Pengalaman Menjadi Intern WFH di Dewaweb

Oleh: Riviera Limawal (Student of Global Business Marketing Program)

Menjadi sebuah intern atau anak magang di sebuah perusahaan tidaklah mudah, namun memberikan pengalaman yang sangat menarik dan sangat membantu menambah ilmu. Saya telah menjadi intern di PT Dewaweb sebagai Social Media Specialist selama hampir 5 bulan, dan banyak sekali ilmu baru yang saya dapatkan dari pengalaman tersebut. Ilmu-ilmu tersebut menyangkut hal-hal seperti Social Media Marketing, Social Media Management, Digital Marketing, Online Business, SEO dan bahkan bidang-bidang yang tidak berhubungan dengan jurusan kuliah saya namun sangat menarik dan berguna seperti Cloud Hosting, Cyber Security, dan sebagainya.

Berkerja dengan sistem WFH bisa disebut sebuah tantangan, apalagi untuk saya yang belum pernah merasakan dunia perkantoran secara umum. Komunikasi yang dibatasi hanya melewati layar handphone atau PC membuat adaptasi cukup sulit untuk bulan pertama karena tidak bisa berbicara tatap muka dengan senior-senior saya yang memberi job desk, mempersulitkan penjelasan dan instruksi untuk pekerjaan yang harus saya lakukan. Namun, sekarang, memasuki bulan ke-5 saya menjadi intern, saya sudah merasa cukup nyaman dan terbiasa dengan rutinitas pekerjaan saya yaitu, Content Creation, Input Data Social Media Report, Admin Social Media, dan sebagainya.

Selain dari itu, saya juga mendapatkan kesempatan untuk menjadi host dari Youtube channel Dewaweb. Setiap seminggu sekali, saya datang ke kantor Dewaweb yang berlokasi di AKR Tower, dan melakukan kegiatan shooting disana. Dari yang awal nya sangat gugup depan kamera, hingga saya sekarang cukup percaya diri dalam melakukan aktifitas menjadi host video-video Youtube Dewaweb.

Begitulah pengalaman saya selama menjadi intern di Dewaweb, walaupun tidak seperti intern-intern sebelumnya dikarenakan masa pandemi ini, saya tetap merasa bersyukur dan beruntung untuk mendapatkan kesempatan ini dan menambah pengalaman baru saya di dunia pekerjaan.