STRATEGY RETAILER BRAND (TRANSMART CARREFOUR)

By: Faradilla Melania Putri (Student of Global Business Marketing)

Carrefour merupakan perusahaan retail yang menjual suatu produk atau barang yang dapat dibeli secara eceran maupun satuan.Produknya tersebut langsung dijual kepada konsumen dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan pribadi konsumen ataupun akan dijual kembali oleh konsumen sebagai bahan produk lainnya.Banyak perusahaan perusahaan retail lainnya yang menjamur di Indonesia,Hal ini dikarenakan untuk mendapatkan laba yang lebih besar ketika menjual ulang barang produksi secara langsung.di era globalisasi saat ini sudah banyak penjual yang membuat business retail secara online.guna untuk mempermudah konsumen mendapatkan yang diinginkan ketika berada dirumah saja.

Carrefour sendiri memiliki total gerai 15.000 dengan karyawan sekitar 700.000 di seluruh dunia.carrefour merupakan perusahaan retail terbesar kedua setelah Walmart.carrefour merupakan toko retail yang serba ada dan lengkap yang disenangin oleh konsumen.carrefour di Indonesia sekarang merubah Namanya menjadi Transmart.perubahan yang dilakukan oleh Transmart dengan membangun infrastruktur serta konsep dan isi dengan mengusung tema “ One stop shopping” yang mengolaborasikan tempat perbelanjaan,hiburan,food,dan fashion.Perubahan ini banyak mendapatkan antusias oleh masyarakat Indonesia.Transmart memiliki konsep 4 in 1 yang membedakan dari perusahaan perusahaan retail lainnya.selain berbelanja kebutuhan ,konsumen juga mendapatkan tempat rekreasi yang dapat dikunjungi oleh keluarga.Wahana wahana yang dibangun oleh transmart dapat dimainkan oleh anak anak hingga dewasa.

Pemasaran yang dilakukan oleh transmart sendiri sangatlah gencar dengan melibatkan promosi yang dapat menarik konsumen.pemasaran yang dilakukan dapat berupa promosi penjualan,periklanan,publisitas umum,dan penjualan pribadi.pemasaran melalui media iklan merupakan pemasaran yang paling efektif dengan menggunakan periklanan persuasif yaitu membujuk konsumen dengan cara memberikan suatu informasi yang jelas kepada konsumen terhadap barang atau produk yang ada dipasaran.iklan yang digunakan oleh transmart untuk meningkatkan loyalitas konsumen dengan cara menggambarkan situasi kenyamanan berbelanja dengan konsep yang modern dan berkelas.transmart berfokus pada semua segmentasi dari kalangan anak anak hingga dewasa.pelayanan yang ditawarkan oleh transmart pun menjadi daya Tarik konsumen untuk memilih kebutuhan dan keinginannya masing masing.

Transmart juga menyediakan restaurant dan bioskop yang merupakan inovasi yang dikembangkan oleh transmart dengan bekerjasama dengan perusahaan perusahaan yang bersangkutan.tujuan ini bermaksud untuk meningkatkan daya Tarik konsumen dan meningkatkan kualitas layanan untuk berbelanja di transmart,sehingga konsumen dapat menikmati dan nyaman ketika ingin berbelanja di transmart.dengan adanya tempat rekreasi tersebut dapat memperlama waktu kunjungan konsumen dan memperbanyak jumlah konsumen.dampak tersebut dapat menghasilkan peningkatan nilai terhadap transmart dan merchant merchant yang menyewa/membeli di transmart.

1.Bagaimana Transmart Carrefour menerapkan merchandise plan ?

Transmart Carrefour menetapkan tingkat persediaan yang diperlukan dalam menjalankan operasional hariannya.Carrefour sendiri menggunakan sistem Cross dock yang bersifat just in time,sehingga persediaan barang terbatas,karena fungsi Gudang sendiri untuk meredistribusi produk.Transmart carrefour menggunakan perangkat lunak Infolog yaitu sebagai sebuah cross functional inter-enterprise system.munculnya distribution center sebagai pusat penerimaan barang dari seluruh pemasok.pemasok akan mengirimkan barang ke distribution center transmart,dan transmart akan mengirimkan kemasing masing gerai yang mereka punya dengan jumlah unit yang dibutuhkan.

