MENAWARKAN PRODUK PT. BERDIKARI CITA SEJAHTERA SAAT PANDEMI

Oleh: Daniel Chaniago (Student of Global Business Marketing Program)

Menawarkan suatu produk adalah bukan hal yang semudah dilihat, apalagi dalam keadaan yang saat ini saya alami yaitu Pandemi COVID-19 ini sangat mempengaruhi penjualan dan juga cara pemasaran yang saya kerjakan di kantor PT. Berdikari Cita Sejahtera. Dalam memasarkan produk yang biasanya bertemu dengan para klien berubah menjadi bertemu dengan klien dengan via online. Ini menjadikan sebuah tantangan yang baru untuk saya dalam menawarkan produk perusahaan ini yaitu Bio Solar dan penyewaan tempat usaha yang dimiliki oleh PT ini.

Saya menawarkan produk dengan cara yang sudah tidak lagi bertemu face to face, dengan mencari data perusahaan yang ada dari Google saya mencoba menyatatnya kembali lalu saya hubungi satu per satu perusahaan yang sudah saya catat datanya. Situasi saat pandemic ini membuat saya sedikit kesulitan dalam menawarkan BBM industry Bio solar. Banyak sekali perusahaan – perusahaan yang tadinya membeli bahan bakar di perusahaan tempat saya magang menjadi beralih ke perusahaan lain dan juga banyak yang mencari jenis bahan bakar lain seperti beralih ke tenaga listrik dan yang lainnya. Ini menjadikan ruang gerak saya dalam menawarkan produk juga terbatas.

Akan tetapi karna semua tantangan itu saya menjadi banyak belajar bagaimana cara untuk memasarkan suatu produk di tengah pandemic seperti sekarang ini, yang pastinya juga berguna untuk saya sebagai Marketer dikemudian harinya.