Strategi Ritel Toko Buku Gramedia

By: Liviana Fivindah (Student of Global Business Marketing)

Gramedia Asri Media adalah anak perusahaan Kompas Gramedia yang menyediakan jaringan toko buku dengan nama Toko Buku Gramedia di beberapa kota di Indonesia. Perusahaan ini didirikan pada tanggal 2 Februari 1970 dengan diawali dari satu toko buku kecil berukuran 25m² di daerah Jakarta Barat dan sampai tahun 2002 telah berkembang menjadi lebih dari 50 toko yang tersebar di seluruh Indonesia. Selain menyediakan buku, Toko Buku Gramedia menyediakan berbagai produk lain seperti alat tulis, perlengkapan kantor, alat olahraga, alat musik, dll. Perusahaan ini bekerja sama dengan penerbit – penerbit buku baik dalam maupun luar negeri.

Pada tanggal 9 Mei 2015, Gramedia mengusung konsep New Experience, yaitu konsep toko buku di mana dibagi dalam ruang atau chamber berdasarkan tema yang beragam. Konsep ini diterapkan pertama kali di Toko Buku Gramedia Central Park. Sedangkan untuk logo barunya, merupakan logotype dengan huruf “G” dan tulisan GRAMEDIA yang memiliki makna kreativitas, fleskibilitas, kemajuan, perubahan, dan kekuatan untuk memberikan ide dan insipirasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa Indonesia.

 

Penerapan Merchandise Plans Toko Buku Gramedia Dalam Aktivitas Retailnya

Pada saat ini, kita pasti sudah tidak asing lagi mendengar nama Toko Buku Gramedia. Dalam menghadapi persaingan industri ritel seperti sekarang ini Gramedia sukses menerapkan beberapa strategi yang telah berhasil diterapkan diantaranya adalah penetapan store – store Gramedia dimall besar diseluruh kota yang mempunyai lokasi yang strategis dan dapat menjangkau masyarakat dengan mudah. Gramedia sudah mempunyai 118 offline store yang tersebar di 47 kota di Indonesia dan Malaysia. Sistem pempatan buku – buku yang sedang dimminati (Best seller) pada tempat khusus, penempatan kategori buku yang lengkap, dan penempatan buku – buku didekat pintu masuk Gramedia untuk menarik perhatian konsumen, penempatan flayer discount didekat pintu masuk Gramedia, layanan terbaik yang disediakan oleh Gramedia, kemudahan dalam pembayaran baik cash maupun cashless, fasilitas member card Gramedia. Jenis kategori produk yang tersedia di Gramedia sangat beragam seperti buku, fashion, majalah, olahraga, alat tulis, mainan dan hobi, dan masih banyak lagi. Dengan berbagai macam brand local maupun international semuanya lengkap hadir menunggu konsumen. Tidak hanya keunggulan pada produk yang begitu lengkap, dengan jumlah produk yang banyak Gramedia berhasil membuat sistem kategori produk, kategori buku yang dimana memudahkan para konsumen untuk mencari produk yang mereka inginkan dengan mudah karena tersusun rapi dan terbagi – bagi ditempat yang berbeda, serta terdapat tanda yang memudahkan konsumen agar dapat mengetaui letak produk tersebut. Jika konsumen tidak bisa menemukan produk yang diinginkan konsumen bisa langsung menanyakan pada staf Gramedia terdekat dan akan langsung diinformasikan mengenai produk yang sedang dicari.

 

Penerapan Pricing Strategy Toko Buku Gramedia Dalam Aktivitas Retail

Penerapan strategi harga pada Toko Buku Gramedia dilakukan melalui factor – faktor yang mempengaruhi penetapan harga suatu produk. Jenis – jenis harga yang digunakan, metode serta penetapan harga juga menjadi bagian dalam penetapan harga pada toko buku ini. Dalam Toko Buku Gramedia menerapkan beberapa aktivitas seperti penawaran terbatas pada produk tertentu, diskon dibeberapa event besar, yaitu “New Year Promo, Gramedia Back to School, Gramedia Back to Campus” dan yang terpenting kerjasama dengan berbagai perusahaan metode pembayaran cashless seperti Bank BCA, BRI, OVO, DANA, dan lainnya yang dimana selalu akan menarik perhatian pengunjung akan kemudahan dalam bertransaksi dan mendapatkan Cashback.

 

Penerapan Promotional Strategy Toko Buku Gramedia Dalam Aktivitas Retail

Penerapan strategi promosi pada Toko Buku gramedia dilakukan melalui media promosi periklanan berupa pemasangan spanduk dan pembagian brosur, penjualan melalui diskon, brusa buku murah, kupon berhadiah, dan presentasi tidak langsung terhadap konsumen. Di era digital Gramedia juga memanfaatkan penggunaan media sosial seperti Intagram, Youtube yang memberikan banyak konten yang menarik dan sangat informatif, website, dan Gramedia GO. PT Gramedia Asri Media selaku pemilik jaringan toko buku Gramedia meluncurkan strategi pemasaran omnichannel melalui layanan Gramedia GO yang dikembangkan bersama dengan PT Gramedia Digital Nusantara. di Jakarta ini merupakan pengembangan dari platform e-commerce Gramedia yang bisa diakses melalui laman web www.gramedia.com dan aplikasi di ponsel pintar berbasis Android dan iOS.

Apakah Semua Yang Telah Dilakukan Gramedia Sudah Efektif?

 Semua kegiatan yang dilakukan dan diterapkan oleh Gramedia sudah sangat efektif, dan akhirnya pada tahun 2016 Gramedia meraih penghargaan “”Best Industry Marketing Champion” untuk kategori Retail dan ditahun yang sama Gramedia menjadi “Asia Best Companies 2016” dan pada tahun 2019 Gramedia mendapatkan penghargaan karena dipandang memiliki kontribusi dalam membantu program pemerintah dalam meningkatkan pendidikan, khususnya nonformal.

REFERENSI

https://id.wikipedia.org/wiki/Gramedia_(toko_buku)

https://www.cirebonmedia.com/business/2014/09/19/gramedia-member-card-satu-kartu-dengan-berbagai-manfaat/

http://awaliyya.blogspot.com/2015/12/pengembangan-visi-misi-pt-gramedia-asri.html

https://ekonomi.bisnis.com/read/20191014/12/1158788/hadapi-disrupsi-digital-ritel-modern-gramedia-luncurkan-gramedia-go

https://industri.kontan.co.id/news/gramedia-akan-tambah-cabang-toko-baru-hingga-palu-dan-sorong

https://eprints.uns.ac.id/9021/1/189351311201108021.pdf

https://edukasi.kompas.com/read/2019/09/08/15562271/hari-aksara-internasional-gramedia-raih-penghargaan-mitra-dikmas-kemendikbud?page=all

https://money.kompas.com/read/2016/12/10/065017626/gramedia.raih.penghargaan.best.industry.marketing.champion.

https://www.tribunnews.com/nasional/2016/04/12/kompas-gramedia-sabet-penghargaan-asia-best-companies-2016