Tips-tips melaksanakan Internship Program

Oleh: Muhammad Damar Fadila (Student of Global Business Marketing Program)

Dari semua pengalaman yang saya dapatkan selama melaksanakan program internship, ada beberapa tips yang menurut saya penting untuk diketahui untuk memulai magang, yaitu pertama Mencari tahu tentang Perusahaan tempat Anda magang. Sebelum magang sebaiknya kita mencari semua informasi yang ada tentang perusahaan tersebut seperti apa produk yang perusahaan itu taawarkan, bagaimana lingkungan pekerjaan dikantor tersebut dan lain-lain sehingga nanti kita akan siap bekerja di perusahaan tersebut. Kita juga harus mengetahu Visi Misi Perusahaan agar bisa sejalan dengan kita. Yang kedua adalah Jangan malu untuk meminta saran dan arahan.

Di dalam dunia kerja, Komunikasi sangatlah penting sehingga tidak ada kesalahpamahan dalam mengerjakan tugas yang diberikan. Ketika Anda diberikan tugas yang anda kurang paham jangan takut untuk bertanya dan meminta penjelasan kepada supervisor. Dengan adanya komunikasi yang aktif akan meminum meminimalis terjadinya kesalahan dalam melaksanakan pekerjaan dan juga akan membuat lingkungan kerja yang lebih nyaman.

Tips yang terakhir adalah fokus dan selesaiakan kewajiban tepat waktu. Dalam masa Pandemi kita terpaksa bekerja dari rumah yang menghalangi fokus kita untuk melakukan pekerjaan. Saat berada di rumah pikiran kita mudah teralihkan ke banyak hal lain, sehingga seringkali tugas-tugas yang diberikan menjadi beban. Jangan membiasakan diri untuk melihat tugas ini berikan sebagai beban karena akan menimbulkan kebiasaan yang buruk yaitu menunda kewajiban. Ketika diberikan tugas atau pekerjaan sebaiknya segera diselesaikan sehingga tidak ada tugas yang menumpuk. Selalu fokus untuk menyelesaikan satu hal sebelum melakukan hal lainnya agar pikiran tidak kemana-mana.