Pengalaman Magang di Bank

Oleh: Evita Delta Penangsang (Student of Global Business Marketing Program)

Halo, perkenalkan saya Evita Delta Penangsang, mahasiswa Binus University jurusan International marketing yang sedang melakukan kegiatan magang di Jenius – PT. Bank BTPN Tbk. Sebagai Public Relation intern. PT Bank BTPN Tbk. atau yang biasa dikenal publik dengan nama Bank BTPN merupakan bank devisa hasil penggabungan usaha PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Tbk( BTPN) dan PT Bank Sumitomo Mitsui Indonesia( SMBCI). Bank BTPN melayani segmen mass market yang terdiri dari para pensiunan, pelaku usaha mikro, kecil, serta menengah( UMKM), komunitas prasejahtera produktif; segmen consuming class; dan segmen korporasi.

Di Bank BTPN, saya bekerja pada unit JENIUS, yaitu platform perbankan digital untuk segmen consuming class dan unit bidang usaha korporasi dimana para pemakainya dapat mengatur life finance dengan smartphone tanpa perlu pergi ke bank lagi seperti di jaman duu. Pada pekerjaan saya, saya memiliki kewajiban untuk menjalankan strategi untuk meningkatkan kesadaran merek dan reputasi positif Jenius dan Bank BTPN di mata media dan publik. Selama bekerja di Jenius, saya menemukan beberapa perbedaan mencolok antara Jenius dan Bank konvensional lainnya.

Lingkungan kerja dan pace kerja Jenius tidak sama seperti bank yang di mata masyarakat awam terkesan kaku. Bekerja di Jenius merupakan salah satu hal yang saya nikmati akhir akhir ini. Cara bekerja dan lingkungan kantornya terasa sangat ramah dan santai. Tidak ada senioritas sama sekali. Penyesuaian trend dan lingkungan kerja ini merupakan salah satu bentuk start up culture yang dianut oleh Jenius, yaitu berani berubah sesuai perkembangan jaman!