Keseharian sebagai Intern di PT. Berdikari Cita Sejahtera

Oleh: Muhammad Damar Fadila (Student of Global Business Marketing Program)

Nama saya Muhammad Damar Fadila, saya adalah mahasiswa International Marketing, Binus University, Binusian 2022. Saat ini saya sedang menjalani semester 6 dimana saya mengambil program 3+1 internship. Pada program ini saya mendapatkan kesempatan untuk magang di salah satu perusahaan di Jakarta yaitu PT. Berdikari Cita Sejahtera. PT. Berdikari Cita Sejahtera adalah perusahaan yang bergerak di bidang transportir, bahan bakar minyak, Agen BBM industri Pertamina, serta pemilik dan pengelola Rest Area SPBU KM 42 di Karawang. Saya melaksanakan program ini dari 1 Maret sampai 1 Juli dimana saya mendapatkan posisi sebagai Marketing Support.

Saya melakukan intership selama 4 bulan dan 5 hari dalam seminggu. Akibat adanya pandemic, kantor diharuskan untuk mengurangi 50% pekerja sehingga saya tidak bisa masuk full dalam satu minggu. Jadwal yang diberikan kepada saya adalah 3 hari WFO (Work from Office) dan 2 hari WFH (Work from Home). Ketika sedang WFO, keseharian saya sebagai Intern dimulai jam 8 pagi dan selesai pada jam 4 sore. Saya berangkat dari rumah sekitar jam 7 pagi untuk pergi ke kantor PT. Berdikari Cita Sejahtera yang berlokasi di Ciputat. Saat saya sampai dikantor, hal pertama yang biasanya saya lakukan adalah me-recap surat penawaran harga yang telah diberikan dihari sebelumnya. Hal ini mebantu saya untuk mengetahui calon pembeli yang sudah dikontak dan yang belum. Ketika saya sudah menyortir data calon pembeli, saya melakukan penjualan dengan cara menelepon perusahaan tersebut. Beberapa perusahaan yang saya hubungi ada yang bisa saya langsung berikan harga penawaran namun ada juga yang perlu adanya pembuatan janji pertemuan terlebih dahulu. Bagi perusahaan yang perlu didatangi, saya membuat janji tersebut untuk keesokan harinya dimana saya mendatangi perusahaan tersebut untuk melakukan penjualan. Dalam satu hari saya dapat mengunjungi 5-8 perusahaan untuk ditawarkan BBM industri.

Di hari lain saya diajak supervisor saya untuk mengunjungi Rest Area milik perusahaan untuk melakukan penawaran tenant yang masih tersedia. Ketika melakukan kunjungan biasanya memakan waktu satu hari sehingga setelah selesai saya langsung diperbolehkan untuk pulang. Pada saat WFH, saya mendapatkan pekerjaan untuk mengirim email surat menyurat perusahaan dan menghadiri beberapa meeting yang ada.