Now, Past and Future: Marketing Concept Point of View (Part 4)

By: Aryo Bismo, SE, MM (Faculty Member of Global Business Marketing)

Seiring berjalanya waktu dan mulai muncul nya keasadaran dari masyarakat dunia tentang pentingnya menjaga lingkungan (bumi), pemasar mulai memiliki pandangan lain dalam berbisnis yang tadinya hanya berfokus pada mencari keuntungan dengan menjaga kepuasan pelanggan hingga berpindah menjadi bagaimana mendapatkan keuntungan dengan membangun hubungan dengan konsumen ditambah dengan menjaga lingkungan sekitar (Kotler, 2000). Setelah membahas tentang keempat konsep dalam konsep pemasaran, kemudian hadir lah konsep yang terakhir yaitu konsep sosial, walaupun konsep ini merupakan gambaran konsep pemasaran yang akan dilakukan oleh perusahaan dimasa yang akan datang namun konsep ini telah diterapkan oleh beberapa perusahaan pada zaman sekarang. Konsep sosial merupakan dimana perusahaan memiliki tanggung jawab terhadap lingkungan sekitar, tidak hanya kepada lingkungan alam namun juga lingkungan sosial (masyarakat) di sekitar perusahaan tersebut. Tanggung jawab yang dimiliki oleh perusahaan tersebut tidak hanya terletak pada menjaga saja namun dengan segala upaya yang dimiliki oleh perusahaan, perusahaan harus mampu untuk melestarikan lingkungan sosial tersebut (Cant, Strydom, Jooste dan du Plessis, 2009).

Source: https://www.worldofbuzz.com/starting-august-1-mcdonalds-malaysia-will-stop-providing-plastic-straws-automatically/

Kemudian munculah perusahaan – perusahaan yang mencoba untuk lebih memperhatikan lingkungan salah satu contoh nya adalah nature republic, nature republic merupakan perusahaan yang meniadakan percobaan terhadap hewan untuk seluruh produk nya. Kemudian sejumlah restaurant fast food ternama seperti McDonald, KFC, A&W, mulai membatasi penggunaan plastic terutama sedotan pada saat menyajikan makanan. Hal ini menunjukan bahwa konsep pemasaran sosial sudah mulai diadaptasi oleh beberapa perusahaan.

Setelah membahas seluruh konsep pada konsep pemasaran, kemudian muncul beberapa pertanyaan yang dapat diungkap, apakah konsep pemasaran masih dapat digunakan pada era saat ini?atau apakah perusahaan harus mengaplikasikan konsep pemasaran sosial didalam bisnis nya? Kemudian apakah ketiga konsep terdahulu yaitu konsep produksi, produk dan penjualan harus ditinggalkan?, hal ini masih merupakan pertanyaan yang layak untuk didiskusikan dan diteliti lebih lanjut.

References

Cant, M. C., Strydom, J. W., Jooste, C. J., & du Plessis, P. J. (Eds.). (2009). Marketing management. Juta and Company Ltd.

Kotler, P. (2000) Marketing Management. Upper Saddle River, New Jersey: Prentice Hall