan beberapa perencanaan guna meningkatkan performa mereka seperti berikut.
– Meningkatkan atmosfer toko seperti memperbanyak lantai, memberikan jarak yang cukup antara produk satu dan lainnya, menciptakan suasana yang nyaman dengan music ataupun pencahayaan yang cukup di toko, menyusun produk semenarik mungkin untuk meningkatkan minat konsumen dengan menempatkan visual merchandising semenarik mungkin untuk dilihat.
– Ace menerapkan point of purchase dimana meletakkan produk-produk di spot tempat yang seringkali dilalui oleh pelanggan. Dan disini jika kita melihat ke toko Ace yang ada, banyak point of purchase yang diterapkan dalam peletakkan produk mereka.
– Ace juga terkenal dengan performa mereka dalam mengatur seasonal merchandise mereka dengan memberikan tim khusus untuk hal ini. seperti contohnya, mendekati libur lebaran yang panjang banyak dari konsumen yang mulai merencanakan berlibur bersama keluarga mereka. Dengan melihat kondisi ini, Ace mulai mengatur layout yang ada dengan berbagai macam produk yang cocok untuk travelling dll.
– Memperbanyak assortment mereka dengan tujuan untuk memberikan solusi bagi konsumen dengan memproduksi beberapa produk-produk yang berasal dari inovasi-inovasi seperti Shoe Space Saver Key way, Alat pel dan sapu 2in1 Pro clean, dll merupakan salah satu aktivitas yang dilakukan Ace dalam melakukan diferensiasi terhadap competitor yang lain.

Penerapan Pricing Strategy Ace Hardware

Pricing strategy dalam suatu perusahaan dilakukan untuk melihat secara keseluruhan hal-hal apa yang tepat diimplementasikan berdasarkan sales dan profit yang kita dapat. Perencanaan untuk membuat tujuan yang spesifik ini berguna untuk menghindari hal-hal yang berpotensi terjadi diman dapat mengakibatkan kerugian bagi perusahaan seperti contohnya penggunaan waktu yang sia-sia karena proses tawar menawar dengan harga yang tidak pasti.

Ace hardware termasuk dalam Cost-oriented pricing dimana Ace harus menetapkan harga yang sudah diikut sertakan dengan biaya-biaya yang dikeluarkan untuk produksinya seperti biaya operasional dan sebagainya karena merupakan barang jadi sehingga target konsumen daripada Ace sendiri merupakan konsumen dari kelas menengah ke atas yang menjadikan Ace lebih fokus kepada kualitas yang ingin diberikan untuk konsumennya sendiri (Market Skimming Pricing)

Walaupun begitu, Ace masih dapat menarik konsumen diluar target konsumen mereka dengan menerapkan strategi penetapan harga yang terkesan murah di impresi awal melalui price tag mereka. Contohnya, Proclean 2in1 ditetapkan dengan harga 299.000 dimana memberikan kesan kepada konsumen bahwa itu murah dengan melihat bahwa 299 masih dalam range 200an namun, jika kita renungkan lebih lagi 299 sudah termasuk dalam range 300 karena hanya berbeda 1.000 saja. Hal ini justru merangsang impulse buying untuk membeli produk tersebut.

Penerapan Promotional Strategy Ace Hardware

Promosi menjadi salah satu hal yang terpenting dalam keberlangsungan perusahaan kedepannya. Hal ini perlu dilakukan perencanaan dan strategi yang terstruktur untuk meningkatkan daya minat pembeli/konsumen terhadap produk kita. promosi juga membantu kita akan awareness terhadap produk dan brand kita maka banyak dari perusahaan yang berada dalam tahap early-stage banyak menghabiskan waktu dan biaya mereka di promosi.

Ace hardware melakukan berbagai aktivitas promosi seperti mengeluarkan program ‘Your everyday solutions’ yang terdiri dari beberapa kategori seperti Ride solutions, Cleaning solutions, dan Easy solutions dan melalui program ini, mereka menawarkan produk dengan harga spesial yang hanya bisa didapatkan di Ace. Ace juga banyak memberikan promo-promo melalui sales promotion mereka dengan menawarkan diskon seperti Up to 70%, buy 1 get 1, purchase with purchase (Pembelajaan minimal Rp1 juta, mendapat diskon 50% untuk penghisap debu merk Maximus). Ace juga memberikan layanan khusus berupa program member yaitu Ace Rewards dimana konsumen yang bergabung dapat mengumpulkan poin yang nantinya dapat ditukarkan dengan voucher belanja atau produk tertentu. Ace juga pernah melalukan personal selling dengan melakukan demo produk di depan toko.

Seberapa efektif Ace dalam membangun Omnichannel environment melalui penerapan mereka saat ini?

Jika dilihat dari perkembangan Ace sendiri terkhususnya yang berlokasi di Indonesia, sangat terlihat bahwa perusahaan Ace terus berinovasi dan memberikan yang terbaik dalam melakukan adaptasi tiap tahunnya di dunia ritel sehingga Ace pun dapat bertahan lebih dari dua dekade. Mereka terus berusaha untuk menjadi yang terdepan dengan terus meningkatkan performa mereka. Melalui hal ini, saya dapat simpulkan bahwa Ace sangat efektif dalam penerapannya. Hal ini juga dibuktikan dengan semakin luasnya environment yang dapat dijangkau Ace karena gerai tokonya tersebar luas di kota-kota Indonesia.

Namun, menurut saya dalam soal perkembangannya sebagai perusahaan yang Omnichannel, Ace masih belum terlalu efektif mengembangkan performa mereka di online. Selama ini, Ace hanya mengandalkan pembayaran mereka secara online melalui Ruparupa.com dan bekerjasama dengan berbagai E-commerce seperti Shopee, Tokopedia. jika mereka berinovasi lebih lagi dalam digital marketing untuk meningkatkan online channel mereka seperti membuat Ace app yang dapat didownload di devices apa saja (Andriod, Apple) misalnya, maka hal ini sangat amat membantu Ace dalam melakukan transaksi di rumah saja. Dengan kondisi offline channel dan brand awareness yang kuat dalam ritel environment, tentu hal ini akan memudahkan Ace dalam membangun Omnichannel environment mereka.

Daftar Referensi
https://corporate.acehardware.co.id/id/usaha-kami?page=1
https://corporate.acehardware.co.id/id/profil-perusahaan
https://www.acehardware.co.id/inspirations/lima-produk-ace-yang-mampu-menghemat-banyak-tempat
https://industri.kontan.co.id/news/ace-hardware-aces-hadirkan-produk-yang-lebih-inovatif
https://artikel.rumah123.com/suka-belanja-di-ace-hardware-sekarang-ada-ace-xpress-lho-44879
https://katadata.co.id/berita/2018/04/12/siasat-ace-hardware-memacu-keuntungan-di-2018
https://investasi.kontan.co.id/news/tingkatkan-penjualan-online-ace-hardware-indonesia-aces-optimalkan-ruparupacom
https://investasi.kontan.co.id/news/ace-hardware-indonesia-aces-mendiversifikasi-produk