Now, Past and Future: Marketing Concept Point of View (Part 5)

By: Aryo Bismo, SE, MM (Faculty Member of Global Business Marketing)

Beberapa peneliti telah merangkum dan menganalisa teori tentang konsep pemasaran dan dapat dipaparkan sebagai berikut. Konsep pemasaran adalah sebuah pemikiran perusahaan yang menekankan pada sebuah integrasi dan koordinasi seluruh fungsi pemasaran yang ada, dan memiliki tujuan untuk menyatukan seluruh perusahaan dengan berbagai fungsi dengan tujuan untuk menghasilkan keuntungan dalam jangka waktu yang panjang (Felton, 1959). Konsep pemasaran merupakan sebuah konsep yang memiliki fokus untuk mencapai sebuah keuntungan namun juga tetap mempertimbangkan tentang kepuasan pelanggan, seperti yang diungkap oleh McCarthy dan Perreault (1984), bahwa konsep pemasaran merupakan suatu tindakan yang dilakukan oleh sebuah organisasi untuk mengerahkan seluruh upayanya untuk memuaskan pelanggan untuk mendapatkan keuntungan.

Berdasarkan latar belakang yang telah dijabarkan, terdapat lima konsep dari sebuah konsep pemasaran (Samboli, 2019), diantaranya adalah konsep produksi, produk, konsep penjualan, konsep pemasaran dan konsep sosial. Houston (1986), menjelaskan bahwa konsep produksi adalah konsep yang dapat digambarkan sebagai pemenuhan penawaran secara generik, dalam artian bahwa produk yang diciptakan di pasar hanya berfokus pada pemenuhan penawaran yang ada pada pasar. Kemudian, konsep produk bekerja berdasarkan asumsi bahwa pelanggan lebih menyukai produk dengan kualitas dan harga yang lebih tinggi. Ketersediaan dari barang tersebut tidak memengaruhi keputusan pembelian mereka. Oleh karena itu perusahaan mengembangkan produk dengan kualitas lebih tinggi yang tentu saja jauh lebih mahal (Shocker dan Srinivasan, 1979).

Berikutnya adalah konsep penjualan, konsep penjualan menggaris bawahi bahwa pelanggan akan membeli produk-produk perusahaan hanya jika perusahaan ingin menjual produk-produk ini secara agresif. Filosofi ini tidak termasuk didalam membangun hubungan dengan pelanggan. Hal Ini menunjukan bahwa penjualan berulang jarang terjadi, dan kepuasan pelanggan sulit didapat (Symanski, 1988). Saat ini banyak perusahaan yang telah beralih menggunakan marketing konsep sebagai konsep yang digunakan didalam sistem bisnis nya, konsep pemasaran adalah sebuah perusahaan yang percaya pada konsep pemasaran menempatkan konsumen di pusat organisasi, semua kegiatan diarahkan untuk konsumen. bisnis, bertujuan untuk memahami kebutuhan dan keinginan pelanggan (Groonros, 1991).

Dengan berfokus pada kebutuhan dan keinginan target pasar, sebuah perusahaan dapat memberikan nilai lebih dari para pesaingnya. Konsep pemasaran menekankan strategi “tarik”. Sehingga konsep ini berupaya untuk membangun sebuah merek yang akan dicari oleh para konsumen nya. Pada era saat ini konsep pemasaran berkembang menjadi konsep sosial, konsep sosial adalah konsep pemasaran yang relatif baru. konsep pemasaran sosial menyoroti kebutuhan dan keinginan pasar target dan pengiriman nilai yang lebih baik daripada para pesaingnya dan konsep ini juga menekankan pentingnya kesejahteraan pelanggan maupun masyarakat secara keseluruhan (Prothero. 1990).

References

Felton, A. P. (1959), “Making the Marketing Concept Work,” Harvard Business Review, 37 (July/ August), 55-65.

Grönroos, C. (1991). The marketing strategy continuum: towards a marketing concept for the 1990s. Management decision.

Houston, F. S. (1986). The marketing concept: what it is and what it is not. Journal of marketing, 50(2), 81-87.

McCarthy, E. Jerome and William D. Perreault, Jr. (1984), Basic Marketing, 8th ed., Homewood, IL: Irwin.

Prothero, A. (1990). Green consumerism and the societal marketing concept: marketing strategies for the 1990’s. Journal of Marketing Management, 6(2), 87-103.

Samboli, K. (2019, August 19). The Five Marketing Concepts Explained. Retrieved February 23, 2020, from https://oxidian.ch/en/the-five-marketing-concepts-explained/

Shocker, A. D., & Srinivasan, V. (1979). Multiattribute approaches for product concept evaluation and generation: A critical review. Journal of Marketing Research, 16(2), 159-180.

Szymanski, D. M. (1988). Determinants of selling effectiveness: the importance of declarative knowledge to the personal selling concept. Journal of Marketing, 52(1), 64-77