Divisi DST BCA Kantor Pusat

Oleh: Filbert Bernardy (Student of Global Business Marketing Program)

Divisi solusi kerjasama transaksi perbankan, merupakan satu dari banyak divisi bisnis dari tim kantor pusat bank BCA yang terdiri dari beberapa biro yang bergerak di bagian payment product yang dimiliki oleh BCA, divisi ini bekerja untuk menawarkan produk-produk yang dimiliki BCA kepada nasabah BCA yang memiliki bisnis atau usaha mulai dari UMKM hingga merchant corporate. Saya ditempatkan di biro PBC (Pengembangan Solusi Cabang) yang mana memiliki fungsi untuk support cabang BCA terkait perekrutan atau akuisisi nasabah BCA maupun non nasabah BCA menjadi Merchant BCA.

Biro PBC terbagi atas 2 bagian yaitu bagian bisnis development dan bagian koordinasi cabang. Dimana saya ditugaskan untuk membantu tim bisnis development untuk mengolah data merchant, brainstorming dan membuat alur untuk akuisisi merchant, yang data tersebut nantinya akan diberikan ke bagian tim koordinasi cabang untuk disosialisasikan kepada cabang BCA diseluruh indonesia untuk dijalankan program-program tersebut. Tim dari biro PBC ini memiliki goals untuk mendapatkan nasabah yang berpotensi untuk dijadikan merchant BCA dan ditawarkan solusi pembayaran untuk keperluan bisnis atau usaha nasabah BCA.

Produk-produk yang ditawarkan berupa mesin EDC, QRIS, virtual account, payment link, dan lainnya. Semua payment di prioritaskan ke arah digital payment karena memang BCA saat ini sangat memfokuskan tujuan untuk cashless payment agar pembayaran menjadi lebih mudah, cepat, dan aman.

Serta saat pandemi seperti tahun ini, cashless payment sangat membantu menjadi solusi untuk menjaga protokol kesehatan. Maka dari itu, solusi transaksi yang dapat diberikan oleh BCA kepada merchant pasti memiliki benefit yang lebih untuk dapat beradaptasi di industri yang baru ini agar dapat tetap bersaing dan survive.