Transmart memberikan store atmosphere kepada konsumennya dengan respon emosi yang menyenangkan ketika mengunjungi transmart.transmart carrefour menjadikan store atmosphere sebagai tools untuk mendorong emotional response kepada konsumen.tata letak yang dibuat oleh transmart juga memiliki arti yaitu penataan memperhitungkan faktor sifat barang,tingkat kebutuhan,dan kebiasaan berbelanja konsumen.Makanan segar diletakkan di dekat kasir karena daging makanan segar harus langsung dibawa pulang.transmart carrefour juga membuat sirkulasi toko untuk menunjukkan arah Kepada consumen, untuk mempermudah konsumen dalam mencari kebutuhannya.pengaturan tata letak toko dengan mempertimbangan keterkaitan antara satu dengan lainnya.contoh satu Lorong adalah tempat kebutuhan bayi,Lorong sebelah tempat mie,dll.hal itu mempermudah konsumen dalam menemukan suatu barang.transmart carrefour juga mempunyai display atau tester untuk dicoba terlebih dahulu,seperti produk sabun,deterjen,dan roti.hal ini dapat membuat konsumen mencari produk sesuai dengan keinginananya.Transmart carrefour juga memberikan papan petunjuk arah/petunjuk produk sehingga konsumen mengetahui lokasi lokasi produk.transmart carrefour juga memberikan informasi yang jelas terkait dengan merek,harga,dan ukuran yang disusun melalui ukuran terkecil hingga terbesar dengan berbagai warna pilihan sehingga dapat mempermudah konsumen dalam mencocokan seleranya.dibeberapa Lorong ada yang menjadi daya Tarik konsumen seperti dilorong beras yang mempunyai dekorasi dekorasi yang berbeda dari Lorong Lorong sebelumnya.di tempat fashion ada beberapa contoh patung pemakaian baju atau celana ,guna untuk meningkatkan citra toko,mengedukasi konsumen dan mendorong penjualan dengan menunjukkan contoh pemakaian.transmart carrefour juga memperhatikan terkait dengan kombinasi warna,pencahayaan sorotan toko yang merata terhadap produk sehingga konsumen dapat melihat jelas jenis produk.

Transmart Carrefour  sangat memperhatikan store atmosphere tokonya contoh pada tata letak (layout), produk-produk yang di tampilkan (display product), dan selalu memberikan pelanggan dengan musik yang enak didengar, penglihatan pencahayaan yang baik,serta warna dan juga keleluasaan konsumen dalam berbelanja juga sangat mempengaruhi keputusan pembelian konsumen.

Kelebihan berbelanja di transmart carrefour adalah berbelanja dengan nyaman ada ac,dan berkonsep 4 in 1 serta barang yang ditawarkan bervariasi

 

Bagaimana Transmart Carrefour menerapkan pricing strategy?

Transmart Carrefour memiliki segmen yang luas ,mulai dari menegah kebawah sampai menengah keatas.setiap minggu transmart mengalami perubahan harga yang disebabkan oleh fluktuasi harga jual produk dan fluktuasi harga jual competitor.Transmart carrefour memiliki produk top 5 dan top 3 dari tiap tiap produk sesuai kategorinya.hal ini dilakukan agar memberikan produk yang terkini kepada konsumen ,produk yang up to date/terbaru,dan produk yang memimpin pasar serta disukai oleh konsumen.carrefour juga menawarkan harga yang murah dan kualitas yang bagus bagi produk private label(carrefour).hal tersebut dapat menyikap strategi persaingan harga dari produk produk lainnya.Jika terjadi perubahan harga disebabkan adanya value added dari produk yang sedang berinovasi dilakukan oleh perusahaan dengan mempertimbangkan profit taking.kesepahaman dengan supplier merupakan hal yang penting jika terjadinya kenaikan harga,produk yang mengalami kenaikan harga menjadi produk dengan harga yang terbaik di kategorinya dan transmart carrefour secara cepat memiliki perputaran displaynya.agar perputaran cepat,transmart carrefourr memberikan value added kepada konsumen dengan cara memberikan promo berkala dengan bekerjasama dengan. Supplier.dengan fasilitas fasilitas dan fitur fitur yang diberikan oleh transmart merupakan harga yang sesuai dengan penjualan produk atau barang.transmart carrefour juga menawarkan bundle produk yang dapat dibeli dengan harga yang murah dari total masing masing item.strategi yang digunakan oleh transmart carrefour adalah strategi harga yang kompetitif dilihat dari harga Pesaingnya.transmart carrefour juga memiliki kampanye “harga rendah setiap hari” yang artinya  strategi yang menjanjikan konsumen harga rendah tanpa perlu menunggu promosi atau perbandingan belanja dengan toko kompetiror.

Bagaimana Transmart carrefour menerapkan Promotional Strategy?

Transmart carrefour memiliki strategi promosi dengan bekerjasama dengan bank Mega yaitu mendapatkan diskon 10% untuk semua produk/barang dengan menggunakan kartu kredit bank mega dan dengan menggunakan kartu debit bank mega diskon 5%.hal ini dapat menguntungkan 2 belah pihak,dapat menjadi daya Tarik untuk meningkatkan loyalitas konsumen serta bagi bank mega mengalami peningkatan pembukaan rekening di bank tersebut.

