Penerapan Merchandise Plan, Pricing Strategy serta Promotional Strategy dalam aktivitas Ritel Walmart

By: Bryan Ferdinand Ruslie (Student of Global Business Marketing)

Walmart merupakan perusahaan retail terbesar di dunia yang didirikan 58 tahun silam lebih tepatnya pada 31 Oktober 1962. Saat ini, Perusahaan Retail yang didirikan oleh Sam Walton sudah menduduki peringkat ke satu perusahaan retail terbesar di dunia. Walmart memiliki 10.800 gerai yang tersebar di 27 negara di dunia. Walmart sendiri pernah mengembangkan perusahaannya dengan membuka gerainya di Indonesia namun berkunjung usai dan tidak seberhasil di negara lain seperti di Amerika Serikat. Saat ini pendapatan perusahaan sudah menyentuh Rp 6.899 triliun dengan total pekerja mencapai 2 juta orang.

Sumber: https://www.pymnts.com/news/retail/2020/walmart-plans-bring-together-ecommerce-store-groups/

Sebagai perusahaan retail terbesar di dunia tentunya Walmart memiliki strategi-strategi dalam mengembangkan perusahaan, pada mini-paper ini penulis akan membahas pengimplementasian Merchandise Plan, Pricing Strategy dan Promotional Strategy pada aktivitas retail Walmart yang terbukti berhasil membawa Walmart menjadi perusahaan retail terbesar di dunia.

Merchandise Plan yang diterapkan oleh Walmart
Merchandise Plan sangat perlu diterapkan khususnya pada perusahaan retail. Merchandise Plan yang diterapkan Walmart adalah Micro Merchandising dan Cross Merchandising.

  • Micro Merchandising yang diimplementasikan Walmart disini adalah dengan mengelola produknya dengan mengsementasi produk sesuai kebutuhan dan kategorinya. Pengimplementasian Micro Merchandising sebagai Merchandise Plan sangat bermanfaat karena akan mempermudah pencarian produk
  • Cross Merchandising diterapkan Walmart dengan memposisikan produk yang berbeda kategori dalam satu tempat yang sama. Contoh yang diterapkan Walmart adalah menaruh First Aid Kit di kategori produk Sepeda.

 

Pricing Strategy yang Diterapkan oleh Walmart

Walmart dalam menentukan harga jual bergantung pada buying behavior para pembelinya. Namun Pricing Strategy Walmart yang diterapkan pada aktivitas retailnya menerapkan konsep Cost Leadership yaitu menjual suatu produk dengan harga murah dan biaya yang tergolong rendah. Namun harga serta biaya yang rendah pada Walmart diimbangi dengan volume penjualan yang tinggi, dengan kata lain berfokus dengan quantity produk yang terjual. Harga yang rendah yang merupakan strategi dari Walmart dibuktikan dari rata-rata harga produk-produk pada Walmart lebih rendah 15% dibanding perusahaan lain.

Konsep Cost Leadership ini diimplementasikan oleh Walmart menggunakan sistem yang dinamakan Walmart dengan EDLP (Every Day Low Price). Walmart menjamin produk yang dijualnya dengan harga murah, dengan begitu akan menarik minat pelanggan untuk membeli yang berujung dengan peningkatan jumlah produk yang terjual sehingga menjadi profit bagi Walmart. Strategi EDLP (Every Day Low Price) ini memungkinkan Walmart untuk dapat bernegosiasi dengan pemasok membahas soal biaya sehingga Walmart sukses untuk menurunkan harga jualnya. Biaya yang rendah juga dapat diraih oleh Walmart karena Walmart memasok produknya dengan quantity yang banyak secara perusahaannya sudah tersebar di berbagai belahan dunia. Pricing Strategy Cost Leadership dengan sistem EDLP (Every Day Low Price) yang diimplementasikan Walmart pada aktivitas retailnya terbukti sukses dibuktikan pada grafik Growth Revenue berikut:

Sumber: Statista

 

Promotional Strategy yang diterapkan Walmart

Promotional Strategy yang diterapkan Walmart adalah Sales Promotion, Personal Selling, dan Advertisement. Namun lagi-lagi Walmart tetap menggunakan sistem EDLP (Every Day Low Prices) mereka. Sales Promotion yang dilakukan Walmart adalah dengan membuat Limited-time Sales/Discount yaitu pembelian produk dengan potongan harga atau harga yang sangat murah. Sales Promotion ini digabungkan dengan strategi Advertisement mereka yaitu dengan mempromosikan melalui berbagai media iklan yang beragam seperti media sosial, situs web, billboard bahkan sampai iklan-iklan di TV. Di sisi lain, personal selling yang dilakukan adalah sering kali karyawan menawarkan produk-produk tertentu secara langsung kepada pembeli.

Selain dari itu, untuk terus me-remind dan mempromosikan sistem EDLP (Every Day Low Price) mereka, Walmart membuat slogan yang secara tidak langsung mengingatkan pembeli bahwa Walmart menawarkan produk dengan harga murah. Slogan tersebut berbunyi “Save Money. Life Better.”

 

Omnichannel Environment pada Walmart

Walmart sebagai perusahaan retail terbesar di dunia tentunya sudah berhasil dalam menyusun strategi-strategi perusahaan. Channel penjualan Walmart sangat beragam mereka mempunyai Physical Retail Store, Physical Discount Retail Store yaitu Retail Store yang khusus untuk barang-barang dengan potongan harga. Media Online, Mobile Application, Website bahkan sampai E-commerce.

Semua channel tersebut berpusat pada satu akun yang digunakan oleh pembeli. Akun tersebut dapat berguna untuk metode pembayaran, riwayat pembelian bahkan untuk menambah wishlist. Membeli melalui platform-platform manapun pada Walmart akan tetap menggunakan akun tersebut. Walmart juga mendirikan 85 pick-up location baru untuk para pembeli. Pick-up location tersebut berguna sebagai lokasi penjemputan barang apabila pembeli membeli produk melalui media online yang terhubung pada akun.

Bahkan Walmart menciptakan inovasi teknologi baru untuk mendorong Omnichannel Environment mereka yaitu teknologi Geo-fencing technology yaitu dimana pihak Walmart akan mendapatkan pemberitahuan apabila pembeli sudah tiba di lokasi penjemputan barang. Akun ini juga berguna bahkan ketika berada di Physical Retail Store dan Physical Discount Retail Store, jadi bisa disimpulkan bahwa seluruh data pembeli tersimpan pada akun tersebut kapanpun dan dimanapun pembeli ingin membeli produk di Walmart.

 

Sumber:
https://www.mbaskool.com/marketing-mix/services/16887-walmart.html

10 Walmart New Selling Strategies That Can Help Drive More Sales


https://www.merdeka.com/walmart/profil/
https://www.statista.com/statistics/183399/walmarts-net-sales-worldwide-since-2006/
https://etailwest.wbresearch.com/how-walmart-is-leading-the-omnichannel-charge#:~:text=Wal%2DMart%20Leads%20The%20Supply&text=In%20fact%2C%20it’s%20fair%20to,leading%20the%20omni%2Dchannel%20charge.&text=There’s%20a%20race%20to%20do,capabilities%20to%20win%20with%20customers.%E2%80%9D