Pengalaman Intership Program selama Pandemi

Oleh: Muhammad Damar Fadila (Student of Global Business Marketing Program)

Selama melakukan program magang di PT. Berdikari Citra Sejahtera saya ditempatkan dalam divisi marketing dan operasional. Pekerjaan yang diberikan kepada saya oleh atasan saya adalah untuk mengawasi dan mengatasi seluruh penjualan yang dilakukan oleh perusahaan. Saya diajarkan untuk melakukan penjualan kepada perusahaan-perusahaan besar. Biasanya penjualan dilakukan secara tatap muka, namun karena adanya Pandemi hal tersebut menjadi salah satu rintangan yang saya alami. Banyak perusahaan yang tidak lagi menerima perjanjian pertemuan sehingga menyulitkan saya untuk melakukan penjualan. Saya harus melakukan penjualan BBM Industri melalui telefon ataupun email agar penjualan tetap berjalan.

Bagi beberapa perusahaan yang masih menerima kunjungan saya dapat mendatangi langsung kantor mereka secara langsung. Menurut saya kunjungan itu yang paling berkesan bagi saya. Salah satu pengalaman yang paling berkesan selama melakukan program internship adalah ketika saya mendatangi pabrik-pabrik besar untuk melakukan penjualan BBM industri. Di sana saya dapat menawarkan dan menjelaskan spesifikasi produk BBM Industri secara langsung kepada calon pembeli sehingga penjualan dapat berjalan lancar. Dengan adanya pembelian, saya juga belajar membuat surat-surat penting seperti Surat Penawaran, Surat Pemesanan BBM ke Pertamina, dan Surat Perjanjian Kerjasama (MoU). Namun, pembelian BBM Industri selama pandemic ini tentunya menurun. Banyak perusahaan yang mengurangi jam operasional pabrik akibat penurunan produksi produk mereka sehingga BBM yang digunakan juga berkurang. Ini juga menjadi salah satu rintangan dan juga pengalaman dalam program magang di PT. Berdikari Citra Sejahtera.

Dari pengalaman tersebut saya jadi bisa tahu bagaimana susahnya kerja dari pagi hingga sore, namun juga dapat menumbuhkan skill dalam diri, dan tentunya tetap melaksanakan dengan protokol kesehatan.