PUSH NOTIFICATIONS DAN COPYWRITING DALAM ONLINE CAMPAIGN

Oleh: Marwah Rizqiyati (Student of Global Business Marketing Program)

Pekerjaan utama sebagai intern pada divisi onsite yang menjadi bagian dalam tim campaign adalah merancang dan menjalankan online campaign. Dalam satu minggu, terdapat 2-3 campaign promo yang dijalankan. Berrybenka menggunakan push notification pada website, aplikasi mobile, dan email untuk menyebarkan dan mendorong traffic dan sales dari campaign tersebut. Push notification adalah suatu pesan singkat atau notifikasi yang dikirim oleh aplikasi pada smartphone dan diterima oleh semua orang yang telah meng-install aplikasi tersebut dan telah mengaktifkan mode penerimaan pesan atau notifikasi ini. Dengan penggunaan push notification ini konsumen akan mengetahui dan mendapatkan promo-promo yang ditawarkan, membuat mereka tertarik mengunjugi web atau aplikasi, dan bahkan tertarik dan terdorong untuk melakukan pembelian saat itu juga.

Dalam pembuatan push notification yang efektif, diperlukan copywriting yang tepat dan menarik. Sebagai intern, diberi tanggung jawab untuk belajar dan membuat copywriting atau di Berrybenka biasa disebut melakukan wording (membuat kalimat singkat yang menarik) untuk menarik perhatian audiens mengunjungi website atau aplikasi dan mendorong mereka melakukan pembelian dengan menggunakan kode promo yang ditawarkan di hari itu.

Selama bekerja membuat wording, kata-kata yang digunakan dalam push notification tidak boleh kaku, harus jelas, funny, jujur, dan menggunakan kata-kata yang biasa digunakan seperti kepada teman serta dibuat seolah-olah khusus untuk mereka. Hal ini bertujuan untuk membuat audiens/konsumen merasa dekat dengan brand. Selain itu, juga menggunakan kata-kata yang membuat audiens penasaran, atau merasa harus membeli saat itu juga, misal “Gawat! Cuma hari ini diskon”, “Diskon akan segera berakhir”, “3 Jam lagi promo ini akan menghilang” (menimbulkan scarcity). Di samping itu, wording untuk email newsletter, website, dan aplikasi mobile berbeda.