Seberapa Penting Marketing Untuk Para Konsumen?
By: Tamara Salsabila Dwihani (Student of Global Business Marketing)
Bagaimana seseorang memasarkan bisnisnya menentukan apakah perusahaan itu akan berhasil atau tidak. Marketing adalah alat yang digunakan untuk menciptakan dan mempertahankan reputasi, relevasi, demand, persaingan, dan lainnya. Tanpanya, bisnis kemungkinan besar akan tutup karena kurangnya penjualan. Tahukah kamu apa yang diinginkan pelanggan? Apakah menurut kamu pelanggan mempercayai produkmu? Kapan terakhir kali kamu melihat pelanggan membicarakan tentang produk atau layananmu? Apakah itu berisikan pujian atau mungkin malah berupa keluhan? Jawaban atas semua pertanyaan tersebut terletak pada pemasaran atau marketing. Berikut adalah alasan singkat mengapa marketing sangat penting untuk para konsumen.
Bisnis perlu membangun hubungan kepercayaan dengan pelanggan mereka. Bagaimana marketing membangun hubungan ini? Segmentasi yang dilakukan saat menysusun strategi marketing akan membantu bisnis memenuhi kebutuhan pelanggannya sehingga mendapatkan kepercayaan mereka. Ini membuat pelanggan menjadi loyal. Pelanggan yang loyal akan memiliki keyakinan tersendiri untuk membeli lebih banyak produk dari suatu perusahaan. Kepercayaan antara perusahaan dan pelanggannya membuat aktivitas komersial menjadi lebih bermanfaat.
Marketing memberi informasi bagi para pelanggan mengenai produk atau layanan yang ditawarkan kepada mereka. Melalui marketing, pelanggan akan mengetahui tentang value produk, kegunaannya, dan keterangan tambahan yang mungkin berguna bagi pelanggan. Hal ini menciptakan brand awareness dan membuat suatu brand akan menonjol. Persaingan ketat di pasar mengakibatkan para pemilik bisnis harus selalu aktif bersuara untuk meyakinkan pelanggan. Melalui komunikasi, marketing membantu suatu brand menjadi market leader.
Setiap bisnis pastinya akan menghadapi masalah seperti kapan, untuk apa dan siapa, serta berapa banyak yang harus diproduksi. Proses yang rumit dan cukup monoton, tetapi akan menentukan kelangsungan suatu bisnis. Dapat dikatakan bisnis sangat bergantung pada mekanisme marketing untuk membuat keputusan ini. Mengapa kamu harus mengandalkan mekanisme marketing? Mekanisme ini berfungsi sebagai penghubung yang handal antara bisnis dengan masyarakat luas. Marketing akan memupuk pikiran, mengajak publik, dan meyakinkan mereka untuk membeli produknya.
References
Mansoor, H. (2019). 9 Reasons Why You Really Do Need Marketing. Retrieved from https://www.business2community.com/marketing/why-is-marketing-important-9-reasons-why-you-really-do-need-it-02186221