Entrepreneurial Ambidexterity dan UKM Innovation Performance – Part 3 (END)
By: Aryo Bismo, SE, MM (Faculty Member of Global Business Marketing) & Yuniarty, SE, MM (Faculty Member of Binus Online Learning)
Dalam beberapa tahun terakhir, konsep keberlanjutan perusahaan, tingkat tanggung jawab sosial (CSR), kinerja sosial perusahaan dan manajemen lingkungan telah menerima semakin banyak perhatian dari akademisi dan praktisi. Martinez-Conesa et al. (2017) mengkonfirmasi bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara CSR dan inovasi serta kinerja organisasi (Martinez-Conesa et al., 2017). Selain itu, penggunaan media sosial menciptakan nilai untuk UKM dalam hal operasi internal, pemasaran, layanan pelanggan, dan penjualan yang merupakan faktor yang sangat penting dalam kasus perusahaan kecil dan menengah (Gensler et al., 2013).
Kemudian beberapa peneliti lainnya mengkonfirmasi bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kapabilitas media sosial (Benitez et al., 2018), strategi media sosial dan inovasi (Corral de Zubielqui et al., 2019; Odoom & Mensah, 2019) serta pengaruhnya pada kinerja organisasi (Martín-Rojas et al., 2020; Scuotto et al., 2017; Sun et al., 2020; Tajvidi & Karami, 2017; Wu, 2016). Cenamor, Javier et al. (2019) mengeksplorasi pentingnya kemampuan platform digital dan kemampuan jaringan pada pencapaian keuangan pengusaha UKM dan di mana orientasi eksploitasi dan eksplorasi memoderasi hubungan tersebut (Cenamor et al., 2019).
Hasil mengungkapkan bahwa keterampilan platform digital menghasilkan dampak tidak langsung yang pasti pada kinerja UKM kewirausahaan melalui kemampuan antarmuka. Penelitian lebih lanjut menjelaskan bahwa orientasi eksploitasi dan eksplorasi secara berurutan memediasi dampak positif dan signifikan. Penelitian yang dilakukan oleh Chu, Yizhou et al. (2019), menegaskan bahwa transformasi digital melakukan peran mediasi parsial dalam kapasitas TI dan sarana kinerja inovasi perusahaan. Ini memegang fungsi mediasi total dalam kapasitas TI perusahaan dan kinerja inovasi produk (Chu et al., 2019).
Dampak CSR pada kinerja ekonomi telah mendapat perhatian besar dalam literatur selama tiga dekade terakhir. Menurut teori pemangku kepentingan, umumnya diharapkan ada hubungan positif antara CSR dan kinerja keuangan. Keberhasilan suatu organisasi tergantung pada kapasitas organisasi untuk mengelola hubungan dengan para pemangku kepentingannya. Manajemen hubungan dengan pemangku kepentingan bisnis utama telah menjadi alat penting untuk menghasilkan nilai (Hammann et al., 2009), menjadikan interpretasi teori pemangku kepentingan sebagai langkah penting dalam memahami hubungan yang mungkin terjadi antara CSR dan kinerja perusahaan (Perrini et al., 2011). Asumsi dasar di balik teori ini adalah bahwa CSR dapat menjadi perangkat organisasi yang mengarah pada penggunaan sumber daya yang lebih efektif (Orlitzky et al., 2003), yang memiliki dampak positif pada kinerja keuangan perusahaan.
Namun, sejauh ini tidak ada konsensus yang muncul. Tanggung jawab sosial tampaknya memiliki dampak yang ambigu dan kompleks pada kinerja perusahaan, meskipun belum ada kausalitas sejati yang terbukti. Sementara banyak poin penelitian mengarah pada hubungan positif yang ringan (Aupperle et al., 1985; McGuire et al., 1988; Orlitzky et al., 2003; Maron, 2006; Wu, 2006; Rodgers et al., 2013; Gallardo- V? Azquez dan S? Anchez-Hern? Andez, 2014), hubungan ini belum sepenuhnya terbentuk (Neville et al., 2005; Prado-Lorenzo et al., 2008; Park dan Lee, 2009) dan mekanisme kinerja ditingkatkan oleh CSR tidak dipahami dengan baik (Jawahar dan McLaughlin, 2001; Mill, 2006; Barnett dan Salomon, 2006).
Keberadaan dan sifat hubungan antara CSR dan kinerja bahkan kurang jelas ketika strategi dan praktik CSR diadopsi oleh UKM (Morsing dan Perrini, 2009). Ada beberapa penelitian yang menyelidiki hubungan ini dalam UKM (Niehm et al., 2008; Marín dan Rubio, 2008; Hammann et al., 2009; Sweeney, 2009, Torugsa et al., 2013; Gallardo-Vazquez dan Sanchez-Hernandez, 2013, 2014; Turyakira et al., 2014). Hal ini disebabkan oleh kesulitan dalam mengidentifikasi efek dalam jangka menengah-panjang (Lepoutre dan Heene, 2006) dan karena sifat itu sendiri dari strategi CSR, sering ditandai dengan kurangnya kodifikasi dan berdasarkan pada hubungan informal antara UKM dan pemangku kepentingan mereka. (Battaglia et al., 2014).
