Strategi Ritel Kosmetik Terbesar dan Terlengkap di Indonesia

By: Jennifer Octavia (Student of Global Business Marketing)

 

https://www.liputan6.com/fashion-beauty/read/2371451/keajaiban-cantik-dalam-sociolla-box

Sociolla merupakan brand e-commerce (retail) yang bergerak dibidang kecantikan. Sociolla memiliki identitas sebagai brand retail terbesar dan terlengkap yang khusus menjual produk kecantikan di Indonesia secara online. Sociolla awalnya memulai bisnis mereka pertama kali pada tahun 2015 secara online, yaitu lewat website dan aplikasi yang mereka miliki. Kemudian, pada tahun 2019, Sociolla mengembangkan bisnisnya ke Online to Offline (O2O) dengan membentuk. Brand yang berada di bawah naungan Social Bella ini, mengembangkan bisnisnya dengan mendirikan toko offline yang bernama Sociolla Store. Tujuan didirikannya toko offline tersebut adalah untuk meningkatkan pengalaman belanja produk kecantikan pelanggan. Dimana pengalaman ini merupakan pengalaman yang baru dan berbeda dengan lainnya. Sociolla menghadirkan pengalaman belanja dimana toko online dan toko offline saling berintegrasi. Sociolla ingin memastikan bahwa pengalaman belanja pelanggan menjadi semakin mudah, praktis, dan menyenangkan.

Assortment Merchandise dalam Sociolla

Tipe merchandise plan yang dimiliki oleh Sociolla adalah assortment merchandise. Assortment merchandise merupakan  proses atau rencana untuk menentukan apa dan berapa banyak produk yang harus dimiliki pada setiap kategori. Dalam assortment plan, suatu retail terbagi berdasarkan aspek yang dimiliki yaitu mulai dari wide dan deep sampai ke narrow dan shallow. Dalam melakukan assortment plan,  Sociolla memiliki assortment planning width dan depth. Pada aspek width, Sociolla memiliki berbagai variasi kategori produk yang ditawarkan kepada pelanggan. Variasi kategori produk yang dimiliki oleh Sociolla diantaranya makeup, skincare, hair care, bath & body, accessories, fragnance, gift set, dan produk untuk men. Dalam variasi kategori tersebut, Sociolla kemudian membagi produk mereka  lagi berdasakan tiap pilihan produk dimana hal tersebut disebut sebagai aspek depth. Pembagian dari variasi kategori tersebut misalnya dalam kategori makeup, Sociolla membagi produk yang ditawarkannya ke dalam berbagai pilhan lagi seperti produk makeup untuk face, eyebrows, eyes, lips, dan body. Setiap variasi kategori Sociolla, variasi tersebut dibagi kembali sehingga pelanggan dapat dengan mudah mencari produk yang diinginkan. Selain itu, dengan assortment planning wide dan deep, Sociolla memiliki beberapa keuntungan. Keuntungan tersebut diantaranya memiliki pasar yang luas, produk beragam, tingkat kunjung kosumen tinggi, one-stop shopping dan kepuasan konsumen. Dengan memiliki variasi kategori produk yang luas, otomatis target pasar yang dimiliki pun semakin banyak karena Sociolla tidak hanya terfokus pada satu kelompok saja. Selain itu, karena variasi kategori produk dan pilihan produk yang banyak, otomatis produk yang ditawarkan pun sangat beragam. Produk yang sangat beragam tersebut menciptakan banyaknya peluang pelanggan untuk mengunjungi dan membeli  produk di Sociolla. Salah satu behavior umum yang dimiliki oleh pelanggan adalah ingin mendapatkan produk secara praktis, mudah, dan cepat. Dengan ditawarkannya berbagai variasi produk dalam satu situs atau tempat, tentunya hal tersebut mempermudah pelanggan dalam melakukan pembelian. Pelanggan dapat melakukan one-stop shopping dimana pelanggan dapat membeli berbagai variasi produk yang diinginkan dengan mudah dan praktis. Dengan one-stop shopping, pelanggan tidak perlu berpindah tempat atau lokasi untuk melakukan pembelian. Pelanggan dapat membeli berbagai variasi produk dengan satu kali transaksi di tempat yang satu dan sama. Oleh sebab itu one-stop shopping sangat membantu dan mempermudah pelanggan sehingga konsumen dapat merasakan kepuasan dalam berbelanja.

