Now, Past and Future: Marketing Concept Point of View (Part 6 – END)

By: Aryo Bismo, SE, MM (Faculty Member of Global Business Marketing)

Konsep produksi, produk, penjualan, pemasaran dan sosial, merupakan konsep – konsep dari konsep pemasaran yang fungsinya adalah untuk menciptakan sebuah value. Namun pada era saat ini apakah seluruh konsep pada konsep pemasaran tersebut masih berlaku dan dapat digunakan oleh sebuah perusahaan?. Jawaban dari pertanyaan ini sangat beragam setiap konsep pemasaran dapat digunakan bergantung pada jenis produk maupun servis dari perusahaan yang bersangkutan. Tetapi ada satu hal yang pasti mengenai konsep pemasaran dan konsep sosial, karena menjadikan konsumen sebagai pusat bisnis merupakan sebuah hal yang tepat dilakukan oleh sebuah perusahaan ditambah lagi perusahaan tersebut harus memperhatikan lingkungan sekitar untuk menjaga sustainibilitas dari perusahaan dan juga masyarakat sekitar.

Lima konsep pemasaran adalah contoh yang baik tentang bagaimana pemasaran telah berubah sepanjang tahun. Dapat terlihat bahwa konsep tersebut dapat mengalihkan fokusnya dari produk ke pengguna. Perusahaan modern harus mengutamakan pengguna, dan membangun hubungan dengan konsumen tidak hanya produk (atau layanan) yang baik, tetapi juga pengalaman yang baik yang mengelilingi produk tersebut.

Manajemen memiliki perubahan yang signifikan seiring berjalanya waktu, dimulai pada jaman dahulu hingga saat ini, terlihat dari konsep pemasaran yang berubah yang dahulu manajemen pemasaran hanya berfokus pada kualitas ataupun kuantitas, kemudian berubah menjadi menggunakan pendekatan dengan konsep pemasarandan dimasa yang akan datang manajemen pemasaran akan mulai berkembang untuk membicarakan lingkungan sosial, konsumen dan alam demi keberlangsungan perusahaan maupun lingkungan secara keseluruhan.

References

Armstrong, G., Adam, S., Denize, S., & Kotler, P. (2014). Principles of marketing. Pearson Australia.

Kotler, P. (2000) Marketing Management. Upper Saddle River, New Jersey: Prentice Hall

Kotler, P., & Armstrong, G. (2012). Principles of Marketing (ed.). New Jersey.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2006). Marketing Management 12e. Upper Saddle River, New.

McCarthy, E. Jerome and William D. Perreault, Jr. (1984), Basic Marketing, 8th ed., Homewood, IL: Irwin.