Apakah corporate social responsibility berpengaruh terhadap entrepreneurial ambidexterity? Jawabannya adalah corporate social responsibility memiliki pengaruh yang signifikan terhadap entrepreneurial ambidexterity. Pengusaha yang menjalankan Corporate Social Responsibility, menyadari bahwa pentingnya mendukung karyawan yang bersedia mengikuti pelatihan lebih lanjut, perlu untuk memberi tahu pelanggan tentang penggunaan dan risiko produk yang tepat, pentingnya mempertimbangkan kepentingan pemasok untuk pengambilan keputusan, dan perlunya memperhatikan kepentingan komunitas lokal untuk pengambilan keputusan.
Referensi
Benitez, J., Castillo, A., Llorens, J., & Braojos, J. (2018). IT-enabled knowledge ambidexterity and innovation performance in small U.S. firms: The moderator role of social media capability. Information and Management, 55(1), 131–143. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.im.2017.09.004
Bruton, G. D., Zahra, S. A., & Cai, L. (2018). Examining entrepreneurship through indigenous lenses. Entrepreneurship: Theory and Practice, 42(3), 351–361. https://doi.org/10.1177/1042258717741129
Cenamor, J., Parida, V., & Wincent, J. (2019). How entrepreneurial SMEs compete through digital platforms: The roles of digital platform capability, network capability and ambidexterity. Journal of Business Research, 100(December 2018), 196–206. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2019.03.035
Chu, Y., Chi, M., Wang, W., & Luo, B. (2019). The impact of information technology capabilities of manufacturing enterprises on innovation performance: Evidences from SEM and fsQCA. Sustainability (Switzerland), 11(21), 1–17. https://doi.org/10.3390/su11215946
Corral de Zubielqui, G., Fryges, H., & Jones, J. (2019). Social media, open innovation & HRM: Implications for performance. Technological Forecasting and Social Change, 144, 334–347. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.techfore.2017.07.014
Gensler, S., Völckner, F., Liu-Thompkins, Y., & Wiertz, C. (2013). Managing brands in the social media environment. Journal of Interactive Marketing, 27(4), 242–256. https://doi.org/10.1016/j.intmar.2013.09.004
Martín-Rojas, R., Garrido-Moreno, A., & García-Morales, V. J. (2020). Fostering Corporate Entrepreneurship with the use of social media tools. Journal of Business Research, 112, 396–412. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2019.11.072
Martinez-Conesa, I., Soto-Acosta, P., & Palacios-Manzano, M. (2017). Corporate social responsibility and its effect on innovation and firm performance: An empirical research in SMEs. Journal of Cleaner Production, 142, 2374–2383. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.jclepro.2016.11.038
Odoom, R., & Mensah, P. (2019). Brand orientation and brand performance in SMEs: The moderating effects of social media and innovation capabilities. Management Research Review, 42(1), 155–171. https://doi.org/10.1108/MRR-12-2017-0441
Scuotto, V., Del Giudice, M., Peruta, M. R. della, & Tarba, S. (2017). The performance implications of leveraging internal innovation through social media networks: An empirical verification of the smart fashion industry. Technological Forecasting and Social Change, 120, 184–194. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.techfore.2017.03.021
Sun, Y., Wang, C., & Jeyaraj, A. (2020). Enterprise social media affordances as enablers of knowledge transfer and creative performance: An empirical study. Telematics and Informatics, 51, 101402. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.tele.2020.101402
Tajvidi, R., & Karami, A. (2017). The effect of social media on firm performance. Computers in Human Behavior, 105174. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.chb.2017.09.026
Volery, T., Mueller, S., & von Siemens, B. (2013). Entrepreneur ambidexterity: A study of entrepreneur behaviours and competencies in growth-oriented small and medium-sized enterprises. International Small Business Journal, 33(2), 109–129. https://doi.org/10.1177/0266242613484777
Voss, G. B., & Voss, Z. G. (2013). Strategic ambidexterity in small and medium-sized enterprises: Implementing exploration and exploitation in product and market domains. Organization Science, 24(5), 1459–1477. https://doi.org/10.1287/orsc.1120.0790
Woodard, C. J., Ramasubbu, N., Tschang, F. T., & Sambamurthy, V. (2013). Design capital and design moves: The logic of digital business strategy. Mis Quarterly, 537–564.
Wu, C.-W. (2016). The performance impact of social media in the chain store industry. Journal of Business Research, 69(11), 5310–5316. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2016.04.130