SEM & SEO, Apa Definisi dan manfaatnya?

Oleh: Riviera Limawal (Student of Global Business Marketing Program)

Menjadi seorang Social Media Specialist mengajarkan saya banyak hal, dimulai dari pentingnya media sosial di dunia pemasaran, SEM, SEO, cara mengatur Online Ads, dan sebagainya. Di artikel ini, saya akan fokus menjelaskan mengenai SEM & SEO dan juga keunggulan mereka dari yang telah saya pelajari selama menjadi intern.

Mungkin untuk para pebisnis dan yang berkerja di bidang Digital Marketing, SEO dan SEM sudah familiar, namun, istilah-istilah ini belum biasa di dengar oleh orang awam. Mari kita bedah arti dari istilah-istilah tersebut, perbedaannya dan manfaatnya juga.

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization yang berarti proses optimasi terhadap website beserta segala aspeknya (konten, sistem, dll) agar peringkatnya bagus di mesin telusur seperti Google. SEO

adalah salah satu cara utama untuk mendapat lebih banyak pengunjung website dan dapat lebih banyak calon customer yang potensial. Nah, kalau SEM adalah singkatan dari Search Engine Marketing yang berarti bentuk pemasaran di internet melalui kegiatan promosi website dengan cara meningkatkan visibilitas website itu sendiri di halaman hasil pencarian mesin telusur semacam Google. Selain pengoptimalan bagi mesin telusur, SEM juga menyertakan penggunaan penelusuran berbayar sebagai komponen. SEO sebenarnya merupakan komponen dari kategori yang lebih besar yaitu SEM itu sendiri.

Jadi, perbedaan utama dari SEO & SEM adalah:

· SEO meningkatkan jumlah pengunjung website dengan membuat web itu muncul di peringkat tertinggi pada halaman hasil pencarian di mesin telusur.

· SEM adalah pemasaran melalui mesin pencari visibilitas web melalui hasil organik dan non-organik. Jadi SEM mencakup kegiatan SEO serta taktik/ strategi pemasaran di mesin pencarian yang lainnya.