STRATEGI RITEL MATAHARI DEPARTMENT STORE

By: Reyna Febri Anjani (Student of Global Business Marketing)

Matahari Departement Store merupakan anak perusahaan dari Lippo Group yang terkenal dengan usaha retail seperti Hypermart, Matahari Department Store,Books & Beyond, saluran televisi swasta BeritaSatu, layanan internet First Media dan televisi berlangganan Big TV. Dengan perjalanan usaha yang telah dibangun selama 60 tahun, Matahari senantiasa menyediakan pilihan fashion dengan trend terkini untuk kategori pakaian dan serta produk-produk kecantikan dan barang-barang keperluan rumah tangga lain yang ditampilkan dalam gerai modern di website Matahari.com. Matahari sangat bangga atas dukungannya terhadap perekonomian Indonesia dengan mempekerjakan lebih dari 40.000 karyawan dan berpartner dengan sekitar 850 pemasok lokal serta pemasok internasional. Matahari Department Store saat ini telah memiliki banyak saingan dengan konsep yang lebih modern dan internasional dengan semakin banyaknya mall dan Department Store lain yang berasal dari luar negeri yang mengutamakan barang-barang dari desainer luar negeri. Padahal Matahari Department Store lebih banyak menggunakan produk-produk local sehingga patut untuk dipertahankan demi kelangsungan sumber daya manusia dalam negeri.

Matahari Department Store berusaha untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan pelanggan. Untuk itulah Matahari Department Store berusaha sebaik mungkin agar dapat menciptakan atmosfir yang nyaman agar konsumen tertarik untuk  berbelanja di Matahari Department Store yang akhirnya membuat konsumen menjadi loyal untuk berbelanja di Matahari Department Store.

Matahari grup memiliki beberapa tujuan dan filosofi, antara lain :

  1. Matahari berusaha menciptakan tempat kerja yang tentram, aman, sejahtera, dan nyaman sebagai pancaran cita cita karyawan.
  2. Matahari berusaha menciptakan tingkat hidup yang lebih baik bagi seluruh karyawan.
  3. Matahari berusaha menciptakan sistem organisasi operasional terpadu demi masa depan karyawan dan perusahaan atas dasar efektifitas dan efisiensi kerja yang maksimal.
  4. Matahari berusaha mengembangkan, melatih, dan mendidik seluruh karyawan yang merata tanpa membedakan suku, agama, ras, dan golongan.

Matahari Department Store menggunakan istilah “World” dalam membagi-bagi wilayah produk yang dijual. Penataan produk fashion berdasarkan jenis barang dan merek. Seperti kelompok pakaian pria dengan berbagai mereknya, juga kelompok celana pria dan berbagai mereknya. Kemudian kelompok yang tergolong besar yaitu sepatu, tas, dan kelompok kosmetik.

 

Matahari memiliki konsep design Family Tree. Pembagian kategori produk di MDS dilakukan berdasarkan “World” dan Matahari Department Store memiliki 5 World, yakni:

1. Ladies World: Menjual barang barang perlengkapan pakaian wanita, calon ibu muda dan ibu muda serta koleksi muslimah. Selain itu juga tersedia koleksi underware wanita, accessories wanita, dan perlengkapan kosmetik.

2. Shoes World: Menjual koleksi barang barang seperti sepatu pria, sepatu anak, sepatu wanita, sandal anak, sandal wanita, sandal pria dan berbagai macam koleksi sepatu sport.

3. Men’s World: Menjual barang barang perlengkapan pria seperti kemeja formal, kemeja batik, kemeja kasual, jaket, ikat pinggang, dompet dan sebagainya.

4. Youth World: Menjual barang barang perlengkapan pakaian remaja.

5. Children World: Menjual berbagai macam koleksi pakaian anak serta bermacam-macam permainan dan boneka

 

Bagaimana Matahari Departement Store menerapkan merchandise plan?