 

Pricing Strategy Sociolla

Pricing strategy yang dimiliki oleh Sociolla adalah cost-oriented pricing. Cost-oriented pricing merupakan metode penetapan harga jual dengan berorientasi pada biaya dan harga markup. Penetapan harga dengan cost-oriented pricing biasanya dilakukan menambahkan biaya barang per unit, biaya operasi retail, dan laba yang diinginkan. Beberapa metode penetapan harga yang dilakukan diantaranya metode cost plus pricing, mark up pricing,  keseimbangan permintaan dan suplai, kekuatas pasar, dan keseimbangan suplai dan permintaan. Metode-metode penetapan harga tersebut dilakukan oleh Sociolla dalam menetapkan harga untuk produk yang ditawarkannya. Misalnya Sociolla menetapkan harga untuk sebuah produk parfum sebesar Rp.500.000 dengan pertimbangan harga beli dan mark up. Dengan memberikan harga jual diatas, Sociolla dapat sewaktu-waktu melakukan promosi dengan memberikan diskon tanpa rugi. Karena harga jual yang telah diberikan sebelumnya merupakan harga yang sudah dilebihkan dari harga beli. Selain itu, jika adanya kenaikan harga beli pada produk, pelanggan tidak akan kaget pada kenaikan harga yang terjadi. Dengan menggunakan cost-oriented pricing, perusahaan juga dapat menyesuaikan harga dengan permintaan dan segmen pelanggan. Selain itu, mark up juga efisien jika mempertimbangkan persaingan, faktor musiman dan seluk beluk dalam menjual beberapa produk.

Promotional strategy yang dilakukan Sociolla

Sebagai usaha retail, promosi yang dilakukan oleh Sociolla mencakup komunikasi yang menginformasikan, membujuk dan mengingatkan target pasar tentang perusahaan. Promosi yang dilakukan oleh Sociolla diantaranya advertising, public relations, personal selling dan sales promotion. Dalam promosi advertising, Sociolla melakukan iklan digital, direct mail, radio, magazines, dan flyer. Iklan yang seringkali dilakukan oleh Sociolla adalah iklan di website dan direct mail. Saat melakukan pendaftaran akun, Sociolla akan memberikan pilihan kepada pelanggan untuk dapat menerima promosi via direct mail secara berkala. Pelanggan yang memilih promosi tersebut akan menerima e-mail dari Sociolla mengenai promosi-promosi yang akan atau sedang berlangsung. Dengan e-mail tersebut, Sociolla mengingatkan dan memberikan informasi pada pelanggan mengenai informasi produk. Pada iklan digital, seringkali kita akan mendapatkan iklan sociolla setelah mencari suatu produk kecantikan di search engine. Iklan tersebut ditargetkan untuk orang-orang yang sedang mencari produk serupa yang dijual dalam situs Sociolla. Selain search engine, ada display ads juga merupakan iklan digital yang dilakukan oleh Sociolla. Kita akan menemukan gambar produk yang sedang dicari, dimana jika kita mengklik gambar tersebut kita akan langsung diarahkan ke website resmi Sociolla. Dalam promosi public relations, promosi yang dilakukan mencakup semua komunikasi yang dapat menumbuhkan citra brand. Dengan public relations, brand dapat meningkatkan awareness, citra, mencakup sumber kredibel dan tanpa biaya pesan. Pesan yang disampaikan biasanya jangka pendek dan dapat menyebabkan biaya non media. Public relations dapat memberikan respon tidak terduga, baik positif maupun negatif. Contoh promosi public relations yang telah dilakukan oleh Sociolla adalah mengadakan event Beauty Fit ‘n Fab Run pada tahun 2019. Beauty Fit ‘n Fab Run merupakan acara lari yang diadakan oleh Sociolla bersama Beauty Journal dan SoCo. Acara tersebut memadukan konsep health dan beauty dimana merupakan event yang baru pertama kali diadakan di Indonesia. Dengan mengadakan event tersebut, Sociolla meningkatkan hubungan dengan pelanggan, meningkatkan citra brandnya serta menciptakan penilaian yang baik di masyarakat dimana brand Sociolla ikut dan peduli terhadap pentingnya kesehatan dan kecantikan masyarakat Indonesia.

Selanjutnya, promosi yang dilakukan oleh Sociolla adalah personal selling. Personal selling biasanya dapat ditemukan pada toko offline Sociolla. Seorang staf dari Sociolla biasanya akan membantu pelanggan dalam mencari atau berkonsultasi mengenai produk yang diinginkan. Staf dari Sociolla sebagai personal selling memiliki fungsi untuk menyapa pelanggan, menentukan keinginan, menunjukkan barang dagangan, membuat presentasi penjualan, menunjukkan produk, menjawab keberatan, dan menutup penjualan. Dengan adanya staf yang membantu secara personal, peluang meningkatnya kepuasan pelanggan pun semakin besar. Hal ini dikarenakan pelanggan dapat mendapatkan informasi mengenai produk secara lengkap dan jelas. Sehingga tidak perlu lagi bingung atau kesulitan dalam memilih produk yang cocok untuknya. Kemudian, promosi yang dilakukan oleh Sociolla terakhir adalah sales promotion. Sociolla memberikan berbagai tipe discount voucher kepada pelanggannya lewat website atau aplikasi. Discount voucher yang diberikan merupakan discount atas kerja sama yang dilakukan dengan partner atau brand yang bekerja sama dengan Sociolla. Contoh dari discount voucher yang ditawarkan diantaranya discount SociollaxMandiri, DALAN D’OLIVE, Karis Cosmetics, dan lainnya. Promosi-promosi yang dilakukan oleh Sociolla tentunya memiliki satu tujuan utama yaitu untuk meningkatkan penjualan atau laba. Namun, promosi yang dilakukan juga bertujuan untuk meningkatkan awareness terhadap brand, membangun citra brand, dan mempererat hubungan dengan pelanggan.

 

Omnichannel Environment Sociolla

Merchandise plan, pricing strategy dan promotional strategy yang dimiliki oleh Sociolla sudah efektif dalam membantu brand dalam membangun omnichannel environment. Dengan stretagi-strategi diatas, sistem Online to Offline (O2O) yang dimiliki oleh Sociolla dapat berjalan dengan teratur dan terarah. Selain itu berdasarkan strategi diatas, sistem  yang dimiliki baik secara online maupun offline adalah sama dan serentak. Sehingga pelayanan yang diberikan pun akan sama karena memiliki satu tujuan utama untuk menjamin kepuasan pelanggan. Misalnya dalam personal selling yang dilakukan pada offline store, pelanggan dapat berkonsultasi secara langsung dengan staf mengenai produk. Begitu pula pada online store, konsultasi juga dapat dilakukan dengan professional lewat chat sehingga pertanyaan yang mungkin ada mengenai produk dapat langsung terjawab secara lengkap. Selain itu, fitur-fitur terintegrasi yang dimiliki oleh Sociolla untuk online dan offline storenya dapat menciptakan peningkatan kepuasan pelanggan. Fitur yang dimiliki diantaranya, pelanggan dapat mengscan produk secara langsung di aplikasi Sociolla untuk melihat review dari pelanggan lainnya berdasarkan tipe dan kondisi kulit, wajah atau tubuh. Fitur tersebut merupakan fitur penting bagi beberapa pengguna karena biasanya review menjadi salah satu faktor dalam pembelian. Beberapa pelanggan biasanya akan memastikan bahwa produk cocok dengan tipe kulit mereka lewat review-review sebelum akhirnya memutuskan untuk membeli produk. Dengan strategi-strategi yang dilakukan tersebut, Sociolla telah efektif dalam membantu membangun omnichannel environment.

 

 

DAFTAR REFERENSI

https://www.sociolla.com/

https://infokomputer.grid.id/read/121993958/aws-bantu-sociolla-hadirkan-pengalaman-pengguna-yang-terintegrasi

https://dailysocial.id/post/sociolla-online-shopping-platform

http://indonesia-retail-akademi.blogspot.com/2012/07/assortment-planning.html

https://ridwaniskandar.files.wordpress.com/2009/05/93-metode-penetapan-harga.pdf

https://journal.sociolla.com/bff-run