Bisnis Ritel Indomaret

By: Hendra Wijaya (Student of Global Business Marketing)

Sejarah INDOMARET

Indomarco Prismatama atau Indomaret adalah rantai toko ritel dari Indonesia, dengan lebih dari 11.000 toko di seluruh Indonesia. Ini adalah rantai pertama dan terbesar dari jenis toko ini di Indonesia. Indomaret adalah anak perusahaan dari Grup Salim. Berkantor pusat di Jakarta. Indomaret adalah jaringan minimarket yang menyediakan kebutuhan sehari-hari. Ini memiliki luas toko sekitar 200m2. Toko resmi Indomaret pertama dibuka di Ancol, Jakarta Utara pada November 1988. Pada 2014, Indomaret memiliki 10.600 outlet. 60% dari total outlet adalah outlet milik sendiri dan waralaba, sedangkan 40% sisanya adalah milik perusahaan, tersebar di kota-kota di Jabodetabek, Sumatra (kecuali Sumatera Barat, di mana izin dilarang untuk melindungi pedagang kecil), Jawa , Madura, Bali, Lombok, Kalimantan, dan Sulawesi. Di Jakarta, ada sekitar 488 outlet.

 

Bagaimana Indomaret menerapkan merchandise plans dalam aktivitas retail-nya?

Indomaret merupakan perusahaan retail yang cukup mudah untuk menemukan toko-tokonya, dikarenakan di Indonesia ini sangat banyak toko Indomaret yang tersebar, dan lokasi toko Indomaret sendiri sangat strategis, dimana biasanya kita bisa menemukan toko- toko  Indomaret ini di daerah perumahan, perkantoran, perkampusan yang dimana banyak masyarakat yang ingin berbelanja untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, dan penempatan lokasi toko ini berdasarkan moto dari Indomaret yaitu “sederhana dan hemat”. Dan produk yang dipasarkan berbagai macam produk dari makanan sampai alat-alat rumah tangga yang tentunya sangat sesuai dengan kebutuhan para masyarakat diperumahan, diperkantoran dan juga mahasiswa. Selain itu Indomaret juga memiliki visi yaitu “menjadi aset nasional dalam bentuk jaringan ritel waralaba yang unggul dalam persaingan global”.

 

Bagaimana Indomaret menerapkan pricing strategy dalam aktivitas retail-nya?

Dalam hal ini strategi penetapan harga yang dilakukakn Indomaret dengan menetapkan harga yang sesuai dengan kualitas dari barang tersebut, juga menawarkan harga yang dapat bersaing dengan perusahaan ritel-ritel lainnya. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa Indomaret sering memberikan diskon terhadap barang-barang tertentu dan juga dalam waktu yang telah ditentukan, penetapan diskon seperti ini dilakukan agar Indomaret dapat terus bersaing dengan perusahaan retail lainnya diluar sana yang juga menerapkan diskon pada produk-produknya. Indomaret juga memiliki member card yang bernama Indomaret Card yang diterbitkan oleh Bank Mandiri. Indomaret Card ini memiliki fungsi untuk member Indomaret jika berbelanja menggunakan Indomaret Card akan mendapatkan diskon khusus untuk beberapa produk, selain mendapatkan diskon dengan berbelanja di Indomaret, Indomaret Card ini juga dapat berfungsi sebagai pembayaran tol, SPBU, juga beberapa pembayaran yang dapat dilakukan dengan e-money.

Bagaimana Indomaret menerapkan promotional strategy dalam aktivitas retail-nya?

Indomaret melakukan promosinya dengan kegiatan promosi yang dilakukan atau dijalankan secara berkala dengan berbagai metode dan cara yang sesuai dengan jenis produk dan fokus kepada target pasarnya. Target pasar Indomaret merupakan semua kalangan masyarakat, karena produk-produk yang ditawarkan di dalam Indomaret merupakan produk yang bermacam-macam sehingga dapat memenuhi kebutuhan semua kalangan.

Strategi promosi jangka pendek yang dilakukan oleh Indomaret yaitu :

  • Harga Heboh : merupakan promosi mingguan yang memberikan harga sangat murah untuk produk-produk kebutuhan sehari-hari seperti, sabun, shampoo, pasta gigi dan lain-lain.
  • Super Hemat : merupakan promosi yang dilakukan 2 minggu sekali yang mempromosikan produk-produk dengan harga hemat sebagai panduan bagi konsumen untuk belanja hemat.
  • Promosi Bulan Ini : promosi yang dilakukan secara bulanan atas produk tertentu dalam bentuk jika membeli produk ini akan mendapatkan 1 produk yang berbeda secara gratis, buy 1 get 1, dapat juga berupa pemberian hadiah langsung ataupun pemotongan harga terhadap produk tersebut.

Dan untuk strategi promosi jangka panjang, Indomaret menerapkan berbagai program seperti mengajak masyarakat yang berbelanja di Indomaret untuk mengikuti atau mendaftar menjadi member Indomaret dengan Indomaret Card yang bertujuan untuk menjaga loyalitas konsumen terhadap Indomaret.

 

Apakah semua yang telah dilakukan Indomaret sudah efektif?

Yang telah dilakukan oleh Indomaret menurut saya sudah cukup efektif. Ini dapat dilihat dari kesuksesan Indomaret hingga sampai saat ini yang masih bertahan, semakin dikenal banyak masyarakat, juga semakin bertambahnya outlet/toko Indomaret yang tersebar di seuruh Indonesia. Kesuksesan Indomaret juga dapat dilihat dari beberapa penghargaan seperti Indomaret menjadi salah satu perusahaan ritel yang terbaik di Indonesia pada ajang Retail Asia-Pasific Top 500 Awards Indomaret berhasil mendapatkan dua “Gold” award yaitu “Best of The Best Top Retailers”untuk wilayah Asia Pasifik dan juga peringkat 1 Top 10 Retailers di Indonesia, dan Indomaret sudah mendapatkan penghargaan tersebut umtuk keempat kalinya Indomaret meraih penghargaan tingkat Asia Pasifik. Penghargaan ini ditentukan berdasarkan riset yang dilakukan oleh Euromonitor dan Majalah Retail Asia terhadap total penjualan dan jumlah serta luas dari gerai Indomaret.

 

REFERENSI

https://en.wikipedia.org/wiki/Indomaret

https://indomaret.co.id/korporat/tentang-indomaret/tentang-indomaret.html

https://indomaret.co.id/utama/kartu/indomaret-card.html

https://indomaret.co.id/korporat/seputar-indomaret/peduli-dan-berbagi/2014/01/16/pemasaran-dan-promosi/

https://indomaret.co.id/main-content/berita-and-kegiatan/2017/10/26/indomaret-ke-4-kalinya-raih-penghargaan-retail-asia-pasifik/