Transmart Carrefour memiliki katalog produk yang menjelaskan produk yang promo dan diskon serta transmart carrefour memiliki spanduk,papan reklame yang mempromosikan produk yang baru dan yang diskon.hal tersebut dapat menjadi daya Tarik konsumen ketika melewati jalan depan transmart.

Di beberapa transmart ada yang memberikan parkir gratis bagi mobil ketika belanja minimal Rp 300.000 serta bagi motor belanja minimal Rp 100.000.Hal ini dapat membuat konsumen dapat berbelanja lebih lama dan menikmati fasilitas fasilitas yang disediakan oleh transmart carrefour.dengan adanya parkir gratis ,konsumen dapat merencanakan belanja dengan nominal tersebut.

Transmart Carrefour juga bekerjasama dengan supplier terkait dengan promosi produk.dengan cara Buy 1 get 1,Buy 2 get 1,dan diskon produk lainnya.hal ini dapat menjadikan konsumen impulsive buying.tidak merencakan pembelian tetapi ketika melihat diskon produk akan terggiur untuk membeli produk tersebut.

Promosi yang dilakukan oleh transmart carrefour adalah dengan menggunakan media elektronik atau media cetak seperti koran.Promosi produk terbaru biasanya di transmart menggunakan stand dan pada produk makanan akan dibuatkan makanan terlebih dahulu dan secara gratis dapat dicicipi oleh konsumen.hal ini akan mengundang konsumen untuk membeli produk yang ditawarkan.

 

Apakah semua yang telah dilakukan transmart carrefour tersebut sudah efektif untuk bisa membantu brand tersebut dalam membangun omnichannel environment?

Pada tahun 2011 transmart carrefour mempunyai website untuk pemesanan secara online,lalu pesanan akan disiapkan oleh petugas,lalu pelanggan datang ke gerai dan melakukan pembayaran.order melalui website ini membranding dengan kata “click and drive”.respon yang ditanggapi oleh konsumen tidak berjalan dengan lancer. sistem masih terbilang merepotkan karena konsumen masi harus datang ke toko secara langsung.dan akhirnya sistem ini diberhentikan.

Saat ini transmart carrefour menjalin kerjasama dengan e-commerce seperti blibli,happyfresh,dan honestbee.sehingga pelanggan dapat membeli produk secara online melalu aplikasi e-commerce tersebut.

Saat ini transmart carrefour sudah mulai masuk kedalam omni channel.merubah sistem pembelanjaan secara offline to online.dengan adanya marketplace, konsumen dapat membeli produk yang diperlukan dengan hanya menggunakan teknologi seperti handphone.transmart carrefour selalu meningkatkan interaktif secara online,seperti melengkapi kelengkapan produk yang dicari customer.

Menurut saya dari pihak perusahaan sudah siap untuk mengembangkan penjualan menjadi omnichannel.tetapi dari sisi konsumen dan mindset konsumen,transmart carrefour merupakan toko fisik.konsumen menganggap bahwa datang langsung ke toko fisik merupakan kegiatan special Bersama keluarga dan dapat menjadi quality time bersama keluarga.Karena transmart merupakan toko yang lengkap dengan berbagai wahana,food,fashion,dll.konsumen juga lebih puas melihat promosi dengan cara datang langsung ke toko fisik dan mencoba produk yang diinginkan.

Dengan meningkatnya tren berbelanja online di era teknologi ini,tidak menggeser dominasi pembelanjaan secara offline.karena konsumen menganggap bahwa transmart carrefour merupakan toko fisik dan sebagai tempat rekreasi bagi keluarga.

 

REFERENCES

https://mix.co.id/headline/strategi-pengaturan-tata-letak-toko/

https://marketing.co.id/di-carrefour-setiap-minggu-harga-bisa-berubah/

https://id.123dok.com/document/ky6wg15z-pengaruh-promosi-penjualan-dan-suasana-toko-terhadap-keputusan-pembelian-produk-di-transmart-carrefour-medan-fair.html

https://mix.co.id/marcomm/transmart-shopper-tetap-merasa-perlu-datang-ke-gerai/

http://digilib.uinsgd.ac.id/5725/12/4_bab1.pdf

https://fadlanurfadilah02.blogspot.com/2019/09/makalah-analisis-carrefour-4-manajemen.html

https://www.slideshare.net/adenthoriq/analisis-perusahaan

https://industri.kontan.co.id/news/ini-strategi-transmart-di-tengah-persaingan-ritel

https://www.beritasatu.com/ekonomi/239379-2019-carrefour-ganti-nama-jadi-transmart#:~:text=Tangerang%20-%20PT%20Trans%20Retail%20Indonesia,rampung%20keseluruhan%20pada%20tahun%202019.