SIAPKAH ACE HARDWARE INDONESIA MEMULAI KONSEP OMNICHANNEL?

By: Fat Djar (Student of Global Business Marketing)

Siapa yang tidak kenal ACE Hardware?

Ace Hardware Indonesia, Tbk. merupakan salah satu anak perusahaan dari PT. Kawan Lama Sejahtera yang didirikan pada tahun 1995, sekaligus merupakan pemegang lisensi tunggal ACE Hardware di Indonesia, yang ditunjuk secara langsung oleh ACE Hardware Corporation, Amerika. Telah eksis selama 25 tahun hingga sekarang dengan 156 toko atau gerai di beraneka pusat keramaian pada kota-kota besar di Indonesia, menjadikan ACE sebagai pelopor perusahaan ritel pertama di Indonesia yang menyediakan berbagai produk untuk kebutuhan rumah tangga menjadikan ACE sebagai pusat perlengkapan rumah dan gaya hidup terlengkap. Menghadirkan terobosan dengan menyediakan berbagai macam produk di dalam satu toko membuat ACE menjadi destinasi utama dalam mencari solusi perlengkapan rumah dan gaya hidup keluarga modern Indonesia.

Bagaimana Ace Hardware menerapkan merchandise plans dalam aktivitas retail-nya?    

Kegiatan utama ACE Hardware memang menjual berbagai produk kebutuhan rumah tangga dari berbagai international brand dan private label sehingga dapat kita ketahui bahwa barang dagangan mereka masuk ke dalam assortment merchandise, namun seiring dengan perkembangannya ACE juga menghadirkan berbagai layanan jasa instalasi seperti pemasangan perabotan, pengecatan, servis, pengiriman, otomotif, kelistrikan, dan lain-lain sampai dengan perawatan bagi konsumen yang membeli dan menggunakan produk dari ACE Hardware. ACE selalu berinovasi agar dapat menjangkau lebih banyak pelanggan. Rencana ke depan yang akan dijalan ACE yaitu dengan membuka toko baru, mengembangkan toko yang sudah ada, serta lebih mendekatkan diri ke pelanggan melalui pengembangan lini produk dan layanan baru. Selain itu, berbagai program promosi juga terus diadakan serta memperkuat konsep omnichannel dengan menggabungkan pengalaman belanja online dan offline sekaligus.

Sejauh ini, lewat penerapan konsep omnicahnnel, ACE Hardware yang telah memiliki banyak toko fisik (offline) juga menghadirkan toko non-fisik (online) untuk mempromosikan sekaligus memasarkan produk mereka yang dapat diakses lewat aplikasi website atau aplikasi e-commerce yaitu ruparupa.com yang juga merupakan salah satu dari anak perusahaan PT. Kawan Lama Sejahtera. Selain itu, berbagai media sosial juga dihadirkan untuk membantu kegiatan update status promosi ACE secara online sehingga dapat sampai kepada masyarakat. Dengan munculnya toko online serta berbagai media sosial ini, diharapkan agar mampu memberikan kenyamanan dan kemudahan berbelanja bagi konsumen serta menjangkau lebih banyak konsumen.

Penempatan produk pada toko fisik juga sangat diperhatikan oleh ACE untuk menunjang kenyamanan konsumen dalam berbelanja. Berbagai jenis produk ditempatkan berdasarkan kategori produk yang ditentukan sehingga memudahkan konsumen menemukan produk yang mereka butuhkan. Selain itu, ACE juga menyiapkan pelayan toko yang ramah dan di lapangan yang dapat memberikan informasi, membantu dan menemani konsumen untuk mendapatkan produk yang diinginkan. ACE selalu berinovasi dalam memberikan layanan terbaik mulai dari presales hingga aftersales, seperti pelayanan yang ramah dan nyaman di lapangan, Free Delivery Service, Free Installation, 10 Days Return Policy, Price Guarantee, dan lain sebagainya. Semua ini betujuan untuk meningkatkan kenyamanan konsumen selama berbelanja di ACE Hardware.

Bagaimana Ace Hardware  menerapkan pricing strategy dalam aktivitas retail-nya?

Selain menjual produk international brand, ACE Hardware juga memiliki produk private label. Hal ini untuk memenuhi kebutuhan pelanggan yang menginginkan tidak hanya produk yang baik tetapi juga harga yang baik. Disini pricing strategy harus benar-benar diperhatikan. ACE menerapkan startegi pricing policy yang tepat serta jumlah toko atau gerai yang terus mengalami pertumbuhan atau bertambah. Dengan demikian, perusahaan yakin pertumbuhan bisnis akan terjadi. Dengan jumlah toko yang banyak, perusahaan membeli jumlah barang dengan banyak pula, sehingga dapat menekan harga beli dari pabrik. Dengan begitu, konsumen mendapat benefit dari harga tersebut. Oleh karena itu, strategi untuk menjaga harga stabil merupakan kunci untuk memenangkan persaingan. ACE tidak sendiri sebagai perusahaan ritel di Indonesia. Banyak sekali muncul kompetitor lainnya yang juga menargetkan segmen pasar yang sama sehingga persaingan harga merupakan hal yang sensitif membuat strategi harga ACE lebih mengarah kepada competition-oriented pricing. Apabila ACE menaikkan harga tetapi kompetitor tidak, ini tentu membuat pelanggan menjadi hilang. Karena itu, berbagai progam diluncurkan ACE sebagai bentuk strategi untuk mempertahankan dan menarik konsumen.

