DIGITAL MARKETING BRAND FASHION LOKAL “BERRYBENKA”

Oleh: Marwah Rizqiyati (Student of Global Business Marketing Program)

Seiring dengan kemajuan teknologi, tren yang dilakukan dalam dunia bisnis semakin beragam. Salah satunya adalah tren digital marketing yang telah banyak diterapkan oleh perusahaan dalam menjalankan strategi bisnisnya. Digital marketing menjadi prioritas utama perusahaan untuk menarik perhatian dan memenuhi kebutuhan konsumen di era kemajuan teknologi saat ini. Digital marketing itu apa sih? Digital marketing merupakan suatu bentuk pemasaran produk atau layanan dengan menggunakan teknologi digital, terutama di internet dan media digital lainnya (Desai, 2019).

Salah satu perusahaan yang telah menerapkan digital marketing adalah Berrybenka. Berrybenka merupakan e-commerce fashion lokal atau salah satu fashion brand Indonesia ternama yang menyediakan berbagai tren pakaian, sepatu, tas, dan aksesoris. Berrybenka mengutamakan bisnis online mereka dengan menjalankan berbagai strategi pemasaran secara online melalui social media, website, dan aplikasi mobile. Dan Berrybenka juga merupakan tempat magang saya di semester 6 ini.

Tergabung dalam departemen e-commerce dengan divisi onsite, semua projek dan pekerjaan yang dilakukan di Berrybenka terkait dengan digital marketing, seperti perencanaan online campaign, content marketing, dan social media marketing. Digital Marketing berguna untuk meningkatkan traffic dan sales diseluruh channel online-nya.

 

Online Campaign

Setiap harinya Berrybenka selalu menjalankan strategi campaign yang berbeda untuk meningkatkan traffic dan sales. Campaign tersebut terkait dengan campaign promo seperti potongan harga/diskon, bundle price, produk gratis, dan promo lainnya yang dijalankan melalui Instagram, website, dan aplikasi mobile.

Sebagai intern, diberi tanggung jawab untuk merancang dan membuat brief content campaign yang efektif dan sesuai agar promosi yang dilakukan dapat menarik perhatian audiens di seluruh channel online Berrybenka serta mendorong konsumen mengunjungi website dan melakukan pembelian. Selain membuat content campaign, ditugaskan juga untukmenyampaikan informasi dan menjalin kerja sama dengan beberapa partner Berrybenka terkait dengan campaign yang akan dijalankan.

 

Social Media Marketing

Social Media Marketing merupakan suatu bentuk pemasaran dengan penggunaan platform media sosial untuk terhubung dengan audiens yang bertujuan untuk membangun merek, meningkatkan penjualan, dan mengarahkan audiens untuk mengunjungi website. Segala aktivitas pemasaran Berrybenka dilakukan melalui sosial media Instagram, seperti promosi campaign dan push product serta Berrybenka membuat konten-konten yang dapat membangun interaksi dengan konsumen untuk menarik perhatian mereka.

Melakukan kegiatan internship di Berrybenka sebagai bagian dalam divisi onsite, maka setiap minggunya membuat content planning untuk Instagram, menganalisis dan merencanakan konten-konten yang dapat meningkatkan engagement dan conversion. Dan juga bertanggung jawab dalam membuat daily content Instagram untuk meningkatkan interaksi dengan audiens, seperti konten games, tanya jawab, konten push catalog product untuk menarik perhatian audiens terhadap produk-produk yang terdapat di website Berrybenka, dan lain-lain. Social Media Marketing ini dilakukan untuk meningkatkan awareness Berrybenka sebagai brand fashion lokal yang berkualitas.

 

Referensi:

Desai, D. M. V. (2019). Digital Marketing: A Review. International Journal of Trend in Scientific Research and Development. https://doi.org/10.31142/ijtsrd23100

https://buffer.com/social-media-marketing