Matahari yang menjadi salah satu pusat perbelanjaan ternama di Indonesia memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk berbelanja segala kebutuhannya baik baju dari berbagai usia maupun perlengkapan rumah tangga lainnya. Matahari Department Store yang menjadi tempat perbelanjaan paling trend saat ini menyediakan berbagai kebutuhan semua orang dengan harga yang terjangkau. Dengan dibangunnya tempat perbelanjaan terbesar di Indonesia ini mampu menyerap tenaga kerja yang jumlahnya tidak sedikit terutama remaja usia 18 sampai 30 tahun. Kunci kesuksesan pusat perbelanjaan ini adalah dengan strategi management dan pemasarannya yang bisa di terima oleh banyak orang. Sebagai tempat perbelanjaan yang besar dan di kenal semua orang, Matahari Department Store memberikan kemudahan bagi pembelinya untuk melakukan transaksi pembelian. Pemasok umumnya memberikan kemudahan bagi para pembelinya untuk melakukan transaksi ke berbagai jenis pembelian. Pemasok yang berasal dari manufaktur dan juga distributor saat ini juga terdapat banyak sekali jumlah industri yang ditawarkan. Perusahaan ritel yang ditawarkan pun juga memiliki nama yang besar dan mempunyai posisi yang cukup kuat untuk ditawarkan. Secara kuantitatif peritel harus dapat memenuhi sasaran pemesanan maupun pembelian dalam jumlah volume yang harus dapat memperlihatkan prospek perusahaan dan juga manajemen yang baik. Hal ini penting karena kepentingan tersebut berlaku untuk memonitoring setiap pergerakan barang-barang yang akan dijual.

Bagaimana Matahari Departement Store menerapkan pricing strategy?

Pada saat anda sudah selesai berbelanja dan ingin melakukan proses transaksi pada saat sampai kasir anda akan membayar nominal sesuai dengan jumlah harga yang anda beli. Tetapi dengan begitu pihak kasir akan segera menwarkan voucher belanja kepada anda yang hanya berlaku sampai hari ini saja. Dengan begitu proses oricing strategy dengan memberikan voucher belanja kepada konsumen maka ada dua kemungkinan yaitu pelanggan akan menggunakan voucher tersebut dengan cara mereka segera berkeliling kembali untuk menggunakan voucher nya atau pelanggan akhirnya menemukan produk yang dia inginkan dengan jumlah nominal voucher yang ia dapatkan lalu membayar nya lagi 2x lipat dengan harga yang ia dapatkan kemudian akan mendapatkan voucher lagi sebagai umpan agar konsumen terus berbelanja di matahari.

Bagaimana Matahari Departement Store menerapkan Promotional Strategy?

Matahari yang menjadi salah satu pusat perbelanjaan ternama di Indonesia memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk berbelanja segala kebutuhannya baik baju dari berbagai usia maupun perlengkapan rumah tangga lainnya. Strategi Pemasaran Matahari Department Store yang mampu menarik perhatian banyak orang ini karena ketersediaan sarana dan prasarana serta dukungan lain baik dari struktur organisasi atau SDM di dalamnya maupun modal yang dikembangkan. Matahari Department Store yang menjadi tempat perbelanjaan paling trend saat ini menyediakan berbagai kebutuhan semua orang dengan harga yang terjangkau. Dengan dibangunnya tempat perbelanjaan terbesar di Indonesia ini mampu menyerap tenaga kerja yang jumlahnya tidak sedikit terutama remaja usia 18 sampai 30 tahun. Kunci kesuksesan pusat perbelanjaan ini adalah dengan strategi management dan pemasarannya yang bisa di terima oleh banyak orang. Beberapa kemudahan yang diberikan Matahari Department Store yang menjadi strategi pemasarannya diantaranya:

  • LOKASI:

Matahari departement store berpusat di pusat perbelanjaan terbesar di tengah kota yang ramai. Mall menjadi tempat utama untuk pendirian pusat perbelanjaan baju terbesar ini karena tempatnya yang ramai dan selalu mendatangkan banyak pengunjung. Hal ini karena Mall merupakan tempat transaksi yang sangat strategis dan menjadi tempat promosi yang baik bagi penjualan apapun.

  • HARGA:

Harga yang di bandrol bagi produk yang dikeluarkan oleh Matahari Department Store ini murah dan dengan model baju yang up to date ini konsumen akan puas dengan produk yang ditawarkan. Semua harga yang ditawarkan oleh pusat perbelanjaan ini sangat terjangkau bagi semua kalangan.

  • DISKON:

Dengan pemberian diskon ini konsumen lebih tertarik untuk berbelanja di Matahari. Ini menjadi ciri khas dari strategi pemasaran Matahari Department Store yaitu pemberian diskon yang besar kepada konsumen untuk beberapa merek produk yang di jual.

Selain lokasi, harga, dan juga diskon yang diberikan oleh pihak matahari, matahari juga Membuat dekorasi, tampilan dan tata ruang gerai yang menarik dan berkesan bagikonsumen serta membuat konsumen nyaman sehingga meningkatkan kepuasankonsumen. Selain itu dilakukan juga perbaikan gerai secara berkala tiap tahunnya. Melakukan promosi diberbagai media social dengan sepanjang tahun melakukan direct mail, surat kabar, majalah, banner dan juga surat edanran. Selain website matahari juga hadir melalui akun facebook dan twitter. Untuk menekankan merek sebagai ritel terdepan matahari juga berpartisipasi dalam acara fashion seperti gadis sampul, JFW, Jakarta Kids Festival dan Wajah Femina. Untuk meluncurkan program loyalty Program Matahari Club Member (MCC) untuk member card matahari memanjakan konsumen dengan memberikan kesempatan berbelanja secara eksklusif dengan pemberian diskon special lebih dari 120 outlet. Untuk meningkatkan kenyamanan konsumen Matahari juga memberikan berbagai fasilitas seperti kamar kecil, ruang, shalat, kamar ganti pakaian, bungkus kado, dll diberbagai gerai lainnya.

Apakah semua yang telah dilakukan Matahari Departement Store tersebut sudah efektif untuk bisa membantu brand tersebut dalam membangun omnichannel environment?

Menurut pendapat saya, perusahaan matahari departemen  store sudah memantapkan layanan ritel omni-channel nya dengan menginmplementasikan proses rantai pasok yang baru untuk memaksimalkan tingkat layanan diseluruh operasi ritel secara efisien. Untuk itu diharapkan agar membangun loyalitas merek kepada pelanggan sehingga akan membantu matahari mengelola kompleksitas rantai pasok yang semakin berkembang dan juga beragam. Solusi ini memastikan produk-produk matahari terus tersedia untuk konsumen di seluruh indonesia baik offline maupun online. Selain itu juga akan membantu meningkatkan proses inventaris dan juga pendataan sebagai landasan yang kuat untuk membangun kapabilitas yang baik. Strategi yang diambil dalam rangka retail omnichannel ini juga demikian akan mendapatkan brand feeling yang sama. Dengan matahari departemen store yang menyimpan stcok barangnya merupakan market place yang dapat mewadahii para merchant. Merchant tersebut juga akan mengirimkan barangnya kepada konsumen yang telah membeli. Dari sisi sumber daya, hal tersebut diperkuat oleh beberapa orang yang sudah berpengalaman dibidangnya. Selain menawarkan model bisnis omni channel matahari juga menawarkan beberapa layanan baru seperti “cocok baru bayar” yang berlaku pada brand-brand tersebut. Ketika konsumen ingin membeli konsumen bisa mencoba nya dari rumah saja lalu barang akan diantarkan oleh kurir dengan mekanisme pembayaran COD (cash on delivery). Dengan mengimplementasikan hal tersebut, akan menjadikan landasan yang kuat bagi para pelaku retail demi memperkuat sinergi dalam meningkatkan layanan dan juga pendapatan profitabilitas mereka

REFERENCES

http://www.matahari.co.id/id/about

https://www.mataharimall.com/

https://ahlimanajemenpemasaran.com/2013/08/strategi-pemasaran-matahari-department-store/

Retail Sales Survey. Retail Sales Survey. Jakarta,Jakarta, Indonesia: Bank Indonesia.

https://swa.co.id/swa/business-strategy/bersinar-terang-ini-strategi-matahari

http://investor.matahari.co.id/sites/default/files/2018-05/ar-2017.pdf

https://koran.bisnis.com/read/20171227/448/721386/penjualan-ritel-matahari-siapkan-berbagai-strategi

https://ekonomi.bisnis.com/read/20181225/12/872820/strategi-2019-matahari-departement-store-bakal-buka-lima-gerai-baru

https://www.industry.co.id/read/17892/ini-strategi-matahari-departement-store-hadapi-gempuran-e-commerce

http://investor.matahari.co.id/sites/default/files/2017-11/Matahari_AR2015-MEDRESS-.pdf

http://investor.matahari.co.id/sites/default/files/2018-11/seamless-omni-channel-experience-with-matahari-bahasa-.pdf

https://www.propertyinside.id/2018/08/09/matahari-mantapkan-layanan-ritel-omnichannel/