Program Pay with Points ini merupakan salah satu strategi ACE untuk mempertahankan konsumen. Dengan adanya program ini, penggunaan kartu anggota yang bernama ACE Rewards akan menjadi lebih maksimal. Selain itu, transaksi pun menjadi lebih efisien. Konsumen tidak perlu lagi menukar poin dalam kartunya dengan voucher untuk membayar produk yang dibelinya. Melalui program ini, poin yang ada dalam kartu dapat menjadi alat pembayaran secara otomatis. Selain itu, ada beberapa taktik lain yang juga tengah gencar dilakukan ACE untuk mempertahankan konsumen seperti Best Price Guarantee atau penggantian selisih harga jika konsumen menemukan produk sama dengan harga lebih murah dari yang dibelinya di ACE. Lalu juga ada 100% Satisfaction Guarantee yaitu pengembalian produk ACE jika konsumen berubah pikiran dalam waktu maksimum 14 hari. Kemudian, ACE menyediakan layanan Delivery Service untuk pembelanjaan dengan nominal tertentu, dan  yang terakhir, Membership Privilege khusus bagi konsumen yang memiliki kartu ACE Rewards. Yang pasti, ACE Hardware berusaha memberikan quality service dan harga yang affordable bagi konsumen.

Bagaimana Ace Hardware  menerapkan promotional strategy dalam aktivitas retail-nya?

Setiap perusahaan tentu memiliki strategi promosinya masing-masing untuk mempromosikan produk mereka. Begitu pula dengan ACE Hardware. Promosi ini bertujuan untuk menarik perhatian konsumen sehingga perusahaan dapat meningkatkan penjualan. Dalam promotional mix terdapat empat elemen yang meliputi advertising, public relations, personal selling, dan sales promotion. Keempat elemen ini telah diterapkan oleh ACE. Banyak sekali bentuk advertising yang dijalankan ACE baik melalui media cetak maupun media elektronik seperti papan iklan (billboard) ACE yang sering ditemukan di jalan, brosur, serta iklan di media sosial baik itu Youtube, Instagram, website, dan lain-lain. Public relations yang paling menonjol dari ACE yaitu berbagai program kegiatan sosial yang dijalankan untuk menjaga citra perushaan. Personal selling yang dilakukan ACE yaitu menyediakan pelayan di lapangan yang biasanya mendampingi konsumen untuk memperoleh suatu produk, memberi informasi mengenai produk, hingga melakukan pembayaran. Sales promotion merupakan bentuk promosi yang paling sering digunakan ACE. Berbagai bentuk sales promotion seperti diskon yang diadakan setiap hari raya atau tahunan, vocer atau kupon dari ACE Rewards, buy one get one sering digunakan oleh perusahaan tersebut. Diskon terbesar biasanya diadakan tiap tahunan yang diberi nama ACE Boom Sale.

           

Apakah semua yang telah dilakukan sudah efektif untuk bisa membantu Ace Hardware  dalam membangun omnichannel environment?

Konsep omnichannel sebenarnya telah diterapkan oleh ACE Hardware sejak perusahaan tersebut beralih dari offline to online yang ditandai dengan munculnya berbagai media sosial milik perusahaan tersebut seperti Instagram, Youtube, Twitter, dan Facebook untuk melakukan berbagai bentuk promosi serta website dan e-commerce yang menjadi toko online perusahaan tersebut. Direct marketing juga dilakukan seperti lewat e-mail kepada konsumen yang memiliki akun aplikasi ACE Hardware Indonesia. Pembentukan toko online sendiri bertujuan untuk menjangkau konsumen secara lebih luas, menciptakan efisiensi baik bagi perusahaan ataupun konsumen, serta memberikan kemudahan dan kepuasan bagi pelanggan. Hal ini menunjukkan kesiapan ACE untuk bersaing secara online dengan berbagai perusahaan ritel lainnya.

Kemudian, merchandise plans, pricing strategy, dan promotional strategy yang diterapkan oleh ACE sudah sangat baik dan tepat yang dibuktikan dengan tetap berjaya sebagai salah satu perusahaan ritel raksasa di Indonesia sampai saat ini sehingga omnichannel environment dapat dengan mudah tercipta dan konsep omnichannel yang telah diterapkan dapat terus dikembangkan dalam perusahaan tersebut. Eksistensi ACE Hardware di Indonesia saat ini sebagai salah satu perusahaan retail tentu saja dapat dikatakan tidak meredup. Hal ini dibuktikan dengan kehadiran toko-toko baru di berbagai kota di Indonesia.

 

Referesi:

https://acehardware.co.id/

http://masihsoal.blogspot.com/2014/08/strategi-ace-hardware-menghadapi.html

https://id.wikipedia.org/wiki/Berkas:Ace_Hardware_Logo.svg

https://www.acehardware.co.id/inspirations/tidak-hanya-promo-ini-dia-keuntungan-berlipat-ganda-bagi-member-ace-rewards

https://www.acehardware.co.id/brochures/ace-boom-sale-2019

http://www.harga-diskon.com/2017/09/promo-ace-hardware-terbaru-boomsale.html