Strategi Marketing Unik: Product Placement

By: Tamara Salsabila Dwihani (Student of Global Business Marketing)

Product Placement menjadi strategi marketing yang semakin penting bagi suatu brand untuk menjangkau target mereka dengan cara yang halus. Strategi tersebut digunakan untuk menarik konsumer, meningkatkan penjualan, dan yang terpenting: brand awareness. Marketers mungkin familiar dengan istilah “product placement” yang sedang booming ini, tetapi kamu tau ngga apa sih maksud selengkapnya dari strategi ini?

Product placement merupakan salah satu bentuk pemasaran dimana berbagai brand ditampilkan dalam suatu produksi yang menargetkan audiens dengan jangkauan luas. Dikenal juga sebagai “embedded marketing” alias pemasaran secara tersirat, product placement ini umumnya dapat ditemukan dalam acara telivisi, film, video pribadi, radio, dan pertunjukan langsung. Sebagai imbalan atas hak product placement, suatu brand dapat membayar studio produksi baik secara tunai, barang, atau jasa.

Produk yang ditempatkan ke dalam sebuah alur cerita (storyline) akan jauh lebih berhasil untuk suatu brand daripada hanya melalui iklan tradisional, seperti iklan TV. Hal ini disimpulkan berdasarkan analisis Priceconomics. Penjualan kepada para viewer akan jauh lebih mudah ketika alur cerita yang disajikan tertanam secara emosional, dibandingkan dengan mereka yang hanya menonton suatu konteks iklan. Dan ternyata, daripada iklan biasa, product placement

itu cukup menghemat biaya, lho. Pssst, saat ini berbagai cara dapat dilakukan untuk melewatkan iklan dengan mudah.

Sebagai contoh, sepatu tipe Air Jordan dari brand Nike telah muncul pada berbagai film dan acara TV selama beberapa dekade terakhir ini. Dalam film White House Down yang diproduksi pada tahun 2013, aktor Jamie Foxx yang berperan sebagai seorang Presiden Amerika Serikat, terlibat pertempuran tangan kosong dengan seorang teroris. Dan pada suatu adegan, teroris itu menarik kakinya dan berteriak, “Get your hands off my Jordan’s!” atau “Lepaskan tanganmu dari Jordan saya!”.

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, product placement dapat membantu meningkatkan penjualan, membangun brand awareness, dan menciptakan maksud baik sebuah brand. Berbagai perusahaan besar telah menghabiskan banyak budget untuk penempatan produk andalan mereka di media, yaitu TV dan film. Namun, bagi bisnis kecil yang mungkin belum memiliki cukup dana untuk menampilkan produk mereka di seri–seri blockbuster, media sosial serta para retailer lokal menawarkan kesempatan untuk berpartisipasi dalam suatu product placement berbiaya rendah atau bahkan gratis. Jadi, pastikan usaha anda mencoba strategi marketing unik yang satu ini, ya!

 

References

Cox, L. K. (n.d.). From Ray-Bans to Reese’s Pieces: 13 Unforgettable Examples of Product Placement. Retrieved from https://blog.hubspot.com/marketing/product-placement-examples

Kenton, W. (2020). Product Placement. Retrieved from Investopedia: https://www.investopedia.com/terms/p/product-placement.asp

Product Placement: Why It Matters and How to Get It. (n.d.). Retrieved from ACCION: https://us.accion.org/resource/product-placement-why-it-matters-and-how-get-it/