Masa Pandemi? Ngga takut!

By: Tamara Salsabila Dwihani (Student of Global Business Marketing)

Severe Acute Respiratory Syndrome Corona Virus 2 (SARS-CoV 2) atau yang dikenal dengan virus Corona merupakan suatu virus yang menyerang sistem pernapasan seseorang. Penyakit yang disebabkan oleh virus ini disebut COVID-19. Pertama kali ditemukan di kota Wuhan, China pada akhir Desember 2019 lalu, virus ini mewabah dengan cepatnya dan telah menyebar hampir ke seluruh negara di dunia hanya dalam waktu beberapa bulan, termasuk Indonesia.

Hal tersebut menyebabkan beberapa negara saat ini menerapkan kebijakan untuk memberlakukan lockdown dalam rangka mencegah penyebaran virus Corona. Di Indonesia sendiri saat ini juga sudah memberlakukan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk menekan penyebaran virus ini.

Dengan dijalankannya ketentuan lockdown, wabah COVID-19 telah mendatangkan malapetaka finansial di seluruh belahan dunia: menyebabkan banyak pemilik usaha kesulitan. Dengan kondisi perekonomian seperti ini, pemilik bisnis harus jauh lebih bijaksana ketika mengambil suatu keputusan.

“It is not the most intellectual that survives; it is not the strongest that survives; but the one that is able best to adapt and adjust to the changing environment in which it finds itself that will survive.” – Charles Darwin

Tidak hanya strategi bisnis saja yang harus beradaptasi, sistem pemasaran atau marketing merupakan hal penting dalam penyusunan strategi. Dari seluruh tips dalam mengelola bisnis di masa pandemi ini seperti menciptakan website bisnis dan mengevaluasi keuangan, satu yang sangat menarik perhatian marketers.

Unique Selling Proposition (USP) menjadi faktor pembeda pada suatu produk atau layanan yang tidak dimiliki oleh kompetitor. USP akan menjadi penentu yang membuat produk atau layanan lebih spesial bagi pelanggan. Saat ini, USP diperlukan untuk menyesuaikan bisnis dengan keadaan yang menyebabkan perubahan besar–besaran sangat berpotensi untuk dilakukan. Namun, selama itu semua bisa membuat bisnis bertahan, mengapa tidak?

Contoh pilihan bisnis yang bisa dijadikan sebagai alternatif adalah fake nails. Ditengah peraturan PSBB ini sangat berat untuk berpergian keluar rumah, bukan? Para pemilik usaha yang bergerak di bidang jasa kecantikan dapat mengeluarkan produknya sendiri yang dipasarkan secara online.

 

References

Apa Definisi “Unique Selling Proposition” Secara Umum & Khusus? (2019). Retrieved from Sales1RCM: https://www.sales1crm.com/blog/definisi-unique-selling-proposition#:~:text=Unique%20Selling%20Proposition%20(USP)%20atau,lebih%20spesial%20bagi%20prospek%2Fpelanggan.