Chatbot

By: Rita, SE, M.Si. (Faculty Member of Global Business Marketing)

Chatbot adalah program berbasis artificial intelligence (AI) yang berfungsi untuk melayani live chat dengan konsumen. Program ini diatur sedemikian rupa agar mampu menjawab pertanyaan selayaknya manusia normal. Teknologi chatbot memiliki potensi perkembangan yang besar. Pada tahun 2021, diprediksi 85% interaksi dengan dengan konsumen akan dilakukan tanpa melibatkan manusia. Dengan kata lain, ini akan mengubah cara berbisnis dalam menyediakan customer service. Hal ini wajar, mengingat teknologi ini menguntungkan bagi kedua sisi: bisnis dan konsumen. Di satu sisi, bisnis tidak perlu merekrut tenaga customer service dalam jumlah yang besar untuk bisa menyediakan fitur live chat. Di sisi lain, konsumen bisa menghubungi penjual kapanpun mereka mau, 24 jam sehari, 7 hari dalam seminggu.

Chatbot memudahkan operasional bisnis dan menghemat biaya customer service. Teknologi ini sangat memungkinkan untuk bisa menjawab berbagai jenis pertanyaan ataupun masalah yang dihadapi pelanggan secara cepat dan tepat. Bahkan, menambahkan fitur chatbot pada website juga dapat meningkatkan kenyamanan pelanggan, sehingga mereka akan merasa kalau penjual benar-benar peduli dengan apa yang mereka butuhkan. Antara chatbot dan customer service saling berdampingan, Chatbot bisa menjawab pertanyaan umum secara lebih cepat, sedangkan customer service dapat menjawab dengan tepat. Karena chatbot merupakan sebuah program, maka bisa saja terdapat kesalahan didalamnya. Sehingga keduanya saling membantu untuk menciptakan layanan terbaik bagi pelanggan.

Berikut manfaat-manfaat chatbot pada perkembangan bisnis, di antaranya;

1. Menghemat waktu pelanggan

Chatbot sangatlah cerdas untuk memastikan konsumen merasa terbantu dengan jawaban yang diberikan. Mereka juga tidak perlu menunggu antrian untuk melakukan konsultasi bisnis.

2. Tersedia selama 24 jam

Bot diciptakan agar selalu sedia melayani konsumen tanpa batas waktu tertentu. Walaupun mereka memang tidak bisa memberikan respons secara penuh seperti manusia, setidaknya pelayanan bisnis dapat tersedia selama 24 jam non stop.

3. Meningkatkan kualitas customer experience

Bot dapat membangun percakapan dengan pelanggan secara proaktif, melalui rekomendasi dan bantuan yang ditawarkan, sehingga pelanggan dapat merasa terbantu. Itulah mengapa bot sering dimanfaatkan sebagai cara untuk meningkatkan kualitas customer experience pada suatu bisnis.

4. Menghemat biaya pelayanan

Chatbot sangatlah efektif bagi bisnis yang ingin menghemat biaya. Jadi tidak perlu mempekerjakan karyawan maupun agen pendukung untuk memberikan layanan kepada pelanggan.

5. Meningkatkan jumlah penjualan

Teknologi bot tidak hanya meningkatkan kepuasan pelanggan terhadap layanan bisnis, tapi juga berpengaruh pada reputasi. Dengan adanya reputasi bisnis yang baik, maka kesempatan pun akan lebih besar untuk meningkatkan penjualan.

6. Pendukung lead generation

Lead generation dapat memanfaatkan bantuan bot untuk mengumpulkan data penting mengenai setiap pengunjung website seperti alamat email, nomor telepon, hingga memetakan audiens berdasarkan produk apa yang disuka dan tidak disukai, serta merancang strategi pendekatan seperti mengirimkan newsletter, menawarkan diskon, voucher, dan rekomendasi produk terbaru.

Ada beberapa kelebihan yang bisa diberikan oleh chatbot bagi pebisnis, yaitu;

1. Respon cepat

Selama ini pelayanan yang cepat memang dibutuhkan oleh banyak bisnis. Ketika pelanggan ingin menanyakan sesuatu hal lewat website, maka secara otomatis pertanyaan akan dijawab dengan cepat tanpa bertele-tele.

2. 24/7 hari

Teknologi chatbot tidak akan pernah tidur layaknya manusia sehingga kapan dan jam berapapun ada pertanyaan, maka akan segera dijawab.

3. Mempermudah bisnis

Chatbot cocok untuk seorang pebisnis. Tidak perlu lagi berurusan dengan pelanggan yang terkadang mengalami masalah. Dengan teknologi robot, maka urusan customer service menjadi mudah.

Pelayanan dengan respon yang cepat menjadi prioritas bisnis online saat ini. Chatbot dapat dijadikan sebagai customer service yang dapat merespon pelanggan dengan cepat dan sebagai upaya untuk mempertahankan pelanggan demi meningkatkan profit. Tidak ada salahnya untuk mencoba teknologi chatbot ini untuk menambah value bisnis dengan cara efisien dan hasil praktis.

(Berbagai